MENU TUTUP

Tiga Hari Berturut, Si Jago Merah Ngamuk di Kota Jayapura Papua

Rabu, 04 Januari 2023 | 17:58 WIB / Andi Riri
Tiga Hari Berturut, Si Jago Merah Ngamuk di Kota Jayapura Papua Personil Polisi saat membantu memadamkan api dengan menggunakan satu unit mobil AWC Polda Papua/dok:Humas Polresta Jayapura

JAYAPURA, wartaplus.com - Selama tiga hari berturut, kebakaran melanda sejumlah wilayah di Kota Jayapura, Papua. 

Seperti diberitakan sebelumnya, pada Senin, 02 Januari 2023 lalu, si jago merah menghanguskan 2 ruko dan 5 kios kawasan Koya Barat, Distrik Muara Tami, kerugian materil diperkirakan mencapai Rp5 miliar.

Selanjutnya pada Selasa, 03 Januari kebakaran kembali terjadi di jalan Bandeng Tanah Hitam, Distrik Abepura. Sebanyak 2  rumah dan 1 kos kosan hangus dilahap api. Diduga kebakaran terjadi akibat anak kecil yang bermain korek api.

Lalu pada hari ini, Rabu, 04 Januari 2023, si jago merah kembali mengamuk. Dua bangunan yaitu mess karyawan Toko Surya dan rumah yang juga sekaligus bengkel di jalan Tanjung Ria Deplat Kiri, Distrik Jayapura Utara hangus terbakar.

Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol. Dr. Victor D. Mackbon, S.H., S.IK., M.H., M.Si melalui Kapolsek Jayapura Utara Kompol Jahja Rumra, S.H., M.H saat dikonfirmasi membenarkan peristiwa kebakaran yang terjadi pagi hari tersebut.

Ia menjelaskan, berdasarkan keterangan saksi di lokasi kejadian, api berasal dari Petak I (pertama) Mess Toko Surya milik Surya Adiwiguna yang kemudian merambat ke petak mess lainnya hingga mengenai bengkel milik Sadarudin (32).

"Api diketahui menyala sekitar pukul 10.30 WIT, dimana saksi melihat api menyala dari petak pertama Mess Surya, kemudian saksi memanggil penghuni mess yang saat itu sedang bekerja di Toko Surya," ujar Kapolsek.

Lebih lanjut kata Jahja, pintu mess sempat dibuka paksa oleh para penghuninya, tetapi pintu tidak dapat terbuka dan api terus menyala hingga merambat ke rumah sebelahnya yang sekaligus bengkel.

"Api baru bisa dipadamkan 30 menit kemudian dengan bantuan AWC Polda Papua, AWC Polresta Jayapura Kota dan dua unit mobil pemadam kebakaran milik Pemerintah Kota Jayapura. Kerugian materiil diperkirakan mencapai 200 juta rupiah," pungkas Kapolsek.

Kabag Ops Polresta Jayapura Kota Kompol M.B.Y. Hanafi, S.H., S.I.K., M.H yang turun langsung ke TKP mengatakan, pihaknya akan bersinergi dengan Bid Labfor Polda Papua untuk mengetahui penyebab pasti kebakaran tersebut.

"Untuk mengetahui penyebab pasti terjadinya kebakaran kami akan bersinergi dengan Bidang Laboratorium dan Forensik Polda Papua, tunggu proses pendinginan dulu baru akan dilakukan Olah TKP," tandasnya.**

 


BACA JUGA

Penjual Cilok Meninggal Dunia dalam Insiden Kebakaran di Kota Jayapura

Sabtu, 23 Maret 2024 | 20:15 WIB

Diduga Lalai Gunakan Obat Nyamuk Bakar, Hanguskan Sebuah Rumah dan Bengkel di Kota Jayapura

Kamis, 21 Maret 2024 | 20:11 WIB

Kantor BPBD Dogiyai Terbakar, Polisi Lakukan Penyelidikan

Kamis, 14 Maret 2024 | 03:53 WIB

Rekonstruksi Pembakaran di Kompleks Kantor Bupati Jayapura, Tersangka AL Peragakan 43 Adegan

Minggu, 10 Maret 2024 | 22:37 WIB

Melarikan Diri, Pelaku Penikaman Tewaskan Seorang Pemuda di Jayapura Berhasil Diciduk Polisi

Selasa, 27 Februari 2024 | 19:11 WIB
TERKINI

Peringati Hari Otda ke-28, Pemprov Papua Siap Tindak Lanjuti Arahan Mendagri Terkait Ekonomi Hijau

11 Jam yang lalu

Jaksa Lakukan Eksekusi Putusan PN Jayapura Terkait Kasus Pemilu 2024

18 Jam yang lalu

Yumiron : Mahasiswa Harus Berikan Contoh Dalam Menjaga Kamtibmas

23 Jam yang lalu

Tryout UTBK SNBT 2024 Ilmupedia dan Ruangguru, Kerjasama Telkomsel dan Kuncie untuk Pelajar Papua

1 Hari yang lalu

Satu Anggota OPM Penyerang Posramil Kisor Maybrat Menyerahkan Diri

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com