MENU TUTUP

Pesawatnya Dibakar dan Pilotnya Disandera KKB, Susi Air: Kami Tetap Terbang Layani Masyarakat Papua

Selasa, 14 Februari 2023 | 20:01 WIB / Andi Riri
Pesawatnya Dibakar dan Pilotnya Disandera KKB, Susi Air: Kami Tetap Terbang Layani Masyarakat Papua Pangkogabwilhan III Letjen TNI I Nyoman Cantiasa bertemu dengan Managing Director Maskapai Susi Air, Mr. Geoffrey Meyssonnier/dok:Pendam17

MIMIKA, wartaplus.com - Meski pesawatnya dibakar dan pilotnya disandera oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), manajemen Maskapai Susi Air tegaskan akan tetap melayani penerbangan masyarakat di pedalaman Papua.

Penegasan ini disampaikan Chief of Operation Susi Air, Melinasary yang mendampingi Mr. Geoffrey Meyssonnier selaku Managing Director Maskapai Susi Air, saat bertemu dengan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III Letjen TNI Nyoman Cantiasa, S.E., M. Tr (Han) di salah satu hotel Timika, Papua Tengah, Senin (13/02).

Pertemuan itu sendiri membahas terkait pencarian pilot Kapten Philip Mark Mehrtens yang hingga kini masih belum diketahui keberadaanya.

"Kami dari pihak Susi Air sangat sedih dan sangat terpukul dari kejadian ini, mengingat apa yang sudah kami lakukan selama ini, semuanya all out untuk membangun Tanah Papua," ungkap Melinasary.

Ia membeberkan, sejak pertama Susi Air masuk Papua tahun 2006 dan melayani penerbangan perintis masyarakat di pedalaman Papua, merintis penerbangan, memberikan bantua sosial berupa obat-obatan bagi masyarakat.

"Kami membantu pemerintah dengan mengambil resiko agar penerbangan di Indonesia khususnya Papua untuk bisa lebih berkembang," akunya.

"Namun dengan kejadian, kami tidak akan berhenti terbang di wilayah Papua, dan kami tetap terbang di tempat lain, namun tolong kami diberi perlindungan," tegasnya.

Melinasary mengaku, penerbangan ke Distrik Paro, Nduga memang sudah terjadwal rutin seminggu sekali.

Dukungan Penuh

Sementara itu, terkait belum ditemukannya Kapten Philip, Melinasary menegaskan bahwa pihak Susi Air akan memberi dukungan penuh kepada TNI Polri bersama pemerintah daerah dalam upaya pencarian.

"Kami sudah mendukung dengan memberikan penerbangan untuk proses pencarian,bantuan logistik berupa makanan dalam pencarian Pilot kami," terangnya.

Ia berharap, Kapten Philip dapat segera kembali ke keluarganya dengan selamat.

"Saya berharap sekali bantuan seluruh masyarakat Papua yang punya akses dan juga aparat TNI Polri untuk bisa berhasil menemukan Pilot Susi Air dalam kondisi aman dan selamat," harapnya. 

"Terlebih kami berharap pencarian, termasuk jika ada informasi dan negoisasi bisa diinformasikan serta berjalan lancar," harapnya lagi.

Sementara itu, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa yang turut mendampingi Pangkogabwilhan III saat bertemu manajemen Susi Air menegaskan, aparat keamanan TNI Polri akan berupaya semaksimal mungkin untuk melakukan pencarian terhadap Pilot baik melalui udara maupun jalur darat serta upaya pendekatan terhadap kelompok Egianus.

"Kita akan dorong pihak pemerintah daerah dan para tokoh di Nduga untuk bisa membangun komunikasi dengan kelompok Egianus ini," kata Pangdam Saleh.**


BACA JUGA

Satu Anggota OPM Penyerang Posramil Kisor Maybrat Menyerahkan Diri

Jumat, 26 April 2024 | 05:44 WIB

Aksi Nyata Koops Habema, Baru Terbentuk Langsung Lumpuhkan OPM di Paro Nduga

Selasa, 23 April 2024 | 05:46 WIB

Kepala Suku: KKB Merugikan Banyak Pihak, TNI Polri Tolong Berikan Bertindak Tegas

Minggu, 21 April 2024 | 14:59 WIB

Konflik Sosial Akibat Pemilu Terus Berlanjut di Kenyam Nduga, Ini Langkah Tegas Aparat Keamanan

Rabu, 17 April 2024 | 08:29 WIB

Seorang Anggota Polres Yahukimo Ditemukan Tewas dengan Kondisi Mengenaskan

Selasa, 16 April 2024 | 20:07 WIB
TERKINI

Jaksa Lakukan Eksekusi Putusan PN Jayapura Terkait Kasus Pemilu 2024

13 Jam yang lalu

Yumiron : Mahasiswa Harus Berikan Contoh Dalam Menjaga Kamtibmas

18 Jam yang lalu

Tryout UTBK SNBT 2024 Ilmupedia dan Ruangguru, Kerjasama Telkomsel dan Kuncie untuk Pelajar Papua

19 Jam yang lalu

Satu Anggota OPM Penyerang Posramil Kisor Maybrat Menyerahkan Diri

21 Jam yang lalu

Ribka Haluk Berikan Pujian Khofifah Parawansa yang Terima Penghargaan Satyalancana dari Presiden

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com