MENU TUTUP

Penghargaan Universal Health Coverage, Gubernur Waterpauw:  Siap Lakukan Berbagai Terobosan Untuk Pelayanan Kesehatan

Selasa, 14 Maret 2023 | 14:11 WIB / Roberth
Penghargaan Universal Health Coverage, Gubernur Waterpauw:  Siap Lakukan Berbagai Terobosan Untuk Pelayanan Kesehatan Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin menyerahkan penghargaan Universal Health Coverage (UHC) award 2023 BPJS Kesehatan kepada Penjabat Gubernur Provinsi Papua Barat Komjen Pol (Purn) Drs. Paulus Waterpauw., M.Si/Istimewa

JAKARTA ,wartaplus.com - Penjabat Gubernur Provinsi Papua Barat Komjen Pol (Purn) Drs. Paulus Waterpauw., M.Si menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) award 2023 BPJS Kesehatan yang diserahkan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin di Jakarta, Selasa (14/3/2023). Dalam kegiatan tersebut Gubernur Waterpauw didampingi Kepala Dinas Kesehatan Papua Barat Otto Parorrongan serta Kepala BPJS Kesehatan Manokwari dr Dwi Sulistyono Yudo.

UHC Papua Barat per 1 Maret 2023 mencapai 105,2 persen penduduknya, selain Provinsi, seluruh Kabupaten di Papua Barat juga telah mencapai UHC yakni Kabupaten Fakfak, Kabupaten Kaimana, Kabupaten Manokwari, Kabupaten Manokwari Selatan, Kabupaten Pegunungan Arfak, Kabupaten Teluk Bintuni dan Kabupaten Teluk Wondama.

Secara Umum, lebih dari 248 juta jiwa atau 90,3 persen penduduk Indonesia sudah dilindungi oleh jaminan kesehatan nasional BPJS Kesehatan, hal tersebut membuat Indonesia menjadi salah satu negara dengan kepesertaan jaminan kesehatan terbesar.

Seusai menghadari kegiatan tersebut Gubernur Waterpauw mengatakan, berkomitmen kuat bersama 7 Bupati di Papua Barat untuk terus mengupayakan memberikan hak kesehatan masyarakat melalui jaminan kesehatan nasional (JKN) BPJS Kesehatan. 

Bukti

“Penghargaan ini sebagai bukti bahwa kami konsen dan memiliki komitmen kuat untuk menjamin kesehatan seluruh masyarakat di Papua Barat melalui BPJS,” ujar Gubernur Waterpauw

Soal arahan Wapres agar pemerintah daerah berperan dalam mendorong upaya peningkatan mutu layanan kesehatan melalui peningkatan fasilitas kesehatan termasuk SDM kesehatan agar masyarakat menerima layanan kesehatan yang bermutu. 

Waterpauw mengaku siap dengan berbagai variasi, diantaranya melengkapi fasilitas kesehatan dan sumberdaya manusia (SDM) kesehatan dan bekerja sama dengan rumah sakit swasta dalam memberikan layanan kesehatan secara maksimal. 

“Upaya di rumah sakit kita terus update fasilitas dan tenaga dokternya, daru 7 Kabupaten hanya satu kabupaten yakni pegunungan arfak yang belum memiliki rumah sakit daerah, kita juga akan kerjasama dengan rumah sakit swasta yang ada,” tandas Gubernur Waterpauw. 

UHC Papua Barat per 1 Maret 2023 mencapai 105,2 persen total penduduknya, selain Provinsi seluruh Kabupaten di Papua Barat juga telah mencapai UHC yakni Kabupaten Fakfak, Kabupaten Kaimana, Kabupaten Manokwari, Kabupaten Manokwari Selatan, Kabupaten Pegunungan Arfak, Kabupaten Teluk Bintuni dan Kabupaten Teluk Wondama.

Sementara itu Wapres Ma'ruf Amin dalam arahannya mengingatkan empat hal, pemerintah daerah pertama agar mengambil peran lebih dengan mendaftarkan penduduk rentan ke BPJS Kesehatan, diantaranya penyandang disabilitas, warga lanjut usia dan masyarakat terlantar.

“Kedua, memastikan seluruh pemberi kerja di wilayahnya untuk mendaftarkan pekerja dan keluarganya sebagai peserta tanpa kecuali, dan mendorong pekerja di sektor non formal agar mampu membayar iuran secara mandiri,”kata Wapres.

Selanjutnya ketiga, mendorong upaya peningkatan mutu layanan kesehatan melalui peningkatan fasilitas kesehatan termasuk SDM kesehatan, sehingga masyarakat dapat mengakses layanan kesehatan yang bermutu.

 "Terakhir, kepada BPJS Kesehatan agar terus meningkatkan layanan kepada seluruh peserta, program JKN harus benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, sekaligus penghargaan bagi Indonesia" tandas Wapres.

Selanjutnya, ketiga mendorong upaya peningkatan mutu layanan kesehatan melalui peningkatan fasilitas kesehatan termasuk SDM kesehatan, sehingga masyarakat dapat mengakses layanan
kesehatan yang bermutu.

“Terakhir, kepada BPJS Kesehatan agar terus meningkatkan layanan kepada seluruh peserta, program JKN harus benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, sekaligus penghargaan bagi Indonesia” tandas Wapres.

Dalam penyerahan UHC Award yang disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube BPJS Kesehatan tersebut diberikan kepada 22 Provinsi dan 334 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.*


BACA JUGA

Ratusan ASN Pemprov Papua Berunjuk Rasa Tuntut Penjabat Gubernur dan Penjabat Sekda Papua Dicopot

Selasa, 26 Maret 2024 | 00:47 WIB

Kapolda Papua Masih Malu-Malu Mengakui Dirinya Kandidat Calon Gubernur Papua

Sabtu, 23 Maret 2024 | 11:47 WIB

Calon Gubernur Papua Harus Sosok Yang Peka Terhadap Kondisi Masyarakat Baik Ekonomi Hingga Sosial

Kamis, 21 Maret 2024 | 16:10 WIB

Kadisnakertrans Papua Barat Tersangka Korupsi Dana Tambahan Penghasilan Pegawai

Sabtu, 02 Maret 2024 | 07:58 WIB

Partai Golkar Dirugikan, Christian Yan Warinussy Diminta Klarifikasi Pernyataan Yang Menyesatkan

Rabu, 21 Februari 2024 | 17:05 WIB
TERKINI

Seorang Anggota Polres Yahukimo Ditemukan Tewas dengan Kondisi Mengenaskan

11 Jam yang lalu

Spesialis Jambret di Kota Jayapura Berhasil Dibekuk Polisi

11 Jam yang lalu

Korupsi Dana Bansos Rp18,2 Milliar, Sekda Keerom Ditetapkan Tersangka

12 Jam yang lalu

Satu Personil Polres Yahukimo Tewas Diserang OTK, Tiga Orang Diamankan

12 Jam yang lalu

Babinsa Pos Ramil Fawi Bersama Warga Gotong Royong Membersihkan Gereja

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com