MENU TUTUP

Pemkab Asmat Teken MoU dengan Balai Sentra Gau Mabaji Terkait Pasien Rujukan ke Makassar

Rabu, 29 Maret 2023 | 11:01 WIB / Andi Riri
Pemkab Asmat Teken MoU dengan Balai Sentra Gau Mabaji Terkait Pasien Rujukan ke Makassar Bupati Kabupaten Asmat, Elisa Kambu saat melakukan penandatanganan MoU dengan Balai Sentra Gau Mabaji/istimewa

ASMAT, wartaplus.com - Bupati Kabupaten Asmat, Elisa Kambu menandatangani nota kesepahaman (Mou) dengan Kepala Balai Sentra Gau Mabaji, Dr.Subhan Kadir, berlangsung di kantor Balai Sentra Gau Mabaji di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Sabtu (18/03)  lalu. 

Penandatanganan MoU ini terkait penanganan rujukan pasien dari RSUD Perpetua J.Safanpo Asmat ke rumah sakit ke RS.Wahidin Sudiro Husodo Makassar.

"Tujuan dari kesepahaman bersama ini adalah untuk menjamin residensi dari pasien-pasien yang dirujuk oleh RSUD Perpetua J.Safanpo ke luar Papua, yang sifatnya sangat emergensi untuk mendapatkan perawatan dari dokter subspesialis," ungkap Kepala Balai Sentra Gau Mabaji, Dr Subhan Kadir.

Ia menjelaskan, pihaknya akan memfasilitasi dan mengatur penempatan tempat tinggal bagi pasien, dan keluarga pendamping  pasien, serta menjamin kebutuhan pangan, dan kebutuhan dasar dari pasien sampai pasien bisa kembali lagi ke Asmat.

"Kami mempunyai balai-balai lain yang berlokasi di dekat Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo, sehingga sangat membantu proses penanganan pasien rujukan," bebernya . 

Balai Sentra Gau Mabaji juga mempunyai fasilitas pelayanan kesehatan seperti dokter yang siap memeriksa kondisi pasien yang sedang tinggal di Balai Sentra, serta ambulans yang bisa menjamin transportasi pasien saat dibutuhkan.  

"Bantuan yang diberikan bukan hanya bantuan kesehatan, tapi sampai kepada pemulazaran jenazah dan pemakaman jika diperlukan," terangnya.

Bupati Asmat, Elisa Kambu mengaku sangat senang dan berterima kasih atas atensi dan bantuan yang diberikan oleh Balai Sentra Gau Mabaji yang merupakan UPT dari Kementerian Sosial RI.

"Dengan adanya MoU ini pasien- pasien dari RSUD Perpetua J.Safanpo yang dirujuk ke Makassar, sudah berada ditangan yang tepat sehingga pasien dapat berobat dengan tenang, tanpa kesulitan tempat tinggal, kebutuhan pangan dan transportasi karena didampingi dan dibantu oleh petugas dari Balai Sentra Gau Mabaji," ucap Bupati.

"Harapannya pasien dan keluarga yang  mendampangi dapat tenang menjalani perawatan hingga sembuh, sehat dan bisa kembali ke Asmat,"  pungkasnya.**


BACA JUGA

Empat Orang Meninggal Dunia Usai Konsumsi Miras Oplosan di Asmat

Minggu, 25 Februari 2024 | 03:55 WIB

Resmikan Pengembangan Bandara Ewer Asmat, Presiden: Membuka Keterisolasian Wilayah Papua Selatan

Kamis, 06 Juli 2023 | 13:38 WIB

Sebanyak 9 Ruko dan 5 Petak Kosan, Dilahap si Jago Merah di Agats Asmat

Kamis, 08 Juni 2023 | 06:55 WIB

Perkuat Sinergitas, TPID Kabupaten Asmat Gelar Pertemuan Bersama BI dan OJK Papua

Rabu, 08 Maret 2023 | 17:13 WIB
TERKINI

Kelompok Keni Tipigau Serang Polsek Homeyo Intan Jaya, Satu Warga Tewas

8 Jam yang lalu

Sungai Mamberamo Meluap, Ratusan Rumah di Tujuh Kampung Terendam Banjir

11 Jam yang lalu

Pemda Puncak Jaya Gelar Musrenbang RPJPD 2025-2045 dan Konsultasi Publik

15 Jam yang lalu
Hanura: Peta Politik Papua Berubah

Paulus Waterpauw Jadi Kandidat Terkuat Gubernur Papua

22 Jam yang lalu

Pj Bupati Puncak Jaya Serahkan Kendaraan Dinas Operasional Satpol PP

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com