MENU TUTUP

Tuntaskan Upgrade Layanan ke 4G di 504 Wilayah, Jumlah Pelanggan Telkomsel Meningkat 84 Persen

Minggu, 25 Juni 2023 | 06:49 WIB / Andi Riri
Tuntaskan Upgrade Layanan ke 4G di 504 Wilayah, Jumlah Pelanggan Telkomsel Meningkat 84 Persen Tower Telkomsel

JAKARTA, wartaplus.com – Telkomsel telah memastikan hadirnya pemerataan dan kesetaraan akses jaringan broadband terdepan hingga pelosok negeri melalui proses peningkatan/pengalihan (upgrade) seluruh layanan jaringan 3G ke 4G/LTE di 504 kota/kabupaten wilayah populasi Indonesia.

Proses yang dimulai pada Maret 2022 lalu, secara bertahap dan terukur telah dirampungkan pada Juni 2023 dengan mengalihkan teknologi jaringan 3G pada lebih dari 49 ribu BTS ke 4G/LTE. Kini, lebih dari 96 persen wilayah populasi di Indonesia sudah terlayani jaringan 4G/LTE Telkomsel.

Melalui upaya tersebut, Telkomsel terus memperkuat perannya sebagai leading digital telco company yang senantiasa menghadirkan konektivitas digital terdepan melalui layanan dan solusi digital inovatif kelas dunia yang melebihi ekspektasi para pengguna, menciptakan nilai lebih bagi para stakeholders, sekaligus mendukung akselerasi pertumbuhan ekonomi bangsa.

Telkomsel mencatatkan adanya peningkatan jumlah pelanggan yang menggunakan uSIM 4G sebesar 84 persen (YoY), yang diikuti dengan pertumbuhan trafik payload 4G sebesar 14 persen (YoY).

Kemenkominfo Apresiasi

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo RI, Wayan Toni Supriyanto mengapresiasi keberhasilan Telkomsel menuntaskan peningkatan seluruh layanan jaringan 3G ke 4G/LTE di 504 kota/kabupaten wilayah populasi Indonesia.

Komitmen Telkomsel yang sejalan dengan program pemerintah untuk percepatan transformasi digital diharapkan dapat memberikan pengalaman internet yang lebih cepat, stabil, dan andal bagi seluruh masyarakat, sekaligus mendukung pertumbuhan inklusi ekonomi digital Indonesia.

"Ditjen PPI melalui Pusat Monitoring Telekomunikasi akan terus bekerja sama dengan seluruh operator untuk meningkatkan kualitas layanan telekomunikasi kepada masyarakat,” ujarnya.

Direktur Network Telkomsel, Nugroho mengatakan, sejak tahap awal peningkatan jaringan 3G ke 4G/LTE hingga telah dirampungkannya di bulan ini, Telkomsel senantiasa memprioritaskan kenyamanan pengalaman aktivitas digital seluruh pelanggan selama rangkaian proses berlangsung.

"Kami menyampaikan rasa syukur serta apresiasi yang luar biasa atas kepercayaan para pelanggan, serta dukungan yang diberikan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, sehingga seluruh proses peningkatan/pengalihan jaringan 3G ke 4G/LTE di 504 kota/kabupaten yang Telkomsel lakukan berjalan dengan lancar, tanpa kendala yang berarti," ucapnya.

Optimis

Telkomsel optimis, melalui upaya peningkatan layanan jaringan tersebut akan semakin meningkatkan pengalaman gaya hidup digital masyarakat, sehingga dapat membuka berbagai potensi kemajuan di berbagai aspek kehidupan, serta mendorong percepatan transformasi perekonomian nasional melalui pemanfaatan konektivitas digital terkini yang merata dan setara hingga pelosok negeri.

Telkomsel akan terus melakukan peningkatan kualitas, kapasitas, serta pemutakhiran teknologi di seluruh jaringannya. Salah satunya dengan memperkuat kapabilitas pemanfaatan teknologi VoLTE yang dapat memberikan layanan telepon dengan basis jaringan 4G/LTE, di mana pelanggan dapat menggunakan internet tanpa terputus baik itu browsing, bermain game, dan video streaming saat melakukan panggilan telepon.

"Telkomsel juga terus mengajak pelanggan segmen korporasi/enterprise serta industri yang memiliki layanan Machine-to-Machine (M2M), seperti perangkat Electronic Data Capture (EDC) untuk layanan perbankan atau pembayaran elektronik, serta perangkat berbasis Internet of Things (IoT) yang harus terhubung dengan jaringan broadband, untuk dapat melakukan percepatan migrasi perangkat ke teknologi yang mendukung jaringan 4G/LTE Telkomsel," ajaknya.


BACA JUGA

Maret 2024, Tercatat 1,1 Juta Transaksi QRIS di Papua dengan Total Nominal Capai 181 Miliar

Minggu, 28 April 2024 | 17:38 WIB

Ketua umum Persekutuan Gereja Gereja Kabupaten Jayapura: Paulus Waterpauw Gubernur Papua

Minggu, 28 April 2024 | 03:18 WIB

Pemprov Papua Tengah Berharap Segera Ada Solusi Penyelesaian Konflik Antar Warga di Nabire

Sabtu, 27 April 2024 | 21:30 WIB

Peringati Hari Otda ke-28, Pemprov Papua Siap Tindak Lanjuti Arahan Mendagri Terkait Ekonomi Hijau

Jumat, 26 April 2024 | 21:08 WIB

Yumiron : Mahasiswa Harus Berikan Contoh Dalam Menjaga Kamtibmas

Jumat, 26 April 2024 | 08:47 WIB
TERKINI

Tak Tahan Dikejar Polisi, Oknum ASN Pelaku Asusila di Jayapura Akhirnya Menyerahkan Diri

11 Jam yang lalu

Maret 2024, Tercatat 1,1 Juta Transaksi QRIS di Papua dengan Total Nominal Capai 181 Miliar

12 Jam yang lalu

Menaker Apresiasi PKB Manajemen dan Serikat Pekerja PT Freeport Indonesia

12 Jam yang lalu

Ketua umum Persekutuan Gereja Gereja Kabupaten Jayapura: Paulus Waterpauw Gubernur Papua

1 Hari yang lalu

Pemprov Papua Tengah Berharap Segera Ada Solusi Penyelesaian Konflik Antar Warga di Nabire

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com