MENU TUTUP

Mengenal Sosok Komandan Upacara Hari Bhayangkara ke-77 Tingkat Nasional Asal Papua

Sabtu, 01 Juli 2023 | 19:26 WIB / Andi Riri
Mengenal Sosok Komandan Upacara Hari Bhayangkara ke-77 Tingkat Nasional Asal Papua Kombes Pol Victor Mackbon dipercaya menjadi Komandan Upacara Hut Bhyangkara ke-77 di GBK Jakarta, Sabtu (01/07/2023)/Humas Polresta Jyp

JAYAPURA, wartaplus.com - Kapolresta Jayapura Kota, Kombes Pol Dr. Victor D. Mackbon, S.H., S.IK., M.H., M.Si dipercaya menjadi Komandan upacara peringatan Hut Bhayangkara ke-77 tahun 2023 yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Sabtu (01/07/2023) dan dihadiri Presiden RI, Joko Widodo langsung Presiden RI, Joko Widodo.

Tentunya ini menjadi satu kebanggaan bagi Polda Papua terkhusus Polresta Jayapura Kota dan juga masyarakat Papua pada umumnya.

Dengan tinggi badan hampir 180  cm, Kombes Pol Victor Mackbon yang merupakan putra asli Papua dari Kabupaten Biak ini diketahui memiliki segudang prestasi membanggakan.

Ia pernah 6 kali menerima penghargaan dari Presiden Republik Indonesia, dan pernah juga menjalankan tugas di lima negara yakni Singapura, Sudan, Italia, Australia dan Thailand.

Victor Mackbon merupakan tamatan Akademi Kepolisian, Semarang tahun 2000.

“Tentunya kami di Polresta juga ikut bangga kepada Numbay 1 (Kapolresta) karena dari sekian banyak Perwira Menengah di Indonesia ternyata beliau yang terpilih,” ungkap Wakapolresta, AKBP Deni Herdiana, S.E., S.H., M.M., M.H saat diminta komentarnya oleh wartawan.

Bahkan, ungkap Deni, Kombes Victor Mackbon diketahui akan mengikuti seleksi tes untuk menjadi Komandan Upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus nanti. “Dan kami juga berdoa semoga lolos,” ucapnya.



AKBP Deni menjelaskan bahwa ada beberapa pertimbangan yang biasa digunakan oleh panitia seleksi, salah satunya melihat rekam jejak selama menjadi anggota Polri dan memimpin satuannya.

“Selama menjabat baik di Timika maupun di Polres Jayapura Sentani dan kini di Polresta Jayapura Kota, beliau dianggap berhasil dalam menjalankan tugas di lapangan, selain itu ada inovasi yang dilakukan dimana di Timika dan di Sentani beliau melakukan hal itu ," ungkap AKBP Deni.

Di Polres Sentani contohnya, saat menjadi Kapolres disana Kombes Mackbon membangun Rumah Masyarakat Papua Penuh Damai atau yang disebut dengan RM. Papeda.

Rencananya pada 6 Juli nanti, Kapolresta masih akan menerima penghargaan dari Kapolri yang akan diserahkan di Bali.

Sekedar diketahui, Kombes Pol Victor Mackbon pernah mendapat penugasan Operasi Pemulihan Keamanan di Aceh tahun 2003, kemudian menjadi Komandan Paskibraka 17 Agustus di Istana Negara pada tahun 2010.

Sementara penugasan di luar negeri meliputi UNAMID di Sudan pada tahun 2010 hingga 2011, CoESPU di Italia pada tahun 2013, ILEA FBI di Thailand pada tahun 2014, Course Forensic Crime and Crime Prevention di Korea Selatan dan Corupption Eradication Course di Australia pada tahun 2016.

Karier di Kepolisian juga cemerlang. Pria bergelar doktor ini pernah memegang sejumlah jabatan strategis diantaranya Kasat Reskrim Polres Sidoarjo, Wakapolres Malang, Kapolres Mimika, Kapolres Jayapura Kabupaten dan kini menjabat sebagai Kapolresta Jayapura.**


BACA JUGA

Sukses jadi Komandan Upacara 17 Agustus di Istana Negara, Kombes Victor Mackbon Ungkap Rahasianya

Jumat, 01 September 2023 | 09:15 WIB

Sebagai Inisiator RM Papeda, Kombes Pol Victor Mackbon Raih Penghargaan Kapolri

Sabtu, 08 Juli 2023 | 07:13 WIB

Polres Jayapura Gelar Syukuran Hari Bhayangkara ke-77

Minggu, 02 Juli 2023 | 06:46 WIB

Kapolda Papua Pimpin Upacara Hut Bhayangkara ke-77, Tegaskan Komitmen Pemilu Damai 2024

Sabtu, 01 Juli 2023 | 13:07 WIB
TERKINI

Peringati Hari Otda ke-28, Pemprov Papua Siap Tindak Lanjuti Arahan Mendagri Terkait Ekonomi Hijau

15 Jam yang lalu

Jaksa Lakukan Eksekusi Putusan PN Jayapura Terkait Kasus Pemilu 2024

23 Jam yang lalu

Yumiron : Mahasiswa Harus Berikan Contoh Dalam Menjaga Kamtibmas

1 Hari yang lalu

Tryout UTBK SNBT 2024 Ilmupedia dan Ruangguru, Kerjasama Telkomsel dan Kuncie untuk Pelajar Papua

1 Hari yang lalu

Satu Anggota OPM Penyerang Posramil Kisor Maybrat Menyerahkan Diri

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com