MENU TUTUP

Sukses jadi Komandan Upacara 17 Agustus di Istana Negara, Kombes Victor Mackbon Ungkap Rahasianya

Jumat, 01 September 2023 | 09:15 WIB / Andi Riri
Sukses jadi Komandan Upacara 17 Agustus di Istana Negara, Kombes Victor Mackbon Ungkap Rahasianya Kapolresta Jayapura Kota, Kombes Pol Victor Mackbon/foto:Humas Polresta

JAYAPURA, wartaplus.com - Raihan prestasi ditorehkan seorang putra daerah asal Papua, Kombes Pol Victor Mackbon, yang terpilih sebagai Komandan Upacara Penurunan Bendera Pusaka Merah Putih di Hut ke-78 Kemerdekaan RI di Istana Negara Jakarta, 17 Agustus 2023 lalu.

Putra asli Biak Numfor yang kini menjabat Kapolresta Jayapura Kota itu mengaku, prestasi yang diraihnya adalah wujud konsistensi, kerja keras yang dilakukan selama ini dalam mewujudkan impiannya.

"Tentunya bangga bisa diberi kepercayaan menjadi Komandan Upacara di Istana Negara kemarin," ungkapnya kepada wartawan di Jayapura, Rabu (30/08) malam.

Victor bercerita, menjadi pelaksana upacara HUT Kemerdekaan di Istana Negara bukanlah hal yang baru. Sebelumnya pada 2013 silam, ia terpilih menjadi Komandan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka di Istana Negara.

"Berawal dari situlah impian menjadi Komandan Upacara di Istana Negara. Saat itu, dalam hati saya suatu saat, saya yang akan menjadi Komandan Upacara. Puji Tuhan, impian itu akhirnya terwujud setelah 10 tahun berlalu," aku Victor.

foto: Istimewa

Dari pengalaman itulah, Victor berpesan kepada generasi muda Papua terutama kepada anggotanya di Kepolisian, bahwa untuk mewujudkan impian harus dengan cara bekerja keras sepenuh hati, konsisten dan tentunya selalu dibarengi dengan doa.

"Tak mudah untuk bisa masuk hingga ke Istana, sebab akan bersaing dengan utusan masing-masing satuan yang tentunya juga terbaik, tapi sekali lagi semuanya memang tidak instan, ada track record atau rekam jejak yang juga menjadi penilaian dari pimpinan untuk kemudian menjadi catatan positif," akunya.

"(Prestasi ini,red) bukan saja membawa nama Polresta Jayapura Kota tapi juga Polda Papua, Kota Jayapura dan juga Papua," ucap Victor yang pada Upacara Hut Bhayangkara ke-77 pada 1 Juli 2023 lalu di GBK Jakarta didapuk sebagai Komandan Upacara. Dimana saat itu upacara dipimpin langsung Presiden Joko Widodo. 

Di kesempatan itu, alumni Akpol 2000 ini juga menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan keluarga dan semua pihak yang telah memberikan dukungan kepadanya sehingga meraih prestasi terbaik.

"Saya pikir, banyak pihak yang berkontribusi untuk usaha ini termasuk rekan-rekan media, saya belum tampil saja sudah diberitakan kiri kanan," ujarnya tertawa.

"Saya juga berterima kasih kepada seluruh anggota saya, dan semua pihak yang bekerjasama selama ini, yang jelas ini bisa diraih oleh anggota lainnya juga asal konsisten dan patuh," ucapnya.**


BACA JUGA

Kembalikan Uang Pemudik Rp100 Juta, Aiptu Supriyanto Dihadiahi Sekolah Perwira dari Kapolda Lampung

Kamis, 18 April 2024 | 16:36 WIB

Pimpin Daerah Konflik di Papua, Dr.H. Tumiran Raih Penghargaan Future Leader Award 2024

Sabtu, 09 Maret 2024 | 15:02 WIB

Kapolresta Jayapura Berikan Penghargaan Kepada Sembilan Personel Berprestasi

Kamis, 29 Februari 2024 | 19:03 WIB

Pemprov Papua Tengah Raih Penghargaan Kinerja Terbaik Penyaluran DAK Fisik Tahun 2023

Rabu, 31 Januari 2024 | 17:34 WIB

Berprestasi dan Penuh Dedikasi, 16 Personel Polresta Jayapura Kota Terima Penghargaan

Kamis, 18 Januari 2024 | 20:22 WIB
TERKINI

Advokat Pieter Ell Terpilih jadi Kuasa Hukum KPU RI

1 Jam yang lalu

Peringati Hari Otda ke-28, Pemprov Papua Siap Tindak Lanjuti Arahan Mendagri Terkait Ekonomi Hijau

20 Jam yang lalu

Jaksa Lakukan Eksekusi Putusan PN Jayapura Terkait Kasus Pemilu 2024

1 Hari yang lalu

Yumiron : Mahasiswa Harus Berikan Contoh Dalam Menjaga Kamtibmas

1 Hari yang lalu

Tryout UTBK SNBT 2024 Ilmupedia dan Ruangguru, Kerjasama Telkomsel dan Kuncie untuk Pelajar Papua

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com