MENU TUTUP

Pemenang Turnamen KASAD 2023 di Papua, Dihadiahi Masuk TNI AD Tanpa Tes

Jumat, 18 Agustus 2023 | 21:24 WIB / Andi Riri
Pemenang Turnamen KASAD 2023 di Papua, Dihadiahi Masuk TNI AD Tanpa Tes Kasad Jenderal Dudung Abdurachman berfoto bersama Juara 1 dan 2 Turnamen sepakbola piala Kasad 2023 Papua/Andi Riri

JAYAPURA, wartaplus.com - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD) Jenderal Dudung Abdurachman secara resmi menutup Turnamen Piala KASAD 2023 wilayah Kodam XVII/Cenderawasih Tanah Papua, pada Jumat (18/08) sore, bertempat di Stadion Mandala Kota Jayapura.

Sebelum menutup turnamen, Kasad yang dalam kunjungannya ke Papua didampingi Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak dan Danjen Kopassus Mayjen TNI Deddy Suryadi bersama sejumlah perwira tinggi TNI AD itu, berkesempatan menyaksikan laga final sepakbola U-18 antara Tim SSB Nafri melawan Tim SSB Heijnes Kotaraja. Dimana Tim SSB Nafri berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 2 - 0.

Juara 1 dan 2 

Usai menyerahkan hadiah kepada para juara turnamen baik sepakbola, voli dan juga lomba tarian Yospan, Kasad secara tegas menyatakan akan menghadiahi para juara 1 dan 2 khusus sepak bola dan voli (putra putri) masuk Sekolah Calon Bintara (Secaba) TNI AD, tanpa proses seleksi atau tanpa tes.

Voli Putra Juara 1 Club Viku, Juara 2 Klub Kodim Biak, sedangkan Voli Putri Juara 1 Klub  Homfolo, Juara 2 Klub Yuso.

"Kalau ada pemain yang ingin mengikuti pendidikan Secaba saya persilahkan, tanpa tes, namun tentunya akan dilakukan  pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu," tegas Dudung yang disambut riuh tepuk tangan pemain dan juga ribuan penonton yang turut hadir memenuhi tribun stadion Mandala.

"Namun saya yakin, karena mereka adalah olahragawan, makanya soal kesehatan tidak terlalu sulit," katanya.
Bahkan untuk pemenang voli putri, sebut Dudung, jika ada yang ingin mendaftar Kowad, maka sudah harus bisa berangkat untuk mengikuti pendidikan di Bandung, Jawa Barat tanpa perlu seleksi daerah.

Tarian Kolosal Papua yang dibawakan seratusan pelajar

Bangga

Di kesempatan itu, Jenderal Dudung mengaku bangga karena banyak bibit unggul di bidang olahraga yang berasal dari bumi cenderawasih .

"Makanya kita melakukan pertandingan olahraga (sepakbola dan voli) dari mulai tingkat Kodim, Korem maupun setingkat Kodam di Papua, untuk menjaring bibit unggul yang kelak bisa menjadi atlet olahraga terbaik, yang mengharumkan nama Papua di tingkat nasional maupun internasional," harapnya.  

Orang nomor satu di kesatuan TNI Angkatan Darat  ini menambahkan, untuk juara I Sepakbola nantinya mewakili Papua untuk berlaga dalam pertandingan antar Provinsi di Jakarta.

Selain menggelar pertandingan olahraga dalam turnamen Piala Kasad kali ini juga digelar perlombaan seni budaya berupa tarian Yospan, yang dimenangkan oleh Sanggar Seni Tari Iriani dari Kodim Jayapura.

"Melalui perlombaan seni budaya ini, untuk melestarikan budaya masyarakat Papua sekaligus memperkenalkannya ke daerah lain terutama ke mancanegara, yang sangat suka dengan budaya masyarakat Papua," terang Kasad Dudung.

Sementara itu Kapten Tim SSB Nafri, Denis Ivakdalam mengaku bersyukur bahwa ia bersama timnya bisa keluar sebagai pemenang. Ia juga berterimakasih kepada KASAD dan jajaran yang sudah melaksanakan pertandingan ini.

"Terima kasih buat bapak Kasad karena sudah memberikan kami yang menang adiah yaitu masuk TNI AD tanpa tes," ucap Denis yang juga putra salah satu pemain legendaris Persipura, Edward Ivakdalam.

Aksi pawai merah putih

Semarak Merah Putih

Acara penutupan Turnamen Kasad  2023  di Papua, juga dirangkaikan dengan kegiatan "Semarak Merah Putih" dalam rangka memeriahkan Hut ke-78 Kemerdekaan RI.

Berbagai kegiatan bernuansa kemerdekaann digelar seperti aksi pawai merah putih yang diikuti oleh ratusan kendaraan roda empat dan roda dua, mengambil star dari Jembatan Merah Holtekamp menuju Stadion Mandala. Ada juga giat donor darah, serta disediakan booth UMKM.

Kegiatan semakin semarak dengan penampilan drumband dan tarian kolosal yang dibawakan seratusan pelajar, serta hiburan musik oleh sejumlah penyanyi lokal hits Papua. Dan tentunya yang paling ditunggu oleh masyakat yang hadir, yakni pengundian doorprize di penghujung acara dengan hadiah utama 10 unit sepeda motor.**


BACA JUGA

Ketua umum Persekutuan Gereja Gereja Kabupaten Jayapura: Paulus Waterpauw Gubernur Papua

Minggu, 28 April 2024 | 03:18 WIB

Peringati Hari Otda ke-28, Pemprov Papua Siap Tindak Lanjuti Arahan Mendagri Terkait Ekonomi Hijau

Jumat, 26 April 2024 | 21:08 WIB

Yumiron : Mahasiswa Harus Berikan Contoh Dalam Menjaga Kamtibmas

Jumat, 26 April 2024 | 08:47 WIB

Tryout UTBK SNBT 2024 Ilmupedia dan Ruangguru, Kerjasama Telkomsel dan Kuncie untuk Pelajar Papua

Jumat, 26 April 2024 | 07:18 WIB

Ribka Haluk Berikan Pujian Khofifah Parawansa yang Terima Penghargaan Satyalancana dari Presiden

Kamis, 25 April 2024 | 15:02 WIB
TERKINI

Ketua umum Persekutuan Gereja Gereja Kabupaten Jayapura: Paulus Waterpauw Gubernur Papua

2 Jam yang lalu

Advokat Pieter Ell Terpilih jadi Kuasa Hukum KPU RI

14 Jam yang lalu

Peringati Hari Otda ke-28, Pemprov Papua Siap Tindak Lanjuti Arahan Mendagri Terkait Ekonomi Hijau

1 Hari yang lalu

Jaksa Lakukan Eksekusi Putusan PN Jayapura Terkait Kasus Pemilu 2024

1 Hari yang lalu

Yumiron : Mahasiswa Harus Berikan Contoh Dalam Menjaga Kamtibmas

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com