MENU TUTUP

Tutup TMMD ke-118 TA 2023 di Bovend Digoel, Pangdam Cenderawasih Serahkan 100 Ekor Babi Pemberian Kasad

Jumat, 20 Oktober 2023 | 11:19 WIB / Andi Riri
Tutup TMMD ke-118 TA 2023 di Bovend Digoel, Pangdam Cenderawasih Serahkan 100 Ekor Babi Pemberian Kasad Pangdam Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan lakukan pengguntingan pita peresmian jalan yang baru dibangun/Pendam17

TANAH MERAH, wartaplus.com - Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan memimpin upacara penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-118 tahun 2023 di Kampung Kanggewot Distrik Waropko, Kabupaten Boven Digoel, Papua Selatan, Kamis (19/10).

Upacara dihadiri Danrem 174/ATW Brigjen TNI Agus Widodo, Danlantamal XI Merauke, Laksamana Pertama TNI Kunto Tjahjono, Danlanud J.A DimaraKolonel Pnb Onesemus Gede Rai Aryadi, S.E., M.Han, sejumlah Pejabat Utama Kodam Cenderawasih.

Hadiri pula Pj Sekda Papua Selatan, Bupati Merauke Romanus Mbaraka, Bupati Boven Digoel Hengki Yaluwo, Dandim dan Komandan Satgas, dan perwakilan stake holder.

Dalam amanatnya, Pangdam menyampaikan, kegiatan TMMD merupakan wujud kepedulian TNI terhadap masyarakat, khususnya di wilayah perbatasan RI dan pegunungan, dengan kondisi perekonomian serta sarana prasarana / infrastruktur yang relatif terbatas.

"TMMD ini bentuk sinergitas antara TNI dengan Pemda dalam rangka meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat," kata Pangdam.

Pelaksanaan TMMD ke-118 TA 2023 wilayah Kodam XVII/Cenderawasih dilaksanakan oleh  Kodim 1701/Jayapura Korem 172/PWY di Kampung Hulu Atas, Distrik Airu, Kabupaten Jayapura dan Kampung Muara Nawa Distrik Airu Kabupaten Jayapura.

Sedangkan Kodim 1711/Boven Digoel Korem 174/ATW di Kampung Asiki, Distrik Jair, Kabupaten Boven Digoel selama 30 hari, dimulai tanggal 20 September s.d 19 Oktober 2023 dengan tema “Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat”.

TMMD ke-118 dibagi dalam dua kegiatan yaitu kegiatan fisik dan non fisik.

Kegiatan fisik yang telah dilaksanakan di Kodim 1711/Boven Digoel pengecoran jalan sepanjang 400m, lebar 3m, tebal 20cm.

Sedangkan kegiatan non fisik, meliputi penyuluhan agama, kesehatan, ketahanan pangan, pariwisata, pelatihan Siskam Swakarsa dan pemutaran film perjuangan serta membantu pengajaran di sekolah.

Termasuk pemberian sembako, buku bacaan maupun sarana olahraga kepada masyarakat yang berada disasaran TMMD ke-118 TA 2023.

Dimanfaatkan dan Dipelihara 

Pangdam berharap hasil pembangunan fisik yang telah dicapai dipelihara dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, sehingga masa pakai dapat bertahan lama.

"Kegiatan Non Fisik yang sudah dilaksanakan tidak hanya menjadi sekedar pengetahuan, tetapi benar-benar dipahami dan diaktualisasikan oleh setiap warga masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," harapnya.

Usai menutup TMMD ke-118, Pangdam Mayjen TNI Izak Pangemanan, M.Han beserta rombongan, meninjau Stand UMKM, serta memberikan bantuan sosial kepada masyarakat sekitar.

Pangdam juga melakukan Video Conference (Vicon) dengan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, dalam rangka pemberian bantuan berupa 100 ekor babi kepada Koramil, untuk dikembangkan menjadi peternakan di wilayah Boven Digoel, Papua.

Saat Vicon berlangsung, Kasad Jenderal TNI Dr. H. Dudung Abdurchman berharap babi yang telah dibagikan nantinya dapat bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan berguna untuk dimanfaatkan untuk kegiatan-kegiatan lainnya, baik untuk kegiatan adat dan sebagainya.

"Harapan saya kepada seluruh masyarakat Papua adalah saudara kita dan kita bersaudara. Mari kita ingatkan kembali, untuk membangun Papua, dengan cinta damai dengan aman sehingga kita bangun bersama bangsa ini," kata Kasad.

Usai pelaksanaan Vicon, dilanjutkan dengan pemberian Sembako secara simbolis kepada kepala Kampung Kanggewot, masyarakat kurang mampu, anak penderita Stunting, Para Tokoh Agama, dan masyarakat.

Selanjutnya dirangkai peresmian penggunaan jalan dengan pemotongan pita dan penandatanganan Prasasti.**


BACA JUGA

Launching TNI AD Manunggal Air 2024, Kodam Cenderawasih Bakal Bangun 77 Sumber Air Bersih

Selasa, 06 Februari 2024 | 18:22 WIB

Pangdam Izak Hadiri Perayaan Natal Bersama Jajaran Kesdam XVII/Cenderawasih

Minggu, 14 Januari 2024 | 06:49 WIB

Peresmian Kodim 1704/Mappi Diharapkan dapat Membantu Pemda Ciptakan Kondusifitas Daerah

Jumat, 22 Desember 2023 | 04:52 WIB

Pangdam Cenderawasih Pimpin Sertijab Kasdam, Asrendam, Aspers Kasdam, Katopdam dan Dandeninteldam

Rabu, 06 Desember 2023 | 19:01 WIB
TERKINI

Ketua umum Persekutuan Gereja Gereja Kabupaten Jayapura: Paulus Waterpauw Gubernur Papua

9 Jam yang lalu

Pemprov Papua Tengah Berharap Segera Ada Solusi Penyelesaian Konflik Antar Warga di Nabire

14 Jam yang lalu

Advokat Pieter Ell Terpilih jadi Kuasa Hukum KPU RI

20 Jam yang lalu

Peringati Hari Otda ke-28, Pemprov Papua Siap Tindak Lanjuti Arahan Mendagri Terkait Ekonomi Hijau

1 Hari yang lalu

Jaksa Lakukan Eksekusi Putusan PN Jayapura Terkait Kasus Pemilu 2024

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com