MENU TUTUP

Juli Winantya : Responden Survei Penting untuk Perumusan Kebijakan Bank Indonesia

Jumat, 03 November 2023 | 17:53 WIB / Andi Riri
Juli Winantya : Responden Survei Penting untuk Perumusan Kebijakan Bank Indonesia Kepala perwakilan BI Papua, Juli Budi Winantya saat memberikan sambutan pada acara Temu Responden tahun 2023/Humas BI Papua

JAYAPURA, wartaplus.com - Bank Indonesia Papua menyelenggarakan acara Temu Responden tahun 2023 dengan tema “Torang Pu Data, Bersama Majukan Bangsa“ bertempat di Auditorium Kantor Bank Indonesia Provinsi Papua, Kamis, (02/11) siang.

Kegiatan ini sebagai wujud apresiasi atas kontribusi responden survei, yang telah bersedia memberikan datanya dalam rangka asesmen dan perumusan kebijakan Bank Indonesia.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua, Juli Budi Winantya, dalam sambutannya menyampaikan bahwa tema tersebut selaras dengan semangat perjuangan dan kepahlawanan yang baru saja diperingati pada tanggal 28 Oktober 2023 sebagai Hari Sumpah Pemuda dan tanggal 10 November 2023 yang akan datang sebagai Hari Pahlawan.

"Responden survei secara tidak langsung juga dapat dianggap sebagai pahlawan karena kontribusi datanya sangat penting untuk perumusan kebijakan yang tepat," kata Juli dalam rilis yang diterima wartaplus.com.

Salah satu contoh hasil pemantauan perkembangan harga komoditas melalui SPH dan PIHPS di pasar tradisional dan pasar modern, yang dapat digunakan untuk mengetahui proyeksi laju inflasi ke depan.

"Sehingga Bank Indonesia dapat menentukan langkah pengendalian yang perlu segera diambil, seperti strategi 4K Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) yang terdiri dari Keterjangkauan Harga, Ketersediaan Pasokan, Kelancaran Distribusi, dan Komunikasi Efektif," jelas Juli.

Penyerahan doorprize

Selanjutnya, dengan langkah strategis dan sinergi yang erat bersama stakeholders terkait seperti penyelenggaraan gerakan pangan murah, koordinasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) secara rutin mingguan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, serta kerjasama antar daerah untuk fasilitasi distribusi komoditas pangan, inflasi di wilayah Papua dapat terkendali ke dalam target yang telah ditetapkan.

Pada Temu Responden tahun 2023 ini, para responden dihibur dengan serangkaian acara seperti seminar motivasi humor oleh Setyawan Tiada Tara, band performance oleh D’Project Band, pembagian berbagai doorprize menarik, serta pengumuman pemenang lomba kostum terbaik dengan tema perjuangan dan kepahlawanan.

Acara ini diharapkan dapat semakin mempererat tali silaturahmi antara Bank Indonesia Papua dengan para responden. Ke depan diharapkan pula dapat semakin meningkatkan kualitas perolehan data survei dalam rangka perumusan kebijakan Bank Indonesia.

Untuk diketahui, dalam kapasitasnya sebagai bank sentral, Bank Indonesia mempunyai tujuan untuk mencapai stabilitas nilai rupiah, memelihara stabilitas Sistem Pembayaran, dan turut menjaga Stabilitas Sistem Keuangan dalam rangka mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan data dan informasi yang lengkap dan akurat.

Adapun perolehan data dan informasi dimaksud antara lain dilakukan melalui beberapa survei yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia seperti Survei Pemantauan Harga (SPH), Survei Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS), Survei Penjualan Eceran (SPE), Survei Konsumen (SK), Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU), dan Liaison kepada pelaku usaha.**


BACA JUGA

Resmi Jabat Kepala Perwakilan BI Papua, Faturachman Siap Lanjutkan Tugas dan Raih Prestasi

Jumat, 19 Januari 2024 | 20:56 WIB

Pertumbuhan Ekonomi di Papua 2024 Diperkirakan Capai 5,25 Hingga 6,25 Persen

Rabu, 17 Januari 2024 | 18:53 WIB

Sosialisasi Penggunaan Non Tunai di Papua Berhasil, Terbukti dengan Transaksi QRIS Tumbuh Signifikan

Kamis, 14 Desember 2023 | 15:28 WIB

Momen Nataru, BI Papua Siapkan Uang Tunai Rp4,7 Triliun, Imbau Masyarakat Belanja Non Tunai

Sabtu, 09 Desember 2023 | 17:46 WIB

Laju Inflasi 2023 Papua Melandai Berkat Sinergitas Program TPID dengan Berbagai Pihak

Rabu, 06 Desember 2023 | 17:02 WIB
TERKINI

Pj Gubernur Papua dan Ketua DWP Tinjau Perkembangan Rehabilitasi TK Pertiwi Kota Jayapura

1 Hari yang lalu

Panen Cabai di Arso Keerom, Pj Gubernur Papua: Semoga Dapat Menekan Inflasi

1 Hari yang lalu

Telkomsel Sukses Mengawal Melayani Kenyamanan Komunikasi Dalam Pemilu Serentak 2024

1 Hari yang lalu

Pj Bupati Tumiran Tekankan Hal Ini Saat Rapat Pelaksanaan Pengamanan Sidang Pleno Pemilu

1 Hari yang lalu

Partai Golkar Dirugikan, Christian Yan Warinussy Diminta Klarifikasi Pernyataan Yang Menyesatkan

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com