MENU TUTUP

Dukung Pembangunan Infrastruktur di Papua, Freeport Manfaatkan Tailing Sebagai Bahan Campuran Aspal

Minggu, 12 November 2023 | 03:32 WIB / Roberth
Dukung Pembangunan Infrastruktur di Papua, Freeport Manfaatkan Tailing Sebagai Bahan Campuran Aspal PT Freeport Indonesia melalui Divisi Tailing Utilizations melakukan pengaspalan jalan menggunakan aspal tailing di area dataran rendah wilayah kerja PTFI di Timika, Papua/Istimewa.

TIMIKA,wartaplus.com - PT Freeport Indonesia (PTFI) menunjukkan komitmen kuat dalam memanfaatkan pasir sisa tambang (SIRSAT) yang biasa disebut tailing. Untuk mewujudkan komitmen tersebut, PTFI melalui Divisi Tailing Utilizations terus melakukan inisiatif untuk memanfaatkan tailing secara optimal sebagai bahan baku campuran aspal (filler).

Tailing tersebut digunakan untuk lapisan pondasi aspal sebagai pengganti pasir. General Superintendent Tailing Utilization PTFI Sastro Samser Siburian mengatakan bahwa aspal tailing digunakan untuk pengaspalan di beberapa fasilitas perusahaan PTFI di Timika.

“Tahun 2020, kami telah mengirimkan material tailing sebagai material agregat infrastruktur jalan di Merauke. Kami kembali melakukan proyek serupa tahun ini untuk membantu mempercepat perkembangan infrastruktur Papua,” ujar Sastro.

Saat ini, aspal dengan campuran tailing sudah digunakan pada beberapa titik di area dataran rendah wilayah kerja PTFI, yaitu di jalan sekitar perkantoran gedung OB, Institut Pertambangan Nemangkawi (IPN), Fasilitas Pengolahan Air di Kuala Kencana, Rimba Papua Hotel (RPH), checkpoint Kuala Kencana, dan akses jalan masuk menuju Rimba Papua Golf. Sastro menambahkan bahwa limbah tailing sudah melewati penelitian dan uji coba untuk mengetahui keamanan aspal tailing ini.

“Kami telah bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) untuk uji coba aspal tailing di Kabupaten Merauke dan hasilnya sangat direkomendasikan untuk campuran aspal,” jelas Sastro.

Hasil uji laboratorium menunjukkan kepadatan campuran dengan nilai terendah 99,23 persen dan tertinggi 102,35 persen, sehingga aspal tailing telah memenuhi standar kualitas AASHTO T 166. Selain itu, hasil tersebut juga telah sesuai dengan spesifikasi teknis yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Bina Marga No.02/SE/DB/2018 dan spesifikasi khusus SKh-2.6.28 terkait dengan Spesifikasi Khusus Campuran Beraspal Panas Menggunakan Tailing.

Project Manager PT Karya Mandiri Permai Supranoto, selaku kontraktor untuk pengerjaan aspal tailing di area kerja PTFI, menjelaskan bahwa aspal tailing yang dikembangkan oleh PTFI layak digunakan dalam pekerjaan konstruksi karena telah lolos uji laboratorium.

“Aspal tailing ini terbukti layak digunakan dalam pekerjaan pengaspalan Pemerintah Kabupaten Mimika melalui Dinas PUPR. Di samping itu, aspal tailing ini juga sudah lolos uji material aspal dan masuk ke dalam Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) pemerintah. Hal ini menandakan bahwa aspal tailing telah memenuhi standar kualitas, baik secara mutu maupun anggaran,” jelas Supranoto.

Ada beberapa jenis aspal yang digunakan pada proyek ini. Salah satu contohnya, Hot Rolled Sheet Wearing Course (HRS-WC) yang digunakan di jalan menuju Rimba Papua Golf. Aspal jenis ini
menggunakan komposisi tailing sebanyak 40 persen. “Jika pembuatan aspal HRS-WC membutuhkan 1.000 kilogram pasir, maka 40 persen komposisinya atau 400 kilogram pasir dapat diganti dengan tailing,”jelas Supranoto.

Pemanfaatan tailing sebagai bahan campuran aspal (filler) merupakan salah satu upaya PTFI untuk menunjukkan bahwa tailing adalah sumber daya yang memiliki nilai dan dapat bermanfaat untuk proyek konstruksi, khususnya pengembangan infrastruktur di Papua.






BACA JUGA

Paulus Waterpauw Untuk Papua Satu, Nitezen Kobarkan Semangat Menangkan Kaka Besar

Senin, 29 April 2024 | 13:07 WIB

Melihat Upaya Pemerintah Dalam Meningkatkan Ekonomi Nelayan di Papua

Senin, 29 April 2024 | 12:49 WIB

Maret 2024, Tercatat 1,1 Juta Transaksi QRIS di Papua dengan Total Nominal Capai 181 Miliar

Minggu, 28 April 2024 | 17:38 WIB

Menaker Apresiasi PKB Manajemen dan Serikat Pekerja PT Freeport Indonesia

Minggu, 28 April 2024 | 17:15 WIB

Ketua umum Persekutuan Gereja Gereja Kabupaten Jayapura: Paulus Waterpauw Gubernur Papua

Minggu, 28 April 2024 | 03:18 WIB
TERKINI

Paulus Waterpauw Untuk Papua Satu, Nitezen Kobarkan Semangat Menangkan Kaka Besar

1 Jam yang lalu

Melihat Upaya Pemerintah Dalam Meningkatkan Ekonomi Nelayan di Papua

1 Jam yang lalu

Tak Tahan Dikejar Polisi, Oknum ASN Pelaku Asusila di Jayapura Akhirnya Menyerahkan Diri

20 Jam yang lalu

Maret 2024, Tercatat 1,1 Juta Transaksi QRIS di Papua dengan Total Nominal Capai 181 Miliar

20 Jam yang lalu

Menaker Apresiasi PKB Manajemen dan Serikat Pekerja PT Freeport Indonesia

21 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com