MENU TUTUP

Dukung Pembangunan Infrastruktur di Papua, Freeport Manfaatkan Tailing Sebagai Bahan Campuran Aspal

Minggu, 12 November 2023 | 03:32 WIB / Roberth
Dukung Pembangunan Infrastruktur di Papua, Freeport Manfaatkan Tailing Sebagai Bahan Campuran Aspal PT Freeport Indonesia melalui Divisi Tailing Utilizations melakukan pengaspalan jalan menggunakan aspal tailing di area dataran rendah wilayah kerja PTFI di Timika, Papua/Istimewa.

TIMIKA,wartaplus.com - PT Freeport Indonesia (PTFI) menunjukkan komitmen kuat dalam memanfaatkan pasir sisa tambang (SIRSAT) yang biasa disebut tailing. Untuk mewujudkan komitmen tersebut, PTFI melalui Divisi Tailing Utilizations terus melakukan inisiatif untuk memanfaatkan tailing secara optimal sebagai bahan baku campuran aspal (filler).

Tailing tersebut digunakan untuk lapisan pondasi aspal sebagai pengganti pasir. General Superintendent Tailing Utilization PTFI Sastro Samser Siburian mengatakan bahwa aspal tailing digunakan untuk pengaspalan di beberapa fasilitas perusahaan PTFI di Timika.

“Tahun 2020, kami telah mengirimkan material tailing sebagai material agregat infrastruktur jalan di Merauke. Kami kembali melakukan proyek serupa tahun ini untuk membantu mempercepat perkembangan infrastruktur Papua,” ujar Sastro.

Saat ini, aspal dengan campuran tailing sudah digunakan pada beberapa titik di area dataran rendah wilayah kerja PTFI, yaitu di jalan sekitar perkantoran gedung OB, Institut Pertambangan Nemangkawi (IPN), Fasilitas Pengolahan Air di Kuala Kencana, Rimba Papua Hotel (RPH), checkpoint Kuala Kencana, dan akses jalan masuk menuju Rimba Papua Golf. Sastro menambahkan bahwa limbah tailing sudah melewati penelitian dan uji coba untuk mengetahui keamanan aspal tailing ini.

“Kami telah bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) untuk uji coba aspal tailing di Kabupaten Merauke dan hasilnya sangat direkomendasikan untuk campuran aspal,” jelas Sastro.

Hasil uji laboratorium menunjukkan kepadatan campuran dengan nilai terendah 99,23 persen dan tertinggi 102,35 persen, sehingga aspal tailing telah memenuhi standar kualitas AASHTO T 166. Selain itu, hasil tersebut juga telah sesuai dengan spesifikasi teknis yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Bina Marga No.02/SE/DB/2018 dan spesifikasi khusus SKh-2.6.28 terkait dengan Spesifikasi Khusus Campuran Beraspal Panas Menggunakan Tailing.

Project Manager PT Karya Mandiri Permai Supranoto, selaku kontraktor untuk pengerjaan aspal tailing di area kerja PTFI, menjelaskan bahwa aspal tailing yang dikembangkan oleh PTFI layak digunakan dalam pekerjaan konstruksi karena telah lolos uji laboratorium.

“Aspal tailing ini terbukti layak digunakan dalam pekerjaan pengaspalan Pemerintah Kabupaten Mimika melalui Dinas PUPR. Di samping itu, aspal tailing ini juga sudah lolos uji material aspal dan masuk ke dalam Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) pemerintah. Hal ini menandakan bahwa aspal tailing telah memenuhi standar kualitas, baik secara mutu maupun anggaran,” jelas Supranoto.

Ada beberapa jenis aspal yang digunakan pada proyek ini. Salah satu contohnya, Hot Rolled Sheet Wearing Course (HRS-WC) yang digunakan di jalan menuju Rimba Papua Golf. Aspal jenis ini
menggunakan komposisi tailing sebanyak 40 persen. “Jika pembuatan aspal HRS-WC membutuhkan 1.000 kilogram pasir, maka 40 persen komposisinya atau 400 kilogram pasir dapat diganti dengan tailing,”jelas Supranoto.

Pemanfaatan tailing sebagai bahan campuran aspal (filler) merupakan salah satu upaya PTFI untuk menunjukkan bahwa tailing adalah sumber daya yang memiliki nilai dan dapat bermanfaat untuk proyek konstruksi, khususnya pengembangan infrastruktur di Papua.






BACA JUGA

Pj Gubernur Papua dan Ketua DWP Tinjau Perkembangan Rehabilitasi TK Pertiwi Kota Jayapura

Kamis, 22 Februari 2024 | 09:30 WIB

Panen Cabai di Arso Keerom, Pj Gubernur Papua: Semoga Dapat Menekan Inflasi

Kamis, 22 Februari 2024 | 09:08 WIB

Partai Golkar Dirugikan, Christian Yan Warinussy Diminta Klarifikasi Pernyataan Yang Menyesatkan

Rabu, 21 Februari 2024 | 17:05 WIB

Kepala Distrik Terlibat Pencarian Senjata Api dan Amunisi Buat KKB Nduga

Rabu, 21 Februari 2024 | 15:48 WIB

Kelompok Kriminal Bersenjata Punya Pemasok Amunisi dan Senjata Tertangkap

Rabu, 21 Februari 2024 | 13:51 WIB
TERKINI

Pj Gubernur Papua dan Ketua DWP Tinjau Perkembangan Rehabilitasi TK Pertiwi Kota Jayapura

1 Hari yang lalu

Panen Cabai di Arso Keerom, Pj Gubernur Papua: Semoga Dapat Menekan Inflasi

1 Hari yang lalu

Telkomsel Sukses Mengawal Melayani Kenyamanan Komunikasi Dalam Pemilu Serentak 2024

1 Hari yang lalu

Pj Bupati Tumiran Tekankan Hal Ini Saat Rapat Pelaksanaan Pengamanan Sidang Pleno Pemilu

1 Hari yang lalu

Partai Golkar Dirugikan, Christian Yan Warinussy Diminta Klarifikasi Pernyataan Yang Menyesatkan

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com