MENU TUTUP

DP2KB Dorong Penanganan Stunting Melalui Aplikasi Elsimil

Senin, 27 November 2023 | 06:51 WIB / Adm
DP2KB Dorong Penanganan Stunting Melalui Aplikasi Elsimil Kabid Ketahanan Keluarga dan Pemberdayaan Keluarga DP2KB Kabupaten Jayapura Yus Ivone Sokoy. ANTARA/Yudhi Efendi

JAYAPURA,wartaplus.com- Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP2KB) Kabupaten Jayapura, Papua mendorong penanganan stunting atau pertumbuhan lambat di 139 kampung, lima kelurahan dengan Aplikasi Elektronik Siap Nikah dan Siap Hamil (Elsimil).

Kepala Bidang (Kabid) Ketahanan Keluarga dan Pemberdayaan Keluarga DP2KB Kabupaten Jayapura Yus Ivone Sokoy saat dihubungi di Jayapura, Minggu mengatakan pihaknya telah mengikuti aksi penanganan stunting -pada 14 Desember 2023.

“Kami juga sangat serius memberikan pengetahuan kepada Tim Pendamping Keluarga (TPK) yang terdiri dari bidan puskesmas, kader KB atau Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) dan PKK,” katanya. Menurut Yus, melalui TPK maka DP2KB akan memperoleh data stunting di setiap kampung melalui aplikasi Elsimil.

“Kader kami yang membantu suksesnya program stunting berjumlah sekitar 432 orang yang rata-rata ibu-ibu di 139 kampung dan lima kelurahan,” ujarnya.

Dia menjelaskan 432 kader itu masuk dalam TPK akan melalukan pendampingan kepada ibu hamil, ibu melahirkan, balita serta remaja bagaimana perkembangan pertumbuhannya apakah sesuai berat dan umur atau sebaliknya.

“Data yang kami peroleh itu berasal dari mereka (TPK) yang melaporkan perkembangan setiap bulan nya sehingga dapat diketahui kualitas hidup ibu dan anak di setiap kampung,” katanya. Dia menambahkan data yang diperoleh DP2KB itu dari TPK itu dalam bentuk digital karena sudah dilaporkan melalui Elsimil. “Data itulah yang digunakan untuk mengukur capaian keberhasilan dari program penanganan stunting di Kabupaten Jayapura,” ujarnya.*


BACA JUGA

Kurikulum Merdeka Bagi Seluruh Anak Indonesia

Kamis, 02 Mei 2024 | 18:14 WIB

Pemprov Papua: Penerapan Merdeka Belajar Butuh Kerja Sama Orang Tua

Kamis, 02 Mei 2024 | 18:07 WIB

MURI : Pembentangan Bendera Merah Putih Sepanjang 10 Km di Kota Jayapura Raih Rekor Dunia

Kamis, 02 Mei 2024 | 12:54 WIB

Kapolda Sebut Tidak Ada Aksi Demo di Peringatan Hari Buruh Internasional di Papua

Rabu, 01 Mei 2024 | 18:55 WIB

KKB Berulah di Intan Jaya, Bakar Sekolah Negeri Pogapa

Rabu, 01 Mei 2024 | 11:34 WIB
TERKINI

Kurikulum Merdeka Bagi Seluruh Anak Indonesia

12 Jam yang lalu

Pemprov Papua: Penerapan Merdeka Belajar Butuh Kerja Sama Orang Tua

12 Jam yang lalu

Memikul Tanggung Jawab Renteng Pendidikan Akhlak Generasi Emas

12 Jam yang lalu

MURI : Pembentangan Bendera Merah Putih Sepanjang 10 Km di Kota Jayapura Raih Rekor Dunia

17 Jam yang lalu

Kukuhkan Organisasi Keagamaan, Pj Bupati: Harus Berinovasi Angkat Nama Baik Puncak Jaya

18 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com