MENU TUTUP

Baku Tembak Selama Empat Hari, 5 Kelompok Separatis Tewas di Intan Jaya

Jumat, 26 Januari 2024 | 15:33 WIB / Cholid
Baku Tembak Selama Empat Hari, 5 Kelompok Separatis Tewas di Intan Jaya Penyerangan Pos Aparat TNI-Polri oleh Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP) di wilayah Intan Jaya Papua Tengah, telah memakan korban yang cukup banyak, dari 7 orang anggota KSTP terkena tembakan, perkembangan terkini menjadi 5 orang tewas dan 2 orang masih dirawat di markas KSTP/Istimewa

PAPUA TENGAH,wartaplus.com – Penyerangan Pos Aparat TNI-Polri oleh Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP) di wilayah Intan Jaya Papua Tengah, telah memakan korban yang cukup banyak, dari 7 orang anggota KSTP terkena tembakan, perkembangan terkini menjadi 5 orang tewas dan 2 orang masih dirawat di markas KSTP, sementara 1 anggota Brimob yang tergabung Satgas Damai Cartenz, Bripda Alfandi Steve Karamoy dinyatakan Gugur.

“Kejadian tersebut menjadi beban berat yang harus dipikul oleh Undius Kagoya sebagai Pangkodap VIII Wilayah Intanjaya akibat Strategi yang diterapkan mengorbankan 7 anggota KSTP secara sia-sia, Dari informan dalam menyampaikan perkembangan terkini menjadi 5 orang tewas dan 2 orang terluka, saat ini dirawat di markas KSTP,” ujar kapen.

“Oni Kobogau, Yusak Sondegau, Zakius Sondegau, Melkias Matani alias Harisatu Nambagani dan Agusti, dinyatakan tewas, sementara Jaringan Belau dan Kanus Kogoya terluka dan dirawat oleh KSTP,” tambahnya.

Hal tersebut disampaikan Kapen Kogabwilhan III Kolonel Gusti Nyoman Suriastawa dalam keterangannya ketika menjawab pertanyaan wartawan terkait kepastian korban KSTP saat kontak tembak, Jumat (26/1/2024).

Sebagaimana diberitakan, kontak tembak antara TNI-Polri den gan KSTP berlangsung dalam beberapa hari, mulai dari tanggal 19 s.d 23 Januari 2024, diawali KSTP menyerang Satgas Damai Cartenz di Kampung Mamba, Distrik Sugapa, Intan Jaya, Jumat (19/1), yang mengakibatkan Bripda Alfandi Steve Karamoy Gugur.

Selanjutnya kontak tembak yang mengakibatkan anggota KSTPmenjadi korban, terjadi di Pos Mamba dengan Satgas 330 Kostrad, Mandala IV Kopassus, Elang IV BIN dan BAIS (Sabtu, 20/1). Kontak tembak dengan Satgas Brimob Damai Cartenz di Pos BPD, (Minggu, 21/1). Kontak tembak dengan Pos Mamba Satgas 330 Kostrad dan Mandala IV Kopassus vdi sektor Tanah Putih, (Senin, 22/1) dan Kontak tembak dengan Pos Satgas 330 Kostrad dan Delta BIN, (Selasa, 23/1).

Keterangan informan dilapangan Undius Kagoya memerintahkan untuk mengalihkan sasaran kepada pesawat sipil yang melakukan route penerbangan ke Sugapa, apabila terKaksa bunuh masyarakat dan bakar honai untuk menghilangkan jejak.*


BACA JUGA

Pemprov Papua Tengah Berharap Segera Ada Solusi Penyelesaian Konflik Antar Warga di Nabire

Sabtu, 27 April 2024 | 21:30 WIB

Yumiron : Mahasiswa Harus Berikan Contoh Dalam Menjaga Kamtibmas

Jumat, 26 April 2024 | 08:47 WIB

Satu Anggota OPM Penyerang Posramil Kisor Maybrat Menyerahkan Diri

Jumat, 26 April 2024 | 05:44 WIB

Ribka Haluk Berikan Pujian Khofifah Parawansa yang Terima Penghargaan Satyalancana dari Presiden

Kamis, 25 April 2024 | 15:02 WIB

Respon Cepat Pemprov Papua Tengah dan PJN Nabire Atasi Longsor di Jalan Trans Paniai

Selasa, 23 April 2024 | 13:54 WIB
TERKINI

Ketua umum Persekutuan Gereja Gereja Kabupaten Jayapura: Paulus Waterpauw Gubernur Papua

7 Jam yang lalu

Pemprov Papua Tengah Berharap Segera Ada Solusi Penyelesaian Konflik Antar Warga di Nabire

13 Jam yang lalu

Advokat Pieter Ell Terpilih jadi Kuasa Hukum KPU RI

19 Jam yang lalu

Peringati Hari Otda ke-28, Pemprov Papua Siap Tindak Lanjuti Arahan Mendagri Terkait Ekonomi Hijau

1 Hari yang lalu

Jaksa Lakukan Eksekusi Putusan PN Jayapura Terkait Kasus Pemilu 2024

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com