MENU TUTUP

Pemprov Papua Tengah Bagikan 950 Lampu LSHE ke Delapan Kabupaten

Sabtu, 27 Januari 2024 | 13:10 WIB / Andi Riri
Pemprov Papua Tengah Bagikan 950 Lampu LSHE ke Delapan Kabupaten Pj Gubernur Papua Tengah, Ribka Haluk menyerahkan simbolis lampu hemat energi kepada salah satu perwakilan Kabupaten/Istimewa

NABIRE, wartaplus.com - Wujudkan program Papua Tengah Terang, sejumlah program diluncurkan Dinas ESDM Provinsi Papua Tengah, salah satunya memberikan bantuan Lampu Surya Hemat Energi (LSHE) ke sejumlah daerah di 8 kabupaten se-Provinsi Papua Tengah.

Penyerahan simbolis lampu LSHE oleh Pj Gubernur Papua Tengah, Ribka Haluk di sela sela menghadiri acara yang berlangsung di Taman Gizi, Oyehe, Nabire, Jumat (26/01/2024).

Dalam sambutannya, Pj Ribka mengatakan, pembagian lampu LSHE merupakan program Papua Tengah Terang yang dimiliki pemerintah daerah.

"Maka itu kedepan kami akan terus mendistribusikan lampu LSHE ke seluruh kabupaten yang ada di provinsi ini. Tentunya kita juga akan bekerjasama dengan PLN," kata Ribka didampingi Kepala ESDM Papua Tengah, Fred James Boray.

Ia berharap, kiranya masyarakat dapat menikmati dan menjaga bantuan tersebut dengan baik, sebab sering terjadi pencopotan lampu-lampu di jalan. "Apabila terjadi kendala, masalah, ataupun rusak, maka segera melaporkan ke dinas terkait," imbaunya.

Ribka juga tidak lupa menyampaikan terima kasihnya kepada Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Energi, dan Sumber Daya Mineral yang sudah melaksanakan program tersebut dengan baik.

Kepala Dinas ESDM Provinsi Papua Tengah, Fred James Boray mengatakan di Tahun 2023 atas petunjuk Pj Gubernur Papua Tengah, pihaknya diperintahkan untuk mewujudkan Papua Tengah “Terang”. Dimana sejumlah program berupa penerangan Listrik berbasis enegeri terbarukan dilakukan.

“Tahun 2023 lalu kami membuat program PLTS dan PJUTAS. Dimana program itu lebih banyak kami lakukan di Ibukota Provinsi Papua Tengah yakni di Kabupaten Nabire. Sehingga saat ini seluruh pulau-pulau di Kabupaten Nabire saat ini telah terang,” jelasnya.

Lanjut katanya, Kabupaten Nabire menjadi konsen pemerintah lantaran daerah ini menjadi Ibukota Provinsi. Akan tetapi terobosan lain juga dilakukan untuk daerah lain di Provinsi Papua Tengah, seperti memberikan lampu LSHE.

“Hari ini secara simbolis 950 unit lampu LSHE diserahkan langsung oleh Pj Gubernur. 1 kotak LSHE yang diberikan terdiri dari 4 unit lampu dan 1 panel surya. Akan tetapi lampu LSHE ini lebih banyak kami berikan kepada masyarakat di Kabupaten Intan Jaya,” katanya.



Menurut James Boray saat ini pihaknya Tengah mendata problem disetiap daerah untuk mengakses penerangan. Dengan begitu pihaknya bisa membuat perencanaan untuk menghadirkan terang bagi daerah yang masih jauh dari fasilitas penerangan.

Adapun rincian bantuan lampu LSHE yang diberikan yaitu Kabupaten Intan Jaya sebanyak 450 unit, Paniai sebanyak 200 unit, Puncak Jaya sebanyak 100 unit, lalu Puncak sebanyak 100 unit dan Dogiyai 100 unit. Sebelumnya, ada 300 unit yang sudah dibagikan di Kabupaten Mimika.(rilis)


BACA JUGA

Pemprov Papua Tengah Berharap Segera Ada Solusi Penyelesaian Konflik Antar Warga di Nabire

Sabtu, 27 April 2024 | 21:30 WIB

Yumiron : Mahasiswa Harus Berikan Contoh Dalam Menjaga Kamtibmas

Jumat, 26 April 2024 | 08:47 WIB

Ribka Haluk Berikan Pujian Khofifah Parawansa yang Terima Penghargaan Satyalancana dari Presiden

Kamis, 25 April 2024 | 15:02 WIB

Respon Cepat Pemprov Papua Tengah dan PJN Nabire Atasi Longsor di Jalan Trans Paniai

Selasa, 23 April 2024 | 13:54 WIB

Pj Ketua TP-PKK Puncak Jaya Resmi Dilantik Sebagai Ketua Pembina Posyandu

Selasa, 23 April 2024 | 13:23 WIB
TERKINI

Tak Tahan Dikejar Polisi, Oknum ASN Pelaku Asusila di Jayapura Akhirnya Menyerahkan Diri

4 Jam yang lalu

Maret 2024, Tercatat 1,1 Juta Transaksi QRIS di Papua dengan Total Nominal Capai 181 Miliar

5 Jam yang lalu

Menaker Apresiasi PKB Manajemen dan Serikat Pekerja PT Freeport Indonesia

5 Jam yang lalu

Ketua umum Persekutuan Gereja Gereja Kabupaten Jayapura: Paulus Waterpauw Gubernur Papua

19 Jam yang lalu

Pemprov Papua Tengah Berharap Segera Ada Solusi Penyelesaian Konflik Antar Warga di Nabire

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com