MENU TUTUP
Perusahaan Es Krim Sertifikasi Program Manajemen Risiko

Es Krim Joyday Telah Menjangkau 16 Negara

Kamis, 23 Mei 2024 | 07:25 WIB / Roberth
Es Krim Joyday Telah Menjangkau 16 Negara PT Yili Indonesia Dairy/Istimewa

JAKARTA,wartaplus.com – PT Yili Indonesia Dairy merupakan produsen dari produk es krim merek JOYDAY. Sebagai produsen pangan, kualitas produk dan keamanan pangan merupakan prioritas utama dan hal ini menjadi unsur penting dalam pengolahan produk di pabrik yang berada di area seluas 17 hektar dan telah beroperasi sejak tahun 2021.

PT Yili Indonesia Dairy berkomitmen penuh dalam pengawasan dan pengendalian mutu kualitas produk JOYDAY guna menjamin keamanan produk saat dikonsumsi. Selain itu, keunggulan produk juga didukung oleh penggunaan teknologi terbaru, managemen mutu pengawasan serta pengendalian lingkungan yang bertanggungjawab. Hal ini disaksikan langsung oleh para awak media dalam kunjungan ke pabrik PT Yili Indonesia Dairy, Rabu (22/5/2024).

PT Yili Indonesia Dairy saat ini telah tercatat sebagai perusahaan yang memiliki sistem manajemen keamanan pangan yang diakui oleh The Global Food Safety Initiative (GFSI) melalui sertifikasi FSSC 22000. Di Indonesia, PT Yili Indonesia Dairy juga menjadi perusahaan es krim pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikasi Program Manajemen Risiko (PMR) dari Badan POM Republik Indonesia. Seluruh varian produk JOYDAY telah terdaftar di Badan POM Republik Indonesia dan telah tersertifikasi HALAL dalam daftar Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH). 

Presiden Direktur PT Yili Indonesia Dairy, Yu Miao, dalam acara kunjungan media tersebut mengatakan, “Tujuan kehadiran pabrik ini adalah untuk memenuhi permintaan es krim dari Indonesia dan negara-negara di Asia. Pabrik ini merupakan pabrik es krim pertama YILI di Indonesia dengan nilai investasi sebesar Rp. 2 Triliun untuk memproduksi produk utama saat ini, es krim JOYDAY.

Dengan kapasitas produksi lebih dari 100 ton es krim JOYDAY perhari untuk beragam varian rasa, PT Yili Indonesia Dairy telah mengimplementasikan teknologi terbaru dalam pemrosesan bahan baku terbaik, menerapkan manajemen mutu pengawasan serta pengendalian yang bertanggungjawab, untuk menghasilkan produk es krim terbaik seusai dengan standar kualitas di Indonesia dan internasional.

Jaminan kualitas produk es krim JOYDAY juga diperkuat oleh proses pengawasan dan pengendalian mulai dari bahan baku dan bahan kemas yang digunakan agar sesuai dengan standar mutu dan halal. Produk JOYDAY diproses dengan mesin otomatis berteknologi tinggi. Pabrik ini melakukan pengawasan ketat terhadap lingkungan produksi dari berbagai kemungkinan kontaminasi. Pabrik ini juga dilengkapi dengan laboratorium berstandar internasional yang telah mendapatkan akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) untuk melakukan pengujian terhadap setiap produk es krim JOYDAY guna memastikan keamaan produk saat dikonsumsi. 

Dengan lebih dari 40 varian rasa es krim JOYDAY, PT Yili Indonesia Dairy senantiasa fokus pada inovasi. Dalam laboratorium R&D (research & development), tenaga ahli di bidangnya fokus pada kualifikasi inovasi (pembuatan produk baru), renovasi (peningkatan mutu dari produk yang sudah ada), dan process development (pengembangan produksi). Para tenaga ahli tersebut memiliki kompetensi mumpuni dalam food science & technology dalam inovasi & pengembangan produk. Proses produk agar sampai ke tangan konsumen juga sangat rumit dan berlapis, mulai dari pengembangan ide, pemilihan bahan baku, pengemasan, penggunaan teknologi, rangkaian pengujian dan evaluasi, pendaftaran produk ke badan sertifikasi (BPOM dan Halal), produksi hingga pendistribusian ke pasar. Jalur yang panjang tersebut untuk memastikan produk benar-benar berkualitas dan dapat diterima oleh pasar. 

Dalam pelaksaan operasional bisnis, PT Yili Indonesia Dairy memiliki kepedulian dalam menerapkan standar keberlanjutan, termasuk dalam pembangunan dan pengoperasian pabriknya. Pabrik es krim JOYDAY memiliki sistem pengolahan air limbah yang mampu mendaur ulang air dan membantu penghematan penggunaan air hingga 4000 ton air per tahun. PT Yili Indonesia Dairy juga melakukan innovation environment yaitu melibatkan vendor/supplier secara aktif dan berkesinambungan dalam mengajukan ide-ide inovasi yang berdampak positif bagi lingkungan dan Perusahaan.

Lebih lanjut Yu Miao menyampaikan, kehadiran pabrik es krim JOYDAY merupakan langkah awal investasi PT Yili Indonesia Dairy dalam menjadikan Indonesia sebagai hub export produk es krim JOYDAY ke negara-negara lain. Saat ini es krim JOYDAY telah tersebar di 38 provinsi seluruh Indonesia dan sudah di ekspor ke-16 negara antara lain Singapura, Filipina, Malaysia, Myanmar, Laos, Vietnam, Kamboja, Brunei, negara-negara Timur Tengah hingga ke Afrika dengan jumlah ekspor mencapai 1.000 ton lebih per tahun atau senilai 2 Juta USD.”  

Dalam memenuhi kebutuhan produksi, PT Yili Indonesia didukung oleh tenaga kerja lokal. Saat ini, 67% tenaga kerja di pabrik es krim JOYDAY berasal dari daerah sekitar area pabrik. PT Yili Indonesia Dairy juga memastikan alih teknologi pada tenaga kerja Indonesia melalui pelatihan yang berkesinambungan. 

Es krim JOYDAY menghadirkan lebih dari 40 varian dan bisa dibeli di berbagai lokasi seperti toko kelontong serta modern trade seperti AEON, Alfamidi, Farmers, GS Supermarket, Hero, Hypermart, Jakmart, Lawson, Lotte Mart, PIMA dan Transmart. 

“Kami berharap dapat menjangkau konsumen lebih banyak lagi dengan hadir di berbagai lokasi sehingga terjangkau bagi siapa saja dan tentunya memberikan beragam varian rasa yang menambah keseruan aktivitas sehari-hari. Kami akan terus melakukan inovasi di berbagai bidang untuk memberikan produk-produk terbaik kepada konsumen. Kedepannya, kami menargetkan bisa menghadirkan lebih banyak jenis varian baru Joyday yang berkualitas bagi masyarakat Indonesia,”tutup Yu Miao. *


 


BACA JUGA

Ekspor Papua Tanpa Migas Desember 2023 Capai 728,71 Juta USD

Selasa, 16 Januari 2024 | 09:35 WIB

Presiden Direktur: OAP Jadi Prioritas Utama PT Freeport Indonesia

Senin, 11 Desember 2023 | 07:18 WIB

Infeksi Baru HIV di Indonesia Turun

Senin, 04 Desember 2023 | 14:09 WIB

Aturan Baru Kenaikan Upah Minimum

Rabu, 22 November 2023 | 10:38 WIB
TERKINI

Kapolda Papua Ajak Tokoh Agama Berperan dalam Mewujudkan Pilkada Damai di Kepulauan Yapen

8 Jam yang lalu

Tim Evaluator Kemendagri Apresiasi Capaian Kinerja Triwulan Ketiga Pj Gubernur Papua

8 Jam yang lalu

Pemprov Papua Tengah Tandatangani MOU dengan Kemenhub Terkait Pengembangan Bandara Nabire

11 Jam yang lalu

Sapi Qurban Bantuan Presiden di Papua, Jenisnya Limosin dengan Berat 845 Kg

1 Hari yang lalu

Sah, Mantan Persipura Gabung PSBS Biak

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com