MENU TUTUP

Pj Gubernur Papua Tengah Tegas Meminta Hentikan Aksi Kekerasan Bersenjata di Paniai

Selasa, 18 Juni 2024 | 19:16 WIB / Andi Riri
Pj Gubernur Papua Tengah Tegas Meminta Hentikan Aksi Kekerasan Bersenjata di Paniai Pj Gubernur Papua Tengah, Dr.Ribka Haluk/Humas Papua Tengah

NABIRE, wartaplus.com - Penjabat Gubernur Papua Tengah, Dr. Ribka Haluk, S.Sos., MM meminta agar aksi kekerasan yang dilakukan kelompok bersenjata di Kabupaten Paniai terhadap warga sipil maupun aparat keamanan segera dihentikan.

“Saya minta setop kekerasan di Paniai. Tidak boleh terjadi lagi pertumpahan darah, apalagi mengakibatkan masyarakat sipil kehilangan nyawa,” tegas pintanya, Selasa (18/06/2024).

Ribka menegaskan, kondisi keamanan yang tidak kondusif di wilayah tersebut saat ini akan menjadi pembahasan bersama Forkopimda.

Ia tidak ingin Kabupaten Paniai yang merupakan daerah injil dan kabupaten tertua di Provinsi Papua Tengah itu terjadi konflik berkepanjangan.

“Mari kita bersama-sama menyampaikan setop kekerasan. Apalagi yang menjadi korban merupakan masyarakat sipil yang tidak bersalah. Mari kita bersatu menyelesaikan permasalahan yang terjadi di Paniai,” ajaknya.

Pj. Gubernur Ribka Haluk juga telah memerintahkan Pj. Bupati Paniai untuk bekerja ekstra menyelesaikan permasalahan keamanan di daerahnya.

Ia berharap Pj Bupati segera merangkul semua pihak untuk kembali memulihkan situasi keamanan di Paniai, agar kembali kondusif.

“Saya telah memerintahkan Pj. Bupati Paniai, agar Pemda Paniai bersama Forkopimda dan para tokoh-tokoh, adat, agama, pemuda dan perempuan serta para kepala suku untuk bersatu, menyelesaikan situasi keamanan disana, agar kembali kondusif,” tegasnya.

Lanjut katanya, imbas konflik berkepanjangan akan berdampak langsung kepada masyarakat, sehingga hal ini tidak boleh dibiarkan. Selain itu jalannya pemerintahan dan pelayanan publik akan terganggu.

“Tidak boleh lagi ada penembakan kepada masyarakat sipil. Keamanan harus kembali dipulihkan, tidak boleh kita membuat trauma masyarakat. Mari kita bersama-sama menjaga daerah agar aman dan kondusif, sehingga pembangunan dan perekonomian bisa berjalan dengan baik,” tegasnya lagi.(adv)


BACA JUGA

Ribka Haluk Mengadopsi Seorang Bayi Perempuan dari Tempat Pengungsian Warga Bibida Paniai

Jumat, 21 Juni 2024 | 17:40 WIB

Pj Gubernur Papua Tengah dan Forkopimda Terbang ke Dibida Paniai, Pastikan Masyarakat Terlindungi Pemerintah

Kamis, 20 Juni 2024 | 16:21 WIB

Kedatangan Pj Gubernur Papua Tengah Disambut Isak Tangis Para Pengungsi dari Paniai

Selasa, 18 Juni 2024 | 19:17 WIB

OPM Kembali Mengganggu, Warga Bibida Mengungsi di Gereja

Selasa, 18 Juni 2024 | 11:11 WIB
TERKINI

Puncak KKR, Irjen Fakhiri: Pentingnya Campur Tangan Tuhan dalam Mewujudkan Pilkada Damai di Tanah Papua

7 Jam yang lalu

Ekspor Papua Mei 2024 Capai 6,3 juta dolar AS

13 Jam yang lalu

Letkol Inf Saeri Dipercaya Pimpin Kodim 1706/Nduga

14 Jam yang lalu

Irjen Fakhiri Berharap Kegiatan Tabligh Akbar Terus Digelar Dimasa yang akan datang di Papua

14 Jam yang lalu

Smelter Freeport Resmi Beroperasi

17 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com