MENU TUTUP

Meriahkan Hari Bhayangkara ke-78, Polda Papua Gelar Turnamen Catur

Minggu, 23 Juni 2024 | 15:09 WIB / Andi Riri
Meriahkan Hari Bhayangkara ke-78, Polda Papua Gelar Turnamen Catur Irwasda Polda Papua Kombes Pol. Drs. Yosi Muhamartha memukul tifa sebagai tanda dibukanya turnamen catur meriahkan Hari Bhayangkara ke-78/Humas Polda Papua

JAYAPURA, wartaplus.com – Dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-78, Polda Papua gelar turnamen catur bertempat di lapangan Dit Pamobvid Polda Papua.

Turnamen dibuka secara resmi oleh Irwasda Polda Papua Kombes Pol. Drs. Yosi Muhamartha, Sabtu (22/06/2024).

Acara pembukaan dihadiri sejumlah Pejabat Utama Polda Papua, Ketua Umum KONI Papua, dan Ketua Pengkap PERCASI Kabupaten/Kota serta para atlet catur.

Dalam sambutannya, Kombes Pol. Drs. Yosi Muhamartha menekankan pentingnya olahraga catur dalam merangsang kecerdasan dan memupuk cara berpikir yang bijaksana.

"Catur adalah salah satu olahraga yang efektif untuk meningkatkan kecerdasan dan kemampuan analisis. Permainan ini juga melatih kesabaran dan kreativitas," ujarnya.

Selain itu, lanjut Yosi, olahraga catur juga dapat memperkuat intelligence quotient (IQ) dan spiritual quotient (SQ), serta membantu dalam mencegah masalah dengan berpikir logis.

Turnamen catur ini merupakan hasil kerja sama antara Polda Papua dan PERCASI Provinsi Papua. Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antara Polda Papua dengan perbankan dan pelaku usaha lainnya, sesuai dengan moto "Gens Una Sumus" yang berarti "Kita adalah satu keluarga", tetapi juga untuk menjadi wadah bagi minat dan bakat seluruh personil dan masyarakat.

"Kami berharap melalui turnamen ini dapat ditemukan bibit-bibit pecatur baru yang mampu bersaing di tingkat nasional bahkan internasional," harapnya.

Ia menekankan bahwa catur adalah salah satu cabang olahraga resmi dunia yang diakui oleh International Olympic Committee (IOC) dan memiliki popularitas yang tinggi di Indonesia.

Para peserta turnamen diimbau untuk menjunjung tinggi nilai sportivitas agar dapat meraih hasil maksimal.

"Melalui turnamen ini, diharapkan akan lahir pecatur-pecatur baru yang bisa berprestasi di berbagai event. Kami berharap turnamen seperti ini dapat menjadi agenda tahunan PERCASI di masa mendatang," pungkas Kombes Yosi.

Turnamen catur ini menjadi salah satu rangkaian acara dalam perayaan Hari Bhayangkara ke-78 yang diharapkan dapat mempererat hubungan antara aparat kepolisian dan masyarakat, serta meningkatkan prestasi olahraga catur di Papua.**


BACA JUGA

Puncak KKR, Irjen Fakhiri: Pentingnya Campur Tangan Tuhan dalam Mewujudkan Pilkada Damai di Tanah Papua

Jumat, 28 Juni 2024 | 19:40 WIB

Ekspor Papua Mei 2024 Capai 6,3 juta dolar AS

Jumat, 28 Juni 2024 | 13:10 WIB

Irjen Fakhiri Berharap Kegiatan Tabligh Akbar Terus Digelar Dimasa yang akan datang di Papua

Jumat, 28 Juni 2024 | 12:16 WIB

Smelter Freeport Resmi Beroperasi

Jumat, 28 Juni 2024 | 09:40 WIB

Gerak Satgas Menindak Transaksi Judi Online

Jumat, 28 Juni 2024 | 08:20 WIB
TERKINI

Puncak KKR, Irjen Fakhiri: Pentingnya Campur Tangan Tuhan dalam Mewujudkan Pilkada Damai di Tanah Papua

6 Jam yang lalu

Ekspor Papua Mei 2024 Capai 6,3 juta dolar AS

12 Jam yang lalu

Letkol Inf Saeri Dipercaya Pimpin Kodim 1706/Nduga

13 Jam yang lalu

Irjen Fakhiri Berharap Kegiatan Tabligh Akbar Terus Digelar Dimasa yang akan datang di Papua

13 Jam yang lalu

Smelter Freeport Resmi Beroperasi

16 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com