MENU TUTUP

Pemkab Tolikara Salurkan Dana Desa Tahap Pertama Bagi 541 Kampung Total Rp217,497 Miliar

Selasa, 02 Juli 2024 | 09:56 WIB / Andi Riri
Pemkab Tolikara Salurkan Dana Desa Tahap Pertama Bagi 541 Kampung Total Rp217,497 Miliar Pj Bupati Tolikara Marthen Kogoya meyerahkan dana kampung tahap pertama kepada perwakilan Kepala Kampung/istimewa

KARUBAGA, wartaplus.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Tolikara melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampug (DPMK) secara resmi menyalurkan dana desa tahap pertama kepada 541 kampung di halaman lapangan merah
Karubaga, Senin (01/07/2024).

Berjumlah total untuk tahap pertama Rp. 224.224.475.400 dikurangi dengan pajak sebesar Rp. 6.726.734.262, akhirnya total dibayarkan kepada 541 kampung sebesar Rp. 217.497.741.138.

Penyaluran itu dilakukan secara simbolis oleh Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Tolikara Marthen Kogoya kepada 6 Distrik diantaranya, Distrik Karubaga, Nelawi, Wenak, Geya, Kuari dan Biuk yang ada di wilayah Karubaga.

Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Tolikara Marthen Kogoya mengatakan, dana bantuan kepada masyarakat atau disebut dengan dana desa, tetapi didalamnya ada dana BLT diperuntukan untuk penangulangan Stunting dan juga untuk ketahanan pangan di tingkat kampung.

"Pemerintah Daerah Kabupaten Tolikara secara resmi menyerahkan kepada seluruh 541 kampung atau desa, namun yang menerima perwakilan dari 8 kampung, yang terdiri dari 6 Distrik yang ada di wilayah satu karubaga dan sekitarnya." kata Marthen.

Setelah penyerahan ini, lanjut Marthen, akan diikuti oleh beberapa distrik dan kampung  yang ada di Kabupaten Tolikara.
"kami akan mendistribusikan sesuai dengan skyul penyaluran dana desa yang sudah disiapkan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung,”  katanya.



Pj Bupati Marthen menjelaskan, kenapa tahun ini pemkab Tolikara merubah pola untuk melakukan penyaluran dana desa, sebelumnya penyaluran dilakukan melalui bank BNI dan semua 541 kepala kampung menerima di bank tersebut.

Tetapi dengan berjalannya waktu, dan atas masukan saran dan juga keluhan-keluhan masyarakat kepada pemerintah daerah, terkait penggunaan dana di kampung tidak transparan, begitu terima di bank langsung menghilang,  sehingga tahun ini penyaluran dana kampung di setiap titik yang sudah ditentukan oleh pemerintah.

“Jadi disana kami sudah diarahkan para kepala distrik, kepala kampung, bendahara serta aparat kampung dan juga masyarakat untuk tetap standby dimana titik yang sudah ditentukan oleh pemerintah melalui dinas terkait,  dengan tujuan begitu menerima penyaluran dana kampung langsung bahwa ke kampung untuk menggunakan sesuai dengan program yang dibuat oleh masing-masing kampung,” jelasnya.

Menurutnya, dengan penyaluran seperti ini juga guna lebih mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, maka pemerintah mengambil langkah kongkret untuk melakukan penyaluran secara langsung kepada masyarakat di beberapa titik yang sudah ditentukan oleh pemerintah daerah.

“Sehinga kami berharap kepada 541 kepala kampung yang ada di kabupaten tolikara, dana ini dimanfaatkan sesuai dengan peruntukan atau program yang sudah dibuat di masing-masing kampung, agar dana kampung ini benar-benar dirasahkan oleh masyarakat kita,” tegasnya.



Ia menyebutkan, Dana Kampung ini adalah salah satu program yang dibuat oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. Yoko Widodo, dalam rangka menggerakkan ekonomi di tingkat kampung, sehingga angga pengangguran yang ada di kampung itu bisa menurun dan sejahtera, karena itu membuka lapangan kerja.

Dengan adanya dana desa ini ada kemandirian di kampung untuk membangun oleh kepala kampung dan seluruh perangkatnya, sehingga kabupaten tolikara dengan adanya dana desa ini banyak perubahan yang terjadi di tingkat kampung.

“Oleh sebab itu, kepada Bapak Presiden Terpilih Bapak Prabowo Subianto untuk melajutkan program ini agar masyarakat Indonesia sejaterah khususnya masyarakat tolikara papua pegunungan,” ungkapnya. (rilis)


BACA JUGA

Plt.Kadis PMK Tolikara Warning 541 Kepala Kampung Penerima Dana Desa

Selasa, 02 Juli 2024 | 10:00 WIB

Pemda Tolikara Bersama Kepolisian Siap Bersinergi Amankan Pilkada Damai 2024

Senin, 01 Juli 2024 | 14:34 WIB

Polda Papua Lakukan Pemeriksaan Penyalahgunaan Uang di Kabupaten Tolikara

Kamis, 30 Mei 2024 | 16:09 WIB

Kodim 1716/Tolikara Gelar Mitigasi Bencana Banjir dan Karya Bakti

Jumat, 08 Desember 2023 | 18:52 WIB
TERKINI

Pj Bupati Puncak Jaya Warning ASN Jangan Terlibat Judi Online

1 Hari yang lalu

Satgas Yon 115/ML Pamit, Pj Tumiran Sampaikan Terimakasih Telah Menjaga Kondusifitas Keamanan Puncak Jaya

1 Hari yang lalu

Sukses Gelar Pileg Pilpres di Papua Tengah, Pj Gubernur Diberi Penghargaan KPU RI

1 Hari yang lalu

Saling Serang Antar Warga Pecah di Kenyam Nduga, Tiga Orang Tewas

1 Hari yang lalu

Transaksi Kopi Papua pada World of Coffee Copenhagen Capai Rp1,45 Miliar

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com