MENU TUTUP

Pj Gubernur Papua Tengah Hadiri Peresmian Smelter PTFI oleh Presiden di Gresik

Selasa, 24 September 2024 | 11:54 WIB / Andi Riri
Pj Gubernur Papua Tengah Hadiri Peresmian Smelter PTFI oleh Presiden di Gresik Peresmian produksi smelter Gresik PT.Freeport Indonesia oleh Presiden Joko Widodo/Humas Papua Tengah

GRESIK, wartaplus.com - Penjabat Gubernur Papua Tengah, Dr. Ribka Haluk S.Sos.,MM menghadiri peresmian produksi dari fasilitas pengolahan dan pemurnian (smelter) milik PT Freeport Indonesia (PTFI) oleh Presiden Joko Widodo di Kawasan Ekonomi Khusus JIIPE, Gresik, Jawa Timur, Senin (23/09/2024).

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim pada sore hari ini saya resmikan produksi smelter PT Freeport Indonesia di Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur," kata Presiden Jokowi.

Hadir dalam peresmian Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Bahlil Lahadalia, Menteri Investasi Rosan Roeslani, Fahri Hamzah.

Juga hadir Pj Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Tony Wenas, Chairman of the Board Freeport Mc-Moran Richard Adkerson, serta President & CEO Freeport Mc-Moran Kathleen L. Quirk.

Presiden Jokowi menjelaskan bahwa proses negosiasi pembangunan smelter tersebut tidak mudah.

Namun setelah melalui perjalanan panjang, proyek smelter yang berdiri di atas lahan seluas lebih dari 100 hektare ini akhirnya rampung dan siap beroperasi.

Dikatakan Presiden,  keberadaan smelter ini merupakan bagian dari upaya Indonesia untuk mengolah sumber daya alamnya sendiri dan mengurangi ekspor bahan mentah. Dengan smelter ini, PT Freeport Indonesia mampu memurnikan 1,7 juta ton konsentrat tembaga dari Papua.

"Hitung-hitungan saya penerimaan negara masuk kira-kira Rp80 triliun dari PT Freeport Indonesia, baik berupa deviden, royalti, PPh badan, PPh karyawan, pajak untuk daerah, bea keluar, pajak ekspor semuanya kira-kira angkanya seperti itu. Ini angka yang sangat besar sekali," ungkap Presiden.

Bangga

Sementara itu, Penjabat Gubernur Ribka Haluk mengaku bangga dan sangat terkesan dengan diresmikannya industri hilirisasi smelter terbesar di dunia dan mulai beroperasi.

“Saya terkesan, industri hilirisasi smelter terbesar di dunia ini diresmikan langsung oleh Presiden Indonesia, Bapak Joko Widodo,” katanya, Senin (23/9/2024).

Menurut mama Gubernur, keberadaan smelter ini menjadi kebanggaan bagi masyarakat Papua bahwa konsentrat tembaga dari kawasan Tembagapura dikirim ke Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Ini adalah bentuk dukungan terhadap program hilirisasi yang ditetapkan pemerintah.

“Freeport di Timika berada di Provinsi Papua Tengah, maka bagaimana kita membangun kerja sama dan kolaborasi bersama yang baik untuk menyelesaikan berbagai masalah seperti pengangguran, kemiskinan ekstrem, dan penanggulangan stunting,” pungkasnya.(adv)


BACA JUGA

Pj Gubernur Ribka Haluk Lantik Pansel DPRK se-Provinsi Papua Tengah Periode 2024-2029

Jumat, 27 September 2024 | 21:45 WIB

Pemprov Papua Tengah Salurkan Bansos untuk Para Lansia dan Anak Terlantar

Jumat, 27 September 2024 | 21:41 WIB

Bappeda Puncak Jaya Gelar Kick Off Meeting Penyusunan KLHS RTRW 2024 - 2044

Jumat, 27 September 2024 | 06:52 WIB

Pj Gubernur Papua Tengah, Pimpin Rapat Penegasan Batas Wilayah Kabupaten Mimika, Dogiyai dan Deiyai

Kamis, 26 September 2024 | 11:35 WIB

Pj Gubernur Ribka Haluk Apresiasi Deklarasi Kampanye Damai Pilkada 2024 Papua Tengah

Kamis, 26 September 2024 | 07:23 WIB
TERKINI

MARI-YO Siap Kampanye, Namun Masih Menunggu Jadwal dari KPU Papua

11 Jam yang lalu

Kapolres Keerom Pimpin Upacara Pemakaman Brigpol Anumerta Kiki Supriyadi

22 Jam yang lalu

Pj Gubernur Ribka Haluk Lantik Pansel DPRK se-Provinsi Papua Tengah Periode 2024-2029

1 Hari yang lalu

Pemprov Papua Tengah Salurkan Bansos untuk Para Lansia dan Anak Terlantar

1 Hari yang lalu

Gugur Dalam Tugas, Briptu Kiki Supriyadi Diberikan Kenaikan Pangkat Luar Biasa

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com