MENU TUTUP

Ini Tiga Prioritas Penyelesaian Masalah RSUD Jayapura

Selasa, 26 Juni 2018 | 13:53 WIB / Andi Riri
Ini Tiga Prioritas Penyelesaian Masalah RSUD Jayapura Penjabat Gubernur Soedarmo didampingi Asisten II, Noak Kapisa dan perwakilan managemen RS saat menggelar pertemuan dengan karyawan RSUD Jayapura, Selasa (26/6)/Istimewa

JAYAPURA, - Penjabat Gubernur Papua, Soedarmo melakukan pertemuan dengan jajaran manajemen serta pegawai Rumah sakit umum daerah (RSUD) Jayapura, di aula rumah sakit, Selasa (26/6) pagi.

Dalam pertemuan tersebut, Soedarmo didampingi Plt. Direktur RSUD Jayapura, Anggiat Situmorang, Asisten II Noak Kapisa beserta sejumlah pimpinan OPD terkait.

"Selama ini persoalan di rumah sakit tidak pernah terselesaikan. Saya tadi sudah dapat berbagai masukan dari para pegawai rumah sakit dan managemen. Jadi ada yang memang menjadi ranahnya rumah sakit dan ada juga yang jadi ranahnya pemprov papua," ungkap Soedarmo kepada pers usai pertemuan.

Dia menegaskan, semua permasalahan akan segera ditindaklanjuti. Baik yang menjadi ranahnya rumah sakit (Plt segera tindak lanjuti) dan ranah Provinsi dimana pihaknya akan segera melakukan pertemuan untuk bisa segrea membantu kebutuhan rumah sakit milik pemerintah daerah Papua tersebut.

Masalah Prioritas

Soedarmo membeberkan, setidaknya ada tiga poin masalah yang menjadi prioritas penyelesaian, antara lain:

Prioritas Pertama; terkait ketersediaan obat obatan. Menurut dia, hal ini tidak bisa ditunda.

"Harusnya sudah diperhitungkan (ketersediaan obat) selama setahun. Kalau rumah sakit lain malah selama lima tahun sudah buat persiapan obat yang dibutuhkan, ternyata di rumah sakit dok 2 tidak demikian. Pengadaan masih dilakukan secara parsial (per bagian) sehingga akhirnya sering terjadi kekurangan stok obat," beber Soedarmo. 

Menurut dia, kedepan ini tidak boleh terjadi, sebab sangatlah miris jika seorang pasien yang membutuhkan obat segera namun harus menunggu karena tidak adanya ketersediaan obat.

"Pengadaan obat harus dilakukan secara benar sesuai mekanisme. Sebab selama ini terlihat masing masing bagian seenaknya sendiri dalam menyediakan obat. Karena belum adanya sistem pengadaan obat secara online,"tukasnya.

"Yah kedepan sistem online ini juga harus menjadi prioritas," imbuhnya.

Prioritas kedua adalah, persoalan air dan kebersihan. Dijelaskan Soedarmo, air menjadi persoalan karena selama ini terjadi kebocoran pipa saluran air yang mennyebabkan pasokan air ke rumah sakit terhambat dan belum diperbaikan

"Makanya kita prioritas pengadaan air sumur sekaligus memperbaiki saluran yang umumnya sudah tua sehingga gampang terjadi kerusakan,"jelasnya.

Lalu masalah kebersihan termasuk perbaikan sarana dan prasarana di rumah sakit dimana ini perlu melibatkan provinsi.

Prioritas ketiga, masalah pengamanan. Diakui Soedarmo ada ketidakberesan dalam masalah pengaman di rumah sakit jayapura.

"Saya sudah minta pengamanan satpol pp yang sekarang bertugas untuk ditarik. Saya juga minta dengan pejabat yang baru (plt direktur) untuk membenahi pengamanan. Jadi rumah sakit bukan tempat ngumpulnya orang orang yang gak jelas tetapi supaya semuanya harus tertib," tegasnya.

Insentif Pegawai

Sementara itu disinggung masalah insentif pegawai honor yang sudah 6 bulan belum dibayarkan? Soedarmo menegaskan akan segera diupayakan penyelesaiannya.

"Gaji honor 6 bulan gak dibayarkan, kenapa bisa begitu? ini pengaturan pelayanan SOP tidak berjalan, tugas pokok di masing masing bidang gak jalan. Ini harus dibenahi juga. Paling gak minggu depan saya akan cek kembali temuan temuan yang dilaporkan hari ini,"pungkasnya.*


BACA JUGA

Dokter Spesialis Kandungan RSUD Jayapura Berhasil Mengoperasi Pasien Tumor Mioma Uteri Seberat 5,67 Kg

Selasa, 05 Desember 2023 | 18:29 WIB

10 Rumah Sakit Pengampu Nasional Siap Dampingi Penanggulangan Penyakit Prioritas di Papua

Rabu, 22 November 2023 | 08:32 WIB

Jumlah Pasien Kanker yang Kemoterapi di RSUD Jayapura Meningkat, Sebulan Capai 100 Orang

Rabu, 22 November 2023 | 07:46 WIB

Kejati Papua Siap Amankan Pembangunan Bunker Gedung Radio Teraphy RSUD Jayapura, Bebas KKN

Senin, 16 Oktober 2023 | 19:24 WIB

Dinilai Prematur, PTUN Jayapura Tolak Gugatan Mantan Direktur RSUD Jayapura

Kamis, 14 September 2023 | 08:51 WIB
TERKINI

Ketua umum Persekutuan Gereja Gereja Kabupaten Jayapura: Paulus Waterpauw Gubernur Papua

8 Jam yang lalu

Pemprov Papua Tengah Berharap Segera Ada Solusi Penyelesaian Konflik Antar Warga di Nabire

14 Jam yang lalu

Advokat Pieter Ell Terpilih jadi Kuasa Hukum KPU RI

20 Jam yang lalu

Peringati Hari Otda ke-28, Pemprov Papua Siap Tindak Lanjuti Arahan Mendagri Terkait Ekonomi Hijau

1 Hari yang lalu

Jaksa Lakukan Eksekusi Putusan PN Jayapura Terkait Kasus Pemilu 2024

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com