MENU TUTUP
Pilgub Papua

Keberatan Pleno Hari Minggu, Tim Kampanye Papua Cerdas Lakukan Aksi Walk Out

Minggu, 08 Juli 2018 | 15:27 WIB / Andi Riri
Keberatan Pleno Hari Minggu, Tim Kampanye Papua Cerdas Lakukan Aksi Walk Out Sekertaris Tim Kampanye Papua Cerdas, Nathan Pahabol membacakan keberatan saat pleno rekapitulasi penghitungan suara di hotel Grand Abepura Jayapura, Minggu (8/7)/Andi Riri

JAYAPURA, - Tim Kampanye Papua Cerdas yang mengusung pasangan nomor urut 2, John Wempi Wetipo - Habel Melkias Suwae melakukan aksi walk out saat pleno rekapitulasi penghitungan suara Pemilihan Gubernur Wakil Gubernur Papua, yang berlangsung di hotel Grand Abepura, Jayapura, Minggu (8/7).

Dihadapan para peserta pleno, Sekertaris Tim Papua Cerdas, Nathan Pahabol meminta dengan tegas agar pleno rekapitulasi ditunda dengan sejumlah alasan antara lain, pleno yang dilaksanakan hari Minggu merupakan hari untuk beribadah kepada Tuhan bagi seluruh umat kristiani. Selain itu karena ada sejumlah Kabupaten yang belum melakukan pleno rekapitulasi seperti kabupaten Mimika dan Jayawijaya.

"Kita tidak inginkan pleno ditunda. Tapi sebagai umat kristen yang beriman hari minggu adalah hari untuk beribadah, dan kita harus hargai itu," kata Nathan.

Sejumlah Pelanggaran

Dia mengungkapkan, tim kampanye Papua Cerdas pada prinsipnya menghargai dan memberikan apresiasi kepada jajaran KPU dan Bawaslu yang telah melaksanakan seluruh tahapan pilgub termasuk agenda pleno rekapitulasi penghitungan suara.

Meski begitu, anggota parlemen Papua dari partai Gerindra ini juga membeberkan sejumlah pelanggaran dan kecurangan yang ditemukan timnya selama proses pemungutan hingga penghitungan suara mulai tingkat PPS, PPD hingga rekapitulasi tingkat kabupaten. Termasuk tindakan kekerasan yang dilakukan oleh aparat Kepolisian terhadap saksi dari tim Papua Cerdas.

"Pengaduan tertulis akan kami sampaikan dan berharap segera diproses guna mendukung penyelesaian setiap masalah yang terjadi secara arif dan bijksana. Saat ini kita tengah mengumpulkan bukti bukti pelanggaran yang terjadi di lapangan,"bebernya.

Nathan menambahkan, jika keberatan pihaknya tidak ditanggapi maka pihaknya hanya akan hadir pada pleno rekapitulasi penghitungan suara kabupaten yang tidak bermasalah. 

Usai menyampaikan keberatannya Nathan Pahabol dan tim langsung meninggalkan ruangan pleno.

Jalur Hukum

Menanggapi keberatan dari tim Kampanye Papua Cerdas, Ketua KPU Papua, Theodorus Kossy menegaskan, pihaknya bersama Bawaslu telah menyepakati untuk tetap melanjutkan pleno rekapitulasi penghitungan suara.

"Jika ada keberatan silahkan ajukan keberatan tersebut sesuai jalur hukum yang berlaku,"tegasnya.

Pembukaan Pleno penghitungan suara diikuti oleh para Komisioner KPU dan Bawaslu seluruh kabupaten kota se-Papua serta dihadiri Kapolda Papua, Irjen Pol Boy Rafly Amar, Kasdam Cenderawasih, Brigjen TNI I Nyoman Cantiasa.

Pilkada Gubernur Papua diikuti oleh dua pasangan calon yakni pasangan petahana Lukas Enembe - Klemen Tinal (nomor urut 1) dan Jhon Wempi Wetipo - Habel Melkias Suwae (nomor urut 2).*


BACA JUGA

Pleno Penghitungan Suara Pemilu Paniai Diwarnai Interupsi Bahkan Nyaris Ricuh

Senin, 13 Mei 2019 | 03:20 WIB

Sah, Lukas Enembe - Klemen Tinal Kembali Pimpin Papua untuk Periode Kedua

Senin, 13 Agustus 2018 | 10:38 WIB

Ini Pesan Partai Nasdem Bagi Lukmen yang Menang Pilgub Papua

Sabtu, 14 Juli 2018 | 17:56 WIB

Pasangan JOSUA Resmi Ajukan Gugatan Hasil Pilgub ke MK

Kamis, 12 Juli 2018 | 04:37 WIB

Kenakan Pita Hitam di Kepala, Koalisi Papua Cerdas Tolak Hasil Pilgub Papua

Rabu, 11 Juli 2018 | 17:00 WIB
TERKINI

Tak Tahan Dikejar Polisi, Oknum ASN Pelaku Asusila di Jayapura Akhirnya Menyerahkan Diri

1 Jam yang lalu

Maret 2024, Tercatat 1,1 Juta Transaksi QRIS di Papua dengan Total Nominal Capai 181 Miliar

1 Jam yang lalu

Menaker Apresiasi PKB Manajemen dan Serikat Pekerja PT Freeport Indonesia

2 Jam yang lalu

Ketua umum Persekutuan Gereja Gereja Kabupaten Jayapura: Paulus Waterpauw Gubernur Papua

16 Jam yang lalu

Pemprov Papua Tengah Berharap Segera Ada Solusi Penyelesaian Konflik Antar Warga di Nabire

21 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com