MENU TUTUP

Dishut Papua Barat Siap Menjadi Saksi Ahli Buat Polda Papua Barat

Selasa, 07 Agustus 2018 | 17:25 WIB / Albert
Dishut Papua Barat Siap Menjadi Saksi Ahli Buat Polda Papua Barat Kepala Dinas Kehutanan Papua Barat, Hendrik Runaweri/Albert

MANOKWARI,- Sikapi adanya penangkapan sejumlah kayu olahan dalam bentuk industri oleh pihak perusahaan di wilayah Papua Barat, khususnya di Kabupaten Teluk Bintuni yang diamankan oleh pihak Polda Papua Barat, dinas kehutanan siap menjadi saksi atau saksi ahli.

Selain Bintuni, juga ada kayu di wilayah Kaimana, Fakfak, Sorong, Raja Ampat, Wondama,  Manokwari dan Manokwari Selatan. Semuanya masuk dalaam pengawasan Dinas Kehutanan Papua Barat, terutama izin produksi.

Setiap perusahaan wajib mengantongi ijin, sebab kalau tidak memilki ijin produksi kayu olahan, dikategorikan masuk dalam pidana, sehingga polisi disilakan lakukan penyidikan dan dinas kehutanan siap menjadi saksi.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Papua Barat Hendrik Runaweri menagakui bahwa saat ini Polda Papua Barat sedang mengamankan sejumlah kubikasi kayu, dan sementara dalam penyelidikan penegak hukum.

Rumaweri menjelaskan, kayu yang diamankan Polda di Bintuni langsung ditangani, sedangkan pihak Kehutanan hanya dipanggil sebagai saksi ahli. Namun tindaklanjut belum dipanggil.

“Kalau masalah kayu yang diamankan Polda Papua Barat berkaitan dengan pelanggaran pidana maka langsung ditangani Penyidik Polda, sedangkan kalau kesalahan administrasi maka berurusan dengan dinas kehutanan,” kata Runaweri, Selasa (7/8).

Lanjut Runaweri, kehutanan memiliki Balai Gakum, di dalamnya ada penyidik pegawai negeri sipil, namun bagaimanapun dinas kehutanan akan bertindak sebagai saksi atau bisa menjadi saksi ahli untuk memberikan keterangan kepada penyidik Polda apabila dibutuhkan.

Sampai saat ini dinas kehutanan melakukan pengawasan kepada perusahaan yang produksi kayu di wilaya Papua Barat. Pasalnya kalau dinas kehutanan telah mengetahui ada kasus kayu yang ditangani polisi, maka dinas tidak campuri dan bersifat menjadi saksi. *


BACA JUGA

Dishut Papua Barat akan Lakukan Penataan Pohon Sepanjang Jalan Utama Manokwari

Selasa, 17 Maret 2020 | 17:30 WIB

Polisi Ringkus Oknum Mahasiswa Saat Transaksi Ganja di Manokwari

Selasa, 11 Februari 2020 | 07:51 WIB

Bocah 6 Tahun Dilaporkan Hilang Diatas KM Nusantara 81

Selasa, 04 Februari 2020 | 15:48 WIB

Sebanyak 868 Personil Gabungan Diterjunkan Amankan Puncak Hari Pekabaran Injil

Selasa, 04 Februari 2020 | 12:34 WIB

Sambut HPN 2020, Eksebisi Futsal Wakapolda vs Wartawan Papua Barat

Minggu, 02 Februari 2020 | 14:17 WIB
TERKINI

Pemprov Papua Dukung Audit Rinci LKPD 2023, Kepala OPD Diminta Siapkan Data

8 Jam yang lalu

Respon Cepat Pemprov Papua Tengah dan PJN Nabire Atasi Longsor di Jalan Trans Paniai

9 Jam yang lalu

Ketua TP-PKK Puncak Jaya Resmi Dilantik Sebagai Ketua Pembina Posyandu

10 Jam yang lalu

Perempuan Tangguh di Garda Terdepan Pertambangan PTFI

12 Jam yang lalu

Seorang Warga Meninggal Dunia saat Bantu Evakuasi Kapal Karam di Perairan Sarmi

16 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com