MENU TUTUP

Gubernur Tidak Hadiri Sidang Paripurna Non-APBD, Sidang Tegang, Ketua Fraksi Otsus Ribut

Selasa, 04 September 2018 | 16:22 WIB / Albert
Gubernur Tidak Hadiri Sidang Paripurna Non-APBD, Sidang Tegang, Ketua Fraksi Otsus Ribut  Suasana sidang Paripurna Istimewa DPR Papua Barat sebelum sempat tegang pada saat sidang berlangsung/Albert

MANOKWARI,- Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan tidak menghadiri sidang Paripurna Istimewa DPR Papua Barat pada Non-APBD 2018 dengan agenda mendengar tanggapan Pempov tentang 8 Raperdasus dan Raperdasi, inisiatif DPR maupun usulan Pemprov Papua Barat.

Padahal Senin (3/9) kemarin, Paripurna DPR Papua Barat telah menyerahkan Raperdasus dan Raperdasi tersebut pada sidang Non-APBD 2018 kepada pemprov.

Selasa (4/9) sore ini, kembali diagendakan paripurna istimewa untuk mendengar tanggapan kedelapan Raperda tersebut. Seyogianya DPR berharap dihadiri oleh Gubernur agar bersama-sama mendengar bagaimana keberlanjutan pembahasannya.

Namun pantauan wartaplus.com di ruang utama sidang DPR Papua Barat, setelah skor sidang dicabut oleh ketua DPR Papua Barat Pieters Kondjol, Fraksi Otsus DPR Papua Barat serta merta menarik diri keluar ruang utama sidang dengan alasan Gubernur Papua Barat tidak hadir.

Kemudian pimpinan kembali skors sidang sekitar 20 menit lantaran Fraksi Otsus tidak sepakat. Tak lama kemudian, meski tidak ada kata sepakat, sidang tetap dilanjutkan oleh ketua DPR.

Selang beberapa waktu, ruang sidang kembali tegang setelah Ketua Fraksi Otsus Yan Anton Yoteni yang kembali masuk ke dalam ruangan dan lakukan protes sambil menunjuk tangan kepada unsur pimpinan agar menghentikan sidang hingga menunggu kepastian kehadiran Gubernur, Sekda ataupun asisten.

Padahal raperda yang akan dibahas lebih lanjut sangat urgen bagi keberpihakan masyarakat adat Papua Barat, sehingga memang harus didengar oleh pengambil kebijakan.

Meski terjadi perdebatan dan sempat tegang, pimpinan tetap melanjutkan paripurna dan mendengar tanggapan fraksi-fraksi pada sidang Non-APBD Papua Barat 2018 tanpa dihadiri Gubernur. Sedangkan pimpinan OPD Pemprov Papua Barat seluruhya hadir pada agenda tersebut. *


BACA JUGA

Hanura: Peta Politik Papua Berubah

Paulus Waterpauw Jadi Kandidat Terkuat Gubernur Papua

Selasa, 30 April 2024 | 06:42 WIB

Paulus Waterpauw Punya Prestasi Membanggakan di Pemerintahan dan Partai Golkar

Senin, 29 April 2024 | 14:54 WIB

Ribka Haluk Berikan Pujian Khofifah Parawansa yang Terima Penghargaan Satyalancana dari Presiden

Kamis, 25 April 2024 | 15:02 WIB

Menuju Papua Satu, Ini Catatan Sejarah Paulus Waterpauw

Kamis, 25 April 2024 | 14:44 WIB

Anak Asli Papua Terbaik Bisa Maju Sebagai Cagub

Senin, 22 April 2024 | 20:18 WIB
TERKINI
Hanura: Peta Politik Papua Berubah

Paulus Waterpauw Jadi Kandidat Terkuat Gubernur Papua

6 Jam yang lalu

Pj Bupati Puncak Jaya Serahkan Kendaraan Dinas Operasional Satpol PP

20 Jam yang lalu

Paulus Waterpauw Punya Prestasi Membanggakan di Pemerintahan dan Partai Golkar

22 Jam yang lalu

Paulus Waterpauw Untuk Papua Satu, Nitezen Kobarkan Semangat Menangkan Kaka Besar

23 Jam yang lalu

Melihat Upaya Pemerintah Dalam Meningkatkan Ekonomi Nelayan di Papua

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com