MENU TUTUP

Yoteni Apresiasi STIH Manokwari Atas Launching Buku Hukum Adat Wondama

Selasa, 23 Oktober 2018 | 18:15 WIB / Albert
Yoteni Apresiasi STIH Manokwari Atas Launching Buku Hukum Adat Wondama Anggota DPRD Papua Barat Fraksi Otsus Yan Anton Yoteni/Albert

MANOKWARI,- Tim peneliti Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Manokwari berhasil melaunching buku adat suku-suku Teluk Wondama. Pemberian buku hukum adat itu diserahkan setelah rapat senat wisuda 142 Sarjana hukum STIH Manokwari, Selasa (23/10).

Mewakili seluruh masyarakat adat di Teluk Wondama, Yan Anton Yoteni memberikan apresiasi kepada tim peneliti hukum STIH Manokwari, karena telah menyelesaikan penelitian hukum adat Teluk Wondama.

Ketua Fraksi Otsus DPR Papua Barat ini menjelaskan bahwa, menyelesaikan penelitian hukum adat suku, terkhusus Teluk Wondama membutuhkan tenaga, waktu, kesabaran, biaya dan nyawapun dipertaruhkan demi menyelesaikan penelitian ini.

Menurut Yoteni, buku yang berjumlah 693 halaman dengan tebal 4 cm itu mengisi tentang historis suku-suku adat Wondama. Artinya semua yang telah dilupahkan oleh generasi saat ini di Wondama telah digali melalui penelitian ini dan telah dicatat untuk kemudian akan diingat selamanya.

Di sisi lain buku hukum adat ini akan menjadi mata pelajaran lokal di sekolah dikemudian hari. Selain itu buku adat ini akan bermanfaat untuk digunakan pemerintah Wondama sebagai catatan sejarah.

"Apresiasi kepada STIH Manokwari karena sudah membantu masyarakat Wondama menyelesaikan buku hukum adat, sebab hal ini sangat penting," ungkap Yoteni.

Selain buku hukum adat Wondama membuka kembali sejarah suku-suku Wondama, juga memberikan pemahaman tentang peninggalan Wondama, seperti anting dan gelang yang terbuat dari besi putih dan lama disimpan, tetapi melalui penelitian ini peninggalan itu disampaikan kepada tim peneliti untuk dicatat ke dalam buku ini.

Kata dia, selain buku adat hukum Wondama, tim peneliti STIH Manokwari juga berhasil menyelesaikan buku hukum adat suku Arfak.

Oleh karena itu, tambah Yoteni, kedepan STIH Manokwari dibantu oleh pemerintah agar menbantu menyelesaikan penelitian semua suku-suku adat yang tersebar di Papua Barat. *


BACA JUGA

Bupati Demas Hadiri Acara Ramah Tamah Wisudawan STIH Manokwari

Rabu, 16 Oktober 2019 | 21:22 WIB

Buka Kegiatan Musorma BEM dan DPM STIH, Ini Pesan Khusus Ketua STIH Manokwari

Senin, 10 Desember 2018 | 17:44 WIB

PMK STIH Manokwari Selamatkan 14 Anak Papua dari Lem Aibon

Jumat, 09 November 2018 | 18:42 WIB

Bupati Resmikan Gedung Mambruk Kampus Merah STIH Manokwari

Jumat, 09 November 2018 | 17:31 WIB

BNN-PB Kampanye Bebas Narkoba di STIH Manokwari, 40 Mahasiswa Tes Urine

Kamis, 08 November 2018 | 14:08 WIB
TERKINI

Advokat Pieter Ell Terpilih jadi Kuasa Hukum KPU RI

10 Jam yang lalu

Peringati Hari Otda ke-28, Pemprov Papua Siap Tindak Lanjuti Arahan Mendagri Terkait Ekonomi Hijau

1 Hari yang lalu

Jaksa Lakukan Eksekusi Putusan PN Jayapura Terkait Kasus Pemilu 2024

1 Hari yang lalu

Yumiron : Mahasiswa Harus Berikan Contoh Dalam Menjaga Kamtibmas

1 Hari yang lalu

Tryout UTBK SNBT 2024 Ilmupedia dan Ruangguru, Kerjasama Telkomsel dan Kuncie untuk Pelajar Papua

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com