MENU TUTUP

Bongkar Kawat Tembok, 11 Napi di Wamena Kabur

Sabtu, 03 November 2018 | 07:56 WIB / Cholid
Bongkar Kawat Tembok, 11 Napi di Wamena Kabur Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal/wartaplus

JAYAPURA,- Sebelas Narapidana Lembaga Permasyarakatan Klas II B Wamena, kabur usai membongkar kawat tembok menggunakan alat tajam, Jumat (2/11) sore.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal menuturkan, ke 11 narapidana kabur setelah sebelumnya membongkar gembok gudang bengkel yang terletak di dalam Lapas dan mengambil beberapa alat berupa linggis, parang, tangga dan beberapa alat pekerja bangunan lainnya.

"Narapidana tersebut menuju salah satu sudut Lapas dan membuka pagar kawat lapas dengan menggunakan alat tajam berupa gunting kawat dan parang kemudian mengeluarkan tangga dan keluar dari tembok bagian barat," ujarnya, Jumat (2/11) malam.

Lanjut Kamal, petugas lapas yang mengetahui aksi tersebut langsung berusaha menghentikan dengan mengeluarkan tembakan peringatan, alhasilnya narapidana lainnya pun tidak sempat melarikan diri dan masuk dalam barak.

"Pegawai Lapas yang mengetahui peristiwa tersebut melalui CCTV berusaha mengejar Narapidana yang keluar dari tembok dan mengeluarkan tembakan peringatan untuk menghadang tahanan yang ingin keluar. Mendengar suara tembakan, narapidana lainnya kembali masuk ke ruang tahanan," jelasnya.

Kata Kamal, setelah mendapat laporan, anggota Polres Jayawijaya langsung bergerak ke Lapas Klas II B Wamena dan selanjutnya mendampingi petugas Lapas untuk mengecek Narapidana yang lari dari ruang tahanan.

"Setelah mengetahui identitas Narapidana yang melarikan diri, selanjutnya anggota mencari Narapidana yang melarikan diri di Seputaran Kota Wamena," tuturnya.

Ia pun menambahkan sampai dengan saat ini Polres Jayawijaya terus melakukan upaya pengejaran dengan menjaga beberapa lokasi lintas Daerah termasuk bandara Wamena guna mengantisipasi para Narapidana kabur keluar dari Wamena.

Kamal pun menghimbau kepada ke 11 napi yang kabur dapat agar segera menyerahkan diri dan kepada keluarga serta seluruh masyarakat yang mengetahui keberadaan para Narapidana agar melapor/menginformasikan ke petugas Lapas Klas II B Wamena atau ke Kantor Polisi.

Identitas ke 11 Narapidana kabur antara lain yakni;

1.            Wenas Paragaje

2.            Jibanus Kogoya (Kesusilaan)

3.            Wenien Wenda (pembunuhan)

4.            Yanes Kogoya; (Kasus Pencurian);

5.            Andius Wantik (Pencurian)

6.            Yongki Hilapok (Pencurian)

7.            Welius Wenda (pembunuhan,)

8.            Merius Kogoya;

9.            Menius Wenda ( Kesusilaan)

10.          Warles Meaga (Kasus Pencurian);

11.          Amison Melambu (pembunuhan)


BACA JUGA

TERKINI

Layanan Kas Keliling di Distrik Terpencil Asmat, Serap Hampir Rp3 Miliar Uang Tidak Layak Edar

9 Jam yang lalu

Paulus Waterpauw Maju Gubernur Papua, Tim Pemenang Ambil Formulir di 7 Parpol

14 Jam yang lalu

Tingkatkan Mutu Pelayanan, RSUD Mulia Gelar Pelatihan Perawatan Luka Modern

17 Jam yang lalu

Puncak Jaya Launching Aplikasi JDIH, Pj Sekda: Ciptakan Pelayanan Lebih Mudah

17 Jam yang lalu

Ribuan Pendaftar di Program Pelatihan Institut Pertambangan Nemangkawi

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com