MENU TUTUP

10 Tahun Masyarakat Distrik Balingga Menderita di Bawah Teror KKB

Kamis, 15 November 2018 | 15:16 WIB / Cholid
10 Tahun Masyarakat Distrik Balingga Menderita di Bawah Teror KKB Sekretaris Daerah Kabupaten Lanny Jaya Christian Sohilait/Istimewa

JAYAPURA,- Naas dan tragis nasib masyarakat di Distrik Balingga Kabupaten Lanny Jaya yang hidup serba kekurangan dan jauh dari jangkauan, tidak membuat Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Purom Wenda merasa iba dan kasihan. Kurang lebih selama 10 tahun terakhir ini, tidak terhitung berapa banyak Babi mereka diambil, anak perempuan mereka diganggu, alat berat mereka dibakar, bahkan dana desa yang mereka dapat dari pemerintah pusat juga  dirampas.

hal tersebut itu diutarakan Sekretaris Daerah Kabupaten Lanny Jaya Christian Sohilait, Rabu (14/11) kemarin saat dihubungi.

Kata Christian, Distrik Baliingga kabupaten Lanny Jaya selama ini dididuga sebagai daerah yang dekat dengan lokasi persembunyian KKB kelompok Purom Wenda, namun  masyarakat yang berani melapor, ditambah akses jalan yang cukup sulit membuat aparat kemanan tidak bisa masuk dan melakukan penegakan hukum terhadap kelompok tersebut.

Lebih lanjut Chirtian Sohilait menyampaikan jika Pemda Lanny Jaya bersama sama dengan kepala kepolisian daerah Papua sudah mengecek langsung keadaan masyarakat di wilayah tersebut, selain memberikan bantuan dan pengecekan kesehatan, dirinya menemui langsung Para tokoh masyarakat yang berada disana dan mendengar keluh kesah masyarakat belingga. Selain itu juga dirinya mengharapkan dengan kehadiran dari aparat keamanan di Distrik Balingga masyarakat setempat dapat membangun komunikasi agar terjalin kerjasama yang baik untuk memberikan keamanan dan kenyamanan.

Dirinya pun menambahkan, Pemerintah daerah bersama dengan pihak keamanan pun sudah mempersiapkan langkah langkah kongkrit selanjutnya agar upaya penegakan hukum kepada KKB pimpinan Purom wenda dapat diselesaikan secara tuntas.  Dirinya juga mengajak dan menghimbau agar masyarakat di luar Kabupaten Lanny Jaya tidak ikut memperkeruh situasi dengan memberikan informasi dan berita bohong terkait keadaan di Lanny Jaya apalagi memberikan dukungan kepada KKB di Lanny Jaya.

"Jangan teman - teman yang ada di daerah aman terus memberikan ruang dan dukungan bagi KKB sehingga membuat kami di Lanny Jaya sini yang akhirnya jadi korban. Kalaupun juga ada yang mengatakan bahwa terjadi penyerangan di Lanny Jaya, silakan sampaikan kepada saya penyerangannya dimana? Situasi Lanny Jaya aman dan kami pemerintah daerah menjamin itu," tutup Cristian. *


BACA JUGA

TERKINI

Ketua umum Persekutuan Gereja Gereja Kabupaten Jayapura: Paulus Waterpauw Gubernur Papua

1 Jam yang lalu

Advokat Pieter Ell Terpilih jadi Kuasa Hukum KPU RI

13 Jam yang lalu

Peringati Hari Otda ke-28, Pemprov Papua Siap Tindak Lanjuti Arahan Mendagri Terkait Ekonomi Hijau

1 Hari yang lalu

Jaksa Lakukan Eksekusi Putusan PN Jayapura Terkait Kasus Pemilu 2024

1 Hari yang lalu

Yumiron : Mahasiswa Harus Berikan Contoh Dalam Menjaga Kamtibmas

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com