MENU TUTUP

Begini Harapan HIPMI Papua Pada Pelantikan Bupati Paniai

Minggu, 25 November 2018 | 12:07 WIB / Andi Riri
Begini Harapan HIPMI Papua Pada Pelantikan Bupati Paniai Ketua HIPMI Papua, H.Dasril Sahari bersalaman dengan Gubernur Papua, Lukas Enembe saat tiba di bandara Enarotali, Paniai, Jumat (23/11)/ Andi Riri

Enarotali, - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Provinsi Papua berharap dengan dilantiknya Meky Nawipa sebagai Bupati Kabupaten Paniai dan Oktovianus Gobay sebagai Wakil Bupati periode 2018- 2023, dapat tercipta lapangan pekerjaan yang baru dengan memberdayakan masyarakat lokal, menciptakan banyak entrepreneur (pengusaha) baru (terutama pengusaha asli Papua)  yang dapat membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat.

Ketua HIPMI Papua, H.Dasril Sahari  kepada wartaplus.com di sela sela acara pelantikan Bupati di Enarotali, Ibukota Kabupaten Paniai, Jumat (23/11) lalu mengatakan, Kabupaten Paniai memiliki sumber daya alam (SDA) yang sangat luar biasa diantaranya di sektor perkebunan, pertanian, perikanan dan juga pertambangan.

"(SDA) disini sangat luarbiasa, sangat disayangkan jika sda ini justru tidak mampu dikelola dimanfaatkan dengan baik untuk peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat," ujar Dasril yang juga berprofesi sebagai pengusaha tambang ini.

Dia mencontohkan seperti perkebunan kopi  lalu di sektor perikanan ada udang selingkuh yang berasal dari danau Paniai yang kabarnya lebih gurih dibanding udang selingkuh dari sungai baliem, Wamena- Jayawijaya.

Lalu di sektor tambang, sebut Dasril di kawasan Degeuwo terdapat tambang emas yang dikelola secara tradisional oleh masyarakat setempat

"Kalau ini dikembangkan tentunya dapat meminimalisir ketergantungan PAD terhadap APBD dan APBN

Sinergitas

Dasril berharap ke depan harus ada sinergitas antara pemerintah dan pihak swasta untuk bagaimana mengelola SDA ini dengan baik sehingga dapat membuka ekonomi baru

"Kita harap ada investasi yang masuk di Kabupaten Paniai. Sebab tanpa ada investasi, maka daerah itu bisa dipastikan sulit untuk berkembang. Sebab mayoritas pendapatan asli daerah (PAD) karena kontribusi dari pelaku usaha dan juga karena adanya investasi," harapnya.

"Harapan  kami di HIPMI, di pemerintahan yang baru mampu memberikan daya tarik tersendiri untuk bagaimana membangkitkan ekonomi baru," harapnya lagi.

Peningkatan Infrastruktur

Di kesempatan itu HIPMI juga mendorong agar adanya peningkatan infrastruktur bandara mengingat Paniai bisa dikatakan sebagai sentral penerbangan ke sejumlah daerah pemekaran semisal kabupaten Intan Jaya, Deyai dan Dogiyai

Kabupaten Paniai juga diibaratkan sebagai miniaturnya Indonesia. Sebab dihuni oleh orang dari  berbagai suku  bangsa.

"Semua suku masyarakat  ada disini, potensi alamnya cukup menjanjikan. Tentunya ini kesempatan untuk membuka lapangan pekerjaan yang baru bagi seluruh masyarakat yang mendiami daerah ini," katanya.

Tak lupa Dasril mewakili para pengusaha muda Papua menyampaikan selamat atas dilantiknya Meky Nawipa dan Oktovianus Gobay sebagi Bupati Wakil Bupati kabupaten Paniai periode 2018 -2023

"Kami menyampaikan ucapan selamat atas pelantikan ini. Semoga Bupati dan Wakil Bupati selalu diberkati Tuhan dalam setiap tugasnya, dan senantiasa menjadi pemimpin yang dicintai oleh seluruh rakyatnya," ucapnya.


BACA JUGA

TERKINI

Jaksa Lakukan Eksekusi Putusan PN Jayapura Terkait Kasus Pemilu 2024

9 Menit yang lalu

Yumiron : Mahasiswa Harus Berikan Contoh Dalam Menjaga Kamtibmas

4 Jam yang lalu

Tryout UTBK SNBT 2024 Ilmupedia dan Ruangguru, Kerjasama Telkomsel dan Kuncie untuk Pelajar Papua

6 Jam yang lalu

Satu Anggota OPM Penyerang Posramil Kisor Maybrat Menyerahkan Diri

7 Jam yang lalu

Ribka Haluk Berikan Pujian Khofifah Parawansa yang Terima Penghargaan Satyalancana dari Presiden

22 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com