MENU TUTUP

Ini Tujuan Diplomat Sesparlu Kunjungi Perbatasan Papua - PNG

Rabu, 05 Desember 2018 | 19:11 WIB / Andi Riri
Ini Tujuan Diplomat Sesparlu Kunjungi Perbatasan Papua - PNG Para Diplomat Sesparlu saat melakukan pertemuan dengan Pemerintah Papua yang dalam hal ini diwakili oleh Asisten Bidang Perekonomian Kesejahteraan Setda Papua, Noak Kapisa di ruang kerja Sekda, Rabu (5/12)/Andi Riri

JAYAPURA,- Sejumlah Diplomat senior dari Sekolah Staf dan Pimpinan Kementerian Luar Negeri (Sesparlu) mengunjungi perbatasan Papua - Papua Nugini (PNG) di Skow Wutung Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Rabu(5/12). Dari kunjungan tersebut, mereka mengaku bangga melihat wajah perbatasan. Dimana telah dibangun Pos Lintas Batas Negara (PLBN) yang cukup besar dan megah sehingga membuat citra positif kepada negara tetangga.

Direktur Sesparlu, June Kuncoro Hadiningrat menuturkan, seluruh wilayah perbatasan Indonesia termasuk di Papua menjadi perhatian diplomasi.

"Kebetulan kami hari ini ke wilayah Timur karena ada kepentingan dan prioritas Kemenlu yakni merangkul teman-teman dari negara sahabat di Pasifik," ujarnya kepada pers usai bertemu pemerintah provinsi Papua, di kantor Gubernur Dok II Jayapura, Rabu (5/12)

 

Dikatakan, Sesparlu merupakan pendidikan berjenjang diplomat tertinggi yang pada prinsipnya sebagai pelaku diplomasi perlu untuk mengetahui perkembangan terakhir di Papua.

"Secara umum kerjasama dan kunjungan kami sudah dilakukan, karena diplomat senior berasal dari berbagai unit di Kementerian Luar Negeri, bahkan mereka juga menjalanankan tugas-tugas bilateral di PBB dan organisasi internasional lainnya. Jadi ini kesempatan baik sekaligus memberikan mereka kesempatan untuk melihat langsung apa yang terjadi di Papua dan bisa diketahui langsung dinamika di Bumi Cenderawasih," kata Kuncoro.

Tugas Diplomat

Dia menjelaskan, salah satu tugas diplomat adalah menjaga kedaulatan NKRI dan sudah menjadi hal yang sewajarnya mengetahui situasi sebenarnya di perbatasan. Sebab, sejalan dengan prinsip-prinsip tugas Sesparlu jika ingin mengetahui atau mendiskusikan sesuatu hal, maka harus mengetahui kondisi riil di lapangan.

"Ini merupakan program yang bisa memperkuat kapasitas kami sebagai diplomat senior," terangnya.

Sementara itu, Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Papua, Noak Kapisa yang dalam pertemuan tersebut dampingi Kepala BPKLN, Suzana Wanggai dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Elias Wonda mengaku,  pihaknya sudah memaparkan soal kondisi Papua di segala bidang kepada Sesparlu. Karena mereka akan mewakili Papua di luar negeri sebagai diplomat, dengan harapan bisa memberikan penjelasan yang sebenar-benarnya soal kondisi Papua.

"Papua dengan Papua Nugini dari segi keamanan, budaya dan ekonomi sedang di galakkan dengan membangun kerjasama di sektor ekonomi dan budaya," akunya.

Adapun kerjasama tersebut akan dimulai dengan kerjasama bidang pertanian dan peternakan. Karena kedua potensi tersebut sangat bagus guna meningkatkan kerjasama dan kehidupan perekonomian di dua negara. *


BACA JUGA

Selundupkan Ganja 11 Kg, Tiga WNA Asal PNG Terancam Hukuman Mati

Rabu, 22 Februari 2023 | 18:12 WIB

Seorang Nenek dan Dua Cucunya Tewas Dalam Kebakaran di Holtekam

Rabu, 27 April 2022 | 20:13 WIB

Sampah Menumpuk di Pasar Skow, Waterpauw: Ngeri Sekali Lihat Sampah Ini

Rabu, 27 Oktober 2021 | 20:39 WIB
Hut RI ke-76

Polsek Muara Tami Pasang Bendera Merah Putih di Pasar dan Bagi Masker

Rabu, 11 Agustus 2021 | 18:46 WIB

KO’GAS  Peringati Hari Pahlawan dalam Kebersamaan dan Keberagaman

Senin, 09 November 2020 | 10:38 WIB
TERKINI

Tak Tahan Dikejar Polisi, Oknum ASN Pelaku Asusila di Jayapura Akhirnya Menyerahkan Diri

17 Jam yang lalu

Maret 2024, Tercatat 1,1 Juta Transaksi QRIS di Papua dengan Total Nominal Capai 181 Miliar

18 Jam yang lalu

Menaker Apresiasi PKB Manajemen dan Serikat Pekerja PT Freeport Indonesia

18 Jam yang lalu

Ketua umum Persekutuan Gereja Gereja Kabupaten Jayapura: Paulus Waterpauw Gubernur Papua

1 Hari yang lalu

Pemprov Papua Tengah Berharap Segera Ada Solusi Penyelesaian Konflik Antar Warga di Nabire

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com