MENU TUTUP

Hingga Senin Pagi, Jumlah Pengungsi ' Wamena Berdarah' yang Tiba di Jayapura Berjumlah 3.213 Orang

Senin, 30 September 2019 | 08:41 WIB / Andy
Hingga Senin Pagi, Jumlah Pengungsi ' Wamena Berdarah' yang Tiba di Jayapura Berjumlah 3.213 Orang Para pengungsi tampak mengantri untuk naik ke pesawat hercules di Bandara Wamena/ Andy

JAYAPURA-Jumlah warga yang eksodus dari Wamena ke Jayapura terus meningkat, hingga Senin pagi mencapai 3.213. Ribuan warga ini tiba di Base Ops lanud Silas Papare Jayapura menggunakan 2 peswat hercules milik TNI Angkatan Udara.

Kapentak Lanud Silas Papare, Mayor Sus Rindar Noor A, mengatakan, ribuan warga yang tiba di base ops langsung dijemput oleh keluarga dan kerabat yang ada di Sentani maupun Jayapura.

“Rata-rata yang tiba dijemput oleh keluarga dan kerabat, sementara ada 658 orang yang memang tidak memiliki kerabat untuk sementara ditampung di lima lokasi yang kami siapkan,” katanya kepada wartawan di Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (30/9) pagi.

Para pengungsi yang hendak berangkat ke Jayapura/Andy

“Untuk Posko Lanud Silas Papare ada 100 orang, posko Yonif 751/Rider menampung 172 orang, posko gedung serbaguna Tabita 160 orang, Musholla Al Taqwa Sentani ada 66 orang dan posko Rindam XVII/Cenderawasih berjumlah 160 orang,” tambahnya.

Sementara sejumlah pengungsi yang sementara berada di tempat penampungan mengaku akan pulang ke kampung halamannya menggunakan kapal pelni. “Saya disini sementara sambil tunggu kapal, renacananya kapal masuk hari Selasa, jadi saya disini sampai Selasa langsung berangkat ke kampung saya di Purwokert,” kata Siati yang sementara berada di Posko penampungan Lanud Silas Papapre, Senin (30/9) pagi.

Sementara itu, pengungsi lainnya, Purwanto mengaku masih menunggu kepastian untuk pulang menggunakan pesawat Hercules milik TNI AU yangb sementara beroperasi mengangkut para pengungsi.

“Saya tak punya uang, jadi saya dan beberapa teman akan menunggu pesawat hercules ini balik baru kami ikut. Meski belum tau kapan peswatanya balik, kami tetap menunggu,” ujarnya.

Sementara jumlah warga yang eksodus dari Wamena menuju Jayapura diperkirakan akan terus bertambah karena masih ada sekitar 7000 orang yang menunggu di Bandara Wamena untuk diberangkatkan ke Sentani.*


BACA JUGA

Lagu Gerejawi Musik Akustik Dilombakan, Gubernur Waterpauw: Pemuda Papua Barat Penggerak Pembangunan

Jumat, 27 Januari 2023 | 12:21 WIB

Kejati Papua Tetapkan Plt Bupati Mimika Sebagai Tersangka Dugaan Korupsi

Jumat, 27 Januari 2023 | 06:57 WIB

Kaluarga Apresiasi Vonis Penjara Seumur Hidup Mayor Helmanto

Rabu, 25 Januari 2023 | 16:38 WIB

Rapat Koordinasi Dengan Wamendagri, Gubernur Waterpauw Sampaikan Sejumlah Hal Penting

Rabu, 25 Januari 2023 | 09:45 WIB

BI Papua dan ISEI Papua Lakukan Kajian Upaya Pengembangan Ekonomi di Bumi Cenderawasih

Rabu, 25 Januari 2023 | 05:42 WIB
TERKINI

Seorang Anak Balita di Jayapura Dianiaya Secara Keji oleh Ayah Kandungnya

5 Jam yang lalu

Tali Jembatan Gantung Putus, 4 Anggota TNI-Polri Terjatuh ke Sungai Digoel

1 Hari yang lalu

Pj Bupati Jayapura Komitmen Dukung Pembentukan DOB Grime Nawa

1 Hari yang lalu

Polisi Bersama Komunitas Cap Panah Merah, Panen Cabai dan Tomat di Merauke

1 Hari yang lalu

Bocah 12 Tahun Nyaris Jadi Korban Penculikan di Sentani

2 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com