MENU TUTUP

Babinsa Yapen Timur Imbau Nelayan Stop Gunakan Bom Ikan

Jumat, 22 November 2019 | 09:34 WIB / Andi Riri
Babinsa Yapen Timur Imbau Nelayan Stop Gunakan Bom Ikan Babinsa Koramil 1709-02/Yaptim Sertu J. E. Imbiri dan Serda Ramadhan Letsoin mengimbau para nelayan di Kampung Woda Distrik Raimbawi agar tidak mencari ikan dengan bom ikan/dok.Pendam17

YAPEN - Dalam rangka menjaga kelestarian alam bawah laut di kawasan perairan Yapen Timur, Babinsa Koramil 1709-02/Yaptim Sertu J. E. Imbiri dan Serda Ramadhan Letsoin mengimbau para warga binaannya di Kampung Woda Distrik Raimbawi yang berprofesi sebagai nelayan agar tidak mencari ikan dengan bom ikan , Kamis (21/11).

Dalam imbauannya, Babinsa menjelaskan tentang bahaya dalam mencari ikan dengan menggunakan Bom Ikan atau yang sering disebut Dopis. Bom ikan ini digunakan oleh oknum-oknum nelayan nakal karena mereka tak butuh waktu lama untuk mendapatkan ikan lebih banyak. Daripada penangkapan dengan cara memancing maupun cara tradisional lainnya.

Namun penangkapan ikan dengan bom ikan, sangat dilarang penggunaannya karena dapat merusak ekosistem atau kehidupan di bawah laut, seperti terumbu karang dan kehidupan biota lainnya, ungkap Sertu Imbiri.

“Sangat disayangkan apabila menggunakan puluhan bom ikan, berapa banyak habitat terumbu karang yang akan rusak, karena terumbu karang tumbuhnya bukan satu dua hari saja, tapi 15 tahun dan yang paling beresiko lagi adalah punahnya berbagai macam biota laut, akhirnya nanti semakin sulit mencari ikan dan sumber mata pencarian kalian dari laut pastinya akan hilang pula, “tegasnya kepada para nelayan, seperti dikutip dari rilis Pendam Cenderawasih.

“Sebab itu, jangan sekali-kali berpikiran untuk menggunakan bom ikan, karena berbahaya juga untuk diri sendiri dan berbahaya untuk kelangsungan hidup ikan yang ada di laut dan juga nantinya anak cucu kita juga yang akan merasakan akibatnya,” ucapnya.

“Marilah kita bersama-sama menjaga kelestarian dan keindahan alam bawah laut yang ada diwilayah ini, serta bila ingin pergi melaut, perhatikan kondisi cuaca di lautan, agar dapat kembali dengan selamat dan membawa hasil yang banyak pula”, ajaknya.(Adv)


BACA JUGA

Berkostum Astronot, Babinsa Warbah Bersama Gugus Tugas Sterilkan Kapal yang Sandar di Pelabuhan

Rabu, 29 April 2020 | 09:43 WIB

Kodim 1709/Yawa Bagikan Sembako dan Masker Kepada Masyarakat

Minggu, 12 April 2020 | 17:23 WIB

Babinsa Yapen Timur Dampingi Petani Tingkatkan Hasil Panen

Sabtu, 01 Februari 2020 | 10:21 WIB

Kodim 1709/Yawa Lakukan Bersih Bersih Pasar Aroro Serui

Minggu, 15 Desember 2019 | 19:06 WIB
TERKINI

Pj Ketua TP-PKK Puncak Jaya Hadiri Malam Puncak Peringatan HKG PKK ke-52 di Kota Solo

2 Jam yang lalu

Aksi Penghijauan di Grasberg Awali Rangkaian Peringatan Hari Lingkungan Hidup 2024 di Kabupaten Mimika

11 Jam yang lalu

Faturachman Resmi Dikukuhkan sebagai Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua

13 Jam yang lalu

Hak-Hak Masyarakat Hukum Adat di Wilayah Tanah Papua

15 Jam yang lalu

KKB Kembali Berulah, Tembak Mati Seorang Warga Sipil di Intan Jaya

20 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com