MENU TUTUP

Staf Khusus Presiden, Billy Mambrasar di Nobatkan Menjadi 'Anak Negeri' Maluku

Minggu, 16 Februari 2020 | 18:44 WIB / Djarwo
Staf Khusus Presiden, Billy Mambrasar di Nobatkan Menjadi 'Anak  Negeri' Maluku Staf Khusus Presiden RI, Billy Mambrasar saat mendapatkan kehormatan sebagai anak adat Maluku/Istimewa

JAYAPURA, wartaplus.com-Billy Mambrasar, salah satu dari 7 Staf Khusus Presiden RI, Joko Widodo yang berada dalam kategori usia Milenial di nobatkan menjadi anak Negeri Maluku, dengan secara resmi menjadi Putra Kebanggaan Kampung Amahusu, Kecamatan Nusaniwe, Ambon, Provinsi Maluku.

Penyematan gelar anak adat tersebut digelar lewar prosesi adat pada Minggu (16/2), di balai kampung Amahusu dan dimeriahkan dengan tari-tarian adat cakalele, serta penampilan musik khas Ambon, yang ditampilkan oleh Amboina Ukulele Kids Community.

“Saniri Negeri” atau perwakilan adat Amahusu yang hadir saat itu, Mezaac Maurits Silooy, Ferdinan Silooy, Yakobis Mainake, Daniel Musila, Dominggus Mainake, Nikodemus Gomies dan Simon Nussy mengucapkan kata-kata pengukuhan, yang diikuti dengan sebuah tradisi dari yang dinobatkan, untuk meminum Tuak di gelas bambu, dan pengalungan lenso adat berwarna merah, sebagai pertanda resminya penobatan Billy sebagai anak negeri. 

Selain Billy Mambrasar, ada juga influencer Indonesia lain seperti Prilly Latuconsina, dan Marcella Zalianti, yang telah mengadopsi desa kedua mereka di Papua dan Maluku. Tercatat ada hampir 100 orang artis, influencer, dan pengusaha muda sukses yang telah menyatakan diri untuk ikut membangun Indonesia Timur melalui Gerakan Second Village ini.

Sebagai anak adat kampung Amahusu, Billy melalui program “Pegake” ini, dan juga dalam perannya sebagai Staf Khusus Presiden RI, berkomitmen untuk memajukan pembangunan pusat literasi dan pengembangan ekonomi kreatif di kampung ini.

“Walaupun Beta adalah anak Papua, tapi Beta sekarang juga su jadi anak kampung dan anak adat Maluku, anak negeri Amahusu, jadi akan sering kembali kesini untuk membangun Pendidikan melalui sebuah pusat baca dan literasi,  dan juga pengembangan Ekonomi kreatif, bekerja sama dengan anak-anak Maluku di Negeri Amahusu ini," ungkap Billy.

Adapun kunjungan Billy Mambrasar ke Maluku adalah dalam rangka berbincang-bincang dan berinteraksi dengan Milenial Maluku di Kota Ambon, untuk dapat mendengarkan dan menyampaikan aspirasi generasi muda Kota Musik ini, untuk dapat didengarkan oleh Pemerintah Pusat.

Billy Mambrasar juga membawa kabar gembira ke Pemerintah Kota Ambon, bahwa atas dukungan Presiden RI, telah di setujui pembangunan Maluku Youth Creativity Hub, yakni sebuah pusat pembinaan wirausaha milenial dari Maluku.

“Sejenis Silicon Valley di Amerika Serikat, tapi kita akan Bangun di Maluku, untuk melahirkan giat wirausaha muda dan UMKM dari Provinsi di Indonesia Timur, agar katong seng kalah (agar kita tidak kalah) dari mereka yang ada di Indonesia Barat khususnya Jakarta,"terangnya.

“Seperti yang saya sampaikan di konferensi pers pengenalan Staf Khusus Presiden RI di Istana, Saya berkomitmen untuk membantu Pak Presiden Jokowi, untuk membangun Indonesia dari Timur, dan Provinsi Maluku adalah Daerah tanggung jawab saya yang harus saya kembangkan, selain dari Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku Utara dan NTT, mohon dukungan dan doanya," tambahnya.

Selepas di sematkan sebagai anak Negeri Maluku, Billy Mambrasar kemudian di jamu makan malam oleh Walikota Ambon, Bapak Richard Louhenapessy, dan Ibu Gubernur Provinsi Maluku, Ibu Widya Murad Ismail, di dua tempat yang berbeda. Dalam diskusi tersebut, Billy kembali menegaskan komitmennya kepada kedua Pemimpin untuk ikut membangun Indonesia dari Timur.8 

 


BACA JUGA

Pemprov Papua Dukung Audit Rinci LKPD 2023, Kepala OPD Diminta Siapkan Data

Selasa, 23 April 2024 | 14:28 WIB

Respon Cepat Pemprov Papua Tengah dan PJN Nabire Atasi Longsor di Jalan Trans Paniai

Selasa, 23 April 2024 | 13:54 WIB

Ketua TP-PKK Puncak Jaya Resmi Dilantik Sebagai Ketua Pembina Posyandu

Selasa, 23 April 2024 | 13:23 WIB

Seorang Warga Meninggal Dunia saat Bantu Evakuasi Kapal Karam di Perairan Sarmi

Selasa, 23 April 2024 | 07:24 WIB

Bantu Kembangkan UMKM Mama Papua, Polres Jayapura Bangun Galeri Kerajinan Noken

Selasa, 23 April 2024 | 06:30 WIB
TERKINI

Pemprov Papua Dukung Audit Rinci LKPD 2023, Kepala OPD Diminta Siapkan Data

3 Jam yang lalu

Respon Cepat Pemprov Papua Tengah dan PJN Nabire Atasi Longsor di Jalan Trans Paniai

3 Jam yang lalu

Ketua TP-PKK Puncak Jaya Resmi Dilantik Sebagai Ketua Pembina Posyandu

4 Jam yang lalu

Perempuan Tangguh di Garda Terdepan Pertambangan PTFI

6 Jam yang lalu

Seorang Warga Meninggal Dunia saat Bantu Evakuasi Kapal Karam di Perairan Sarmi

10 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com