MENU TUTUP

Sebanyak 2,3 Ton Bantuan Alkes Covid-19 Tiba di Jayapura

Senin, 30 Maret 2020 | 14:23 WIB / Andy
Sebanyak 2,3 Ton Bantuan Alkes Covid-19 Tiba di Jayapura Tampak sejumlah anggota TNI AU Lanud Silas Papare Jayapura mengangkat alat kesehatan yang tiba di Base Ops Lanus Silas Papare Jayapura/ Andy

JAYAPURA, wartaplus.com – Menggunakan pesawat hercules A-1315 milik TNI Angkatan Udara, bantuan alat kesehatan (Alkes) untuk penanganan virus corona atau covid-19 di Papua tiba di Base Ops Lanud Silas Papare Jayapura, Senin (30/3) siang.

Bantuan alat kesehatan ini akan diserahkan kepada Dinas Kesehatan Provinsi Papua dan akan disalurkan bagi sejumlah rumah sakit rujukan covid-19 di Papua.

Komandan Lanud Silas Papare Jayapura, Marsma TNI Tri Bowo Budi Santoso, mengatakan, bantuan alat kesehatan yang tiba merupakan bantuan kedua yang tiba di Jayapura melalui base ops.

Ia menuturkan, bantuan pertama tiba pada pekan lalu menggunakana pesawat hercules milik TNI Angkatan Udara dan membawa Alat Pelindung Diri (APD) bagi petugas kesehatan.

“ Ini adalah bantuan kedua dari kementerian kesehatan yang tiba di Jayapura. Sebelumnya pesawat kita membawa enam koli Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga medis di Papua,” ujarnya.

Sementara untuk bantuan kedua kata danlanud, pesawat hercules milik TNI Angkatan Udara membawa alat kesehatan sebanyak 2 ton dan sampel darah dari Merauke dan Mimika.

“ Bnatuan hari ini berupa alat kesehatan seberat 2,3 ton. Terdiri dari 126 koli masker dan 6 koli alat rapid test,” bebernya.

“ Selain itu, pesawat membawa sampel darah pasien covid-19 dari Kabupaten Merauke dan Mimika untuk diperiksa di laboratorium kesehatan Jayapura,” sambungnya.

Danlanud menegaskan bahwa pihaknya tetap mendukung langkah pemerintah dalam upaya pencegahan virus corona atau covid-19 di Papua.

“ Misi pengiriman barang ini adalah bagian dari membantu pemerintah provinsi papua untuk mencegah wabah ini meluas di Papua. Kami mendukung operasional pesawat yang membawa alat kesehatan,” terangnya.

“ Kita juga fokus memonitor pesawat dari Jakarta yang masuk. Intinya mereka tidak membawa penumpang sesuai dengan keputusan pemerintah untuk membatasi orang masuk ke papua,” tandasnya.

Hingga saat ini jumlah pasien positif covid-19 di Papua berjumlah 9 orang, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 43 orang dan orang Dalam Pemantauan Berjumlah (ODP) 5.569 orang.**


BACA JUGA

Jalin Silaturahmi, Danlanud SPR Gelar Coffee Morning Bersama Awak Media

Kamis, 30 November 2023 | 12:50 WIB

60 Penembak TNI AU Berkompetisi di Ajang Kasau Cup 2022 yang Digelar Lanud SPR

Selasa, 17 Mei 2022 | 17:11 WIB

Panglima TNI Serahkan Bantuan Tabung Oksigen dan Alkes Kepada Masyarakat Papua

Kamis, 22 Juli 2021 | 11:30 WIB

Jelang HUT Bhayangkara ke-74, Dapur Umum TNI Polri Berbagi Makanan Siap Saji

Kamis, 25 Juni 2020 | 19:57 WIB

Tiga Hari Rapid Test, 394 Pedagang Pasar Youtefa Reaktif COVID-19

Rabu, 24 Juni 2020 | 14:35 WIB
TERKINI

Penyusunan RKPD dan Otsus Provinsi Papua 2025 Diharapkan Selaras dengan Visi Misi Kepala Daerah yang Baru

10 Jam yang lalu

Momen Hari Kartini, TP-PKK Puncak Jaya Perkenalkan Kerajinan Tangan Khas Daerah

15 Jam yang lalu

Mendagri Perpanjang Masa Jabatan Penjabat Sekda Papua, Derek Hegemur

18 Jam yang lalu

Peralihan Uang Kartal ke Uang Digital, Penyebab Turunnya Realisasi SERAMBI 2024 di Papua

22 Jam yang lalu

Pemprov Papua Dukung Audit Rinci LKPD 2023, Kepala OPD Diminta Siapkan Data

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com