MENU TUTUP

Pimpin Misa Minggu Palma Pastor Paroki KTDW Menangis

Minggu, 05 April 2020 | 07:56 WIB / Roberth
Pimpin Misa Minggu Palma Pastor Paroki KTDW Menangis Pastor RD Paulus Wowor terlihat menahan tangisannya/Roberth

JAYAPURA.wartaplus - Wabah  Corona berbagai negara dan Indonesia juga melanda Papua membuat perayaan Hari Minggu Palma di Gereja Katolik Kristus Terang Dunia Waena (KTDW), Minggu (5/4) dilakukan secara live streaming. Misa hari Minggu Palma di Gereja KTDW di pimpin Pastor Paroki RD Paulus Wowor. Dalam ekaristi kudus yang biasanya di padati umat, kini tak terlihat sepi gara-gara wabah Covid-19 yang melanda.

Dalam homili (renungan) yang disampaikannya, Pastor Paulus Wowor terlihat menangis dan menahan tangisannya disebabkan situasi  mewabahnya Covid-19 dan pelaksanaan misa yang tidak dihadari umat. Ia tampak sedih dan menyeka air matanya dengan sapu tangan miliknya. Dengan menahan sedih ia terus membacakan renungan singkatnya.

“Kini tidak lagi arak-arakan dengan palma di tangan tidak ada lagi lautab manusia. Hari ini suka tidak suka, mau tidak mau setuju tidak setuju virus Covid-19 memaksa kita dalam tanda petik kembali ke dalam rumah kita. Rumah hari ini menjadi sebegitu pentingnya bukan saja karena ada pemanusiaan manusia disana, melainkan juga adalah gereja mini untuk bersujud syukur di hadapan Allah Sang Raja,”ujarnya.

Kata dia, dalam gereja ini masing-masing kita masuk lebih dalam lagi dalam diri sendiri untuk membasuh kaki menguduskan diri menyucikan hati guna menciptakan saat teduh keheningan agung sebagai syarat merayakan Minggu Palma.

Minggu Palma, adalah  mengenang peristiwa masuknya Yesus ke kota Yerusalem melainkan juga mengenang akan kesengsaraan Yesus. Oleh karena itu, Minggu Palma juga disebut sebagai Minggu Sengsara.  

Dilakukan live streaming terkait hasil rapat pemerintah pusat dan daerah dan berbagai pihak menyatakan per tanggal 23 Maret 2020 lalu, masa darurat peribadatan telah diperpanjang, semula 2 April menjadi 30 April 2020.

Dalam menjalani masa darurat peribadatan, otoritas gereja menetapkan untuk menghilangkan perayaan ekaristi misa harian dan mingguan di gereja. Bagi umat yang ingin mengikuti perayaan ekaristi misa online dapat mengakses melalui link yang dibagikan berbagai gereja katolik di Keuskupan Jayapura.*


 


BACA JUGA

Freeport Setor Rp3,35 Triliun Bagian Daerah atas Keuntungan Bersih 2023

Kamis, 18 April 2024 | 04:58 WIB

Seorang Anggota Polres Yahukimo Ditemukan Tewas dengan Kondisi Mengenaskan

Selasa, 16 April 2024 | 20:07 WIB

Spesialis Jambret di Kota Jayapura Berhasil Dibekuk Polisi

Selasa, 16 April 2024 | 19:37 WIB

Sekda Kabupaten Keerom jadi Tersangka Kasus Dugaan Korupsi Dana Bansos Rp18,2 Miliar

Senin, 15 April 2024 | 19:57 WIB

Kawal Pilkada Serentak 2024 di Tanah Papua, PERADI Jayapura Bentuk Satgas Hukum

Senin, 15 April 2024 | 19:30 WIB
TERKINI

Freeport Setor Rp3,35 Triliun Bagian Daerah atas Keuntungan Bersih 2023

9 Jam yang lalu

Konflik Sosial Akibat Pemilu Terus Berlanjut di Kenyam Nduga, Ini Langkah Tegas Aparat Keamanan

1 Hari yang lalu

Polisi Selidiki Kasus Penikaman Tukang Ojek di Paniai

1 Hari yang lalu

Seorang Anggota Polres Yahukimo Ditemukan Tewas dengan Kondisi Mengenaskan

1 Hari yang lalu

Spesialis Jambret di Kota Jayapura Berhasil Dibekuk Polisi

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com