MENU TUTUP

Usia 21 Tahun, Ini Mimpi Ikaswara Kota Sorong

Sabtu, 11 Juli 2020 | 17:56 WIB / Ola
Usia 21 Tahun, Ini Mimpi Ikaswara Kota Sorong Ketua Ikaswara (kedua kiri) berfoto bersama Wali Kota Sorong (ketiga kiri) dimoment syukuran Ikaswara ke 21/Ola

SORONG,wartaplus.com - Ikatan Keluarga Sunda Jawa dan Madura (Ikaswara) merayakan hari jadinya yang ke 21 tahun, (11/7). 
Dalam sambutannya, Ketua Panitia, Syaiful Maliki mengatakan bahwa tema HUT ke 21 kali ini adalah mewujudkan mimpi dalam sinergitas kebersamaan demi peningkatan perekonomian kerakyatan dengan semangat Ikaswarabisa.

Tema tersebut, menurut Syaiful tidak terlepas dari mimpi Ikaswara untuk segera mewujudkan rumah besar Ikaswara atau kesekretariatan. Sehingga dengan semangat kebersamaan, gotong royong, mimpi tersebut dapat terwujudkan.

Sementara itu, Ketua Umum Ikaswara, Tupono mengatakan bahwa mimpi memiliki sekretariatan bukan hanya sekedar mimpi tapi sedikit demi sedikit mulai diwujudkan oleh warga Ikaswara dengan cara gotong royong, urunan hingga saat ini telah berjalan pematangan lahan dan pelepasan adat. Ia mengatakan bahwa membangun seketariatan dengan dua lantai itu memakan anggaran sekitar 4 Milyar lebih. Dimana lantai pertamanya akan dipergunakan untuk rumah singgah.

Selain itu, pada momentum 21 tahun, Ikaswara meluncurkan badan usaha perseroan bernama PT. Swara Emas Cemerlang dimana pemegang sahamnya adalah kerukunan keluarga dan warga Ikaswara. Dimana saat ini tercatat ada 56.000 jiwa warga Ikaswara di Kota Sorong.
Ia berharap dengan adanya Badan Usaha tersebut dapat meningkatkan perekonomian warga Ikaswara. "Semoga mimpi, cita - cita kita bersama bisa terwujud dan supaya kita dapat mewariskan budaya gotong royong, budaya kebersamaan kepada generasi dibawah kita," ujar Tupono.

Sementara itu, Wali Kota Sorong Lambertus Jitmau dalam sambutannya dengan fasih menyapa warga Ikaswara dengan Logat surabayaan. Alumni Mahasiswa Surabaya ini mengaku bangga dengan inovasi dan terobosan yang dilakukan Ikaswara dengan pembentukan badan usaha perseroan yang pemegang sahamnya adalah warganya sendiri.

"Ini bisa berikan contoh, teladan bagi semua yang ada di negeri dan tanah ini. Bahwa memiliki mimpi dan cita-cita itu hal bagus, apalagi dilakukan secara bersama-sama. Aku wong Sorong, boso jowoan sama Pak Presiden. Akuloh punya mimpi bangun Bandara, Pelabuhan dan tak wujudkan bangun bandara. Saiki bandara apik to," ujar Wali Kota disambut riuh tepukan meriah warga Ikaswara.

Ia berharap sebagai salah satu kerukunan dengan jumlah warga terbanyak di wilayah Kota Sorong, Ikaswara turut membantu pemerintah dalam mewujudkan Kota Sorong Maju di Timur Indonesia. "Wong jowo itu semua iso, bantu aku kita bangun negeri iki. Kota Sorong harus tampil beda," harap Wali Kota.

Foto: Perayaan HUT Ikaswara dilakukan dengan protokol kesehatan /Ola

Mewakili Gubernur Papua Barat, Asisten 2 bidang perekonomian dan pembangunan Setda Provinsi Papua Barat, Melkianus Warinusa menyatakan bahwa Pemprov Papua Barat mendukung dengan rencana pembangunan sekretariatan Ikaswara termasuk adanya rumah singgah. Perayaan HUT ke 21 tahun Ikaswara dimeriahkan dengan lomba tumpeng yang diikuti 22 kerukunan keluarga dan juara tumpeng 1,2 dan 3 dilelang untuk menambah pembangunan sekretariatan.

Dimana juara pertama dimenangkan oleh Ikatan Keluarga Lembur Kuring (IKLK), pemenang lelang H Taslim Rp 5 juta. Juara 2 kerukunan keluarga Nganjuk pemenang lelang Bapak Iim Abdul Qosim Rp 5 juta. Juara 3 bersama kerukunan keluarga Klaten dan Blitar,  pemenang lelang Bpk Harjito Rp 3 juta.*


BACA JUGA

Kadisnakertrans Papua Barat Tersangka Korupsi Dana Tambahan Penghasilan Pegawai

Sabtu, 02 Maret 2024 | 07:58 WIB

Partai Golkar Dirugikan, Christian Yan Warinussy Diminta Klarifikasi Pernyataan Yang Menyesatkan

Rabu, 21 Februari 2024 | 17:05 WIB
Semoga Pemilu Aman

Pertamakalinya Paulus Waterpauw Gunakan Hak Pilihnya

Rabu, 14 Februari 2024 | 12:35 WIB

Markas KST Manfred Fatem di Maybrat Digrebek, Dua Pemasok Logistik Ditangkap

Minggu, 28 Januari 2024 | 07:38 WIB

Kasus Origenes Ijie Belum Usai, Banding Jadi Keputusan Akhir, Heriyanto: Keputusan Janggal Dan Aneh

Jumat, 17 November 2023 | 19:29 WIB
TERKINI

Babinsa Pos Ramil Fawi Bersama Warga Gotong Royong Membersihkan Gereja

16 Jam yang lalu

Sekda Kabupaten Keerom jadi Tersangka Kasus Dugaan Korupsi Dana Bansos Rp18,2 Miliar

16 Jam yang lalu

Kawal Pilkada Serentak 2024 di Tanah Papua, PERADI Jayapura Bentuk Satgas Hukum

17 Jam yang lalu

Pantau Tumbuh Kembang Anak, TP-PKK Puncak Jaya Rutin Gelar Posyandu

22 Jam yang lalu

Jenazah Lettu Inf (Anumerta) Oktavianus Sogalrey telah Dimakamkan di TMP Nabire

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com