MENU TUTUP

Putus Mata Rantai Penularan Covid 19, Warga RW 06 Pasar Remu Sulap Tempat Kumuh

Sabtu, 18 Juli 2020 | 08:54 WIB / Ola
Putus Mata Rantai Penularan Covid 19, Warga RW 06 Pasar Remu Sulap Tempat Kumuh Warga dan TNI saat membersihkan lingkungan di Pasar Remu Kota Sorong /Ola

SORONG,wartaplus.com - Secara swadaya, sejumlah warga yang tergabung dalam Pemuda Mandiri berserta RT setempat melakukan penertiban terhadap sejumlah Pedagang Kaki Lima (PKL) sekaligus memindahkan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di jalan Selat Sunda samping kantor Karantina dan Bandara DEO, Pasar Sentral Remu Kota Sorong, sejak pekan lalu hingga Sabtu (18/7).

Salah satu tokoh pemuda, sekaligus anggota Koramil Sorong Timur, Praka Juldi Pameo menjelaskan bahwa penertiban tersebut guna mendukung kebijakan pemerintah dalam memutus mata rantai penularan Covid 19, sekaligus menata tempat yang sebelumnya terkesan kumuh, semrawut menjadi tempat yang lebih bersih dan sehat.

"Sebagai pemuda, tumbuh dan besar disini, Saya dan keluarga terpanggil untuk membantu mengerahkan pemuda lainnya bersama RT untuk menata tempat ini. Sebenarnya dari kordinasi dan komunikasi, kita bisa bekerja bersama untuk menata lingkungan kita agar lebih sehat, tidak mencium bau tak sedap dari sampah dan tidak kebanjiran akibat drainase yang buntu,"terang Juldi.

Foto: Warga dan anggota TNI saat wawancara bersama media di Sorong /Ola

Sementara itu, Ketua RT 02/RW 06 Kelurahan Remu Selatan, Sellina Mbiam Mbiam menjelaskan ia merasa bangga dengan keterlibatan pemuda dalam melakukan aksi penataan lapak agar lebih tertib dan tidak menganggu aktifitas 6 RT yang ada di RW 06.

“Akses kami keluar-masuk sangat terganggu sekali karena macet, sehingga kami minta kerja sama dengan pihak-pihak terkait yang, agar membantu kami untuk melancarkan akses keluar-masuk kami. Kasihan kalau ada keperluan mendesak, seperti ambulance mau keluar masuk sering terhenti di perempatan akibat kemacetan, belum lagi bau sampah, limbah sampah yang terbawa ke pemukiman kami, itu sangat menganggu kami dan sudah 3,5 tahun kami merasakan hal itu. Disini ada sekolah, ada koramil, dan ada juga Bandara. Masa orang mau cium bau sampah ketika turun dari pesawat. Kedepannya Pemerintah pun harus melihat ini. Kami bukan untuk menentang Pemerintah akan tetapi untuk membantu pemerintah," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Pemuda Mandiri Al Dhair Tahir mengungkapkan bahwa sebenarnya Pemuda tidak langsung memalang tempat sampah melainkan mengadakan pertemuan pada tanggal 24 Juni 2020 silam dengan Kepala Pasar, dinas terkait di Kelurahan Remu Selatan. Untuk meminta pemindahan tempat sampah ke tempat semula yang berada di dalam pasar.

Pantauan wartaplus.com, atas inisiatif sejumlah pemuda dibawa kordinir Praka Juldi Pameo, pemukiman RW 06 yang sebelumnya terlihat kumuh, berbau dan kerap banjir terlihat lebih layak dan sehat bagi warga setempat.
Tak main-main, RT dan pemuda setempat hingg mendatangkan alat berat untuk memperbaiki drainase yang tersumbat. 

"Ini bentuk pencegahan, apalagi sudah mulai masuk musim hujan. Biasanya disini banjir kalau hujan sebentar saja. Drainase kita bersihkan," imbuh anggota Koramil ini.*


BACA JUGA

Pasar Murah yang Digelar Pemprov Papua Tengah Disambut Antusias Ribuan Warga

Minggu, 07 April 2024 | 19:05 WIB

Bupati Intan Jaya dan Rombongan Borong Jualan Mama-Mama di Pasar Sugapa

Jumat, 02 Februari 2024 | 17:14 WIB

Persit 1714/Pj Borong Sayur Mama mama Papua di Pasar Nagalome Puncak Jaya

Minggu, 14 Januari 2024 | 06:19 WIB

Gegara Main Hakim Sendiri, Empat Pria Kini Meringkuk Dibalik Jeruji Besi Polresta Jayapura

Kamis, 11 Januari 2024 | 18:16 WIB

Kurang dari 2 x 24 Jam, Polisi Berhasil Ungkap Kasus Pembakaran di Kawasan Pasar Youtefa Jayapura

Rabu, 10 Januari 2024 | 13:42 WIB
TERKINI

Siapapun Anak Papua Bisa Mencalonkan Diri Sebagai Cagub Papua

23 Jam yang lalu

Sabtu Halal Bihalal Jurnalis se Jayapura, Vanwi Subiyat: Jadi Ajang Temu Paling Romantis

1 Hari yang lalu

Freeport Indonesia Bina Pengusaha Muda Papua melalui Papuan Bridge Program

1 Hari yang lalu

Kembalikan Uang Pemudik Rp100 Juta, Aiptu Supriyanto Dihadiahi Sekolah Perwira dari Kapolda Lampung

2 Hari yang lalu

Tempat Produksi Miras CT di Wamena Jayawijaya Digerebek Polisi

2 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com