MENU TUTUP

36 Anggota BKO Kodam XVIII Kasuari Positif Covid-19 

Sabtu, 18 Juli 2020 | 19:24 WIB / Ola
36 Anggota BKO Kodam XVIII Kasuari Positif Covid-19  Jubir Covid 19 Papua Barat (tengah) didampingi Aster Kodam (kiri) dan Kakesdam (kanan) saat memberikan keterangan pers Sabtu sore/Ola

SORONG,wartaplus.com - 36 anggota di Bawah Kendali Operasi (BKO) Kodam XVIII Kasuari dari 411 anggota BKO dinyatakan positif Covid 19. Hal ini diungkapkan Juru Bicara gugus tugas Covid 19 Provinsi Papua Barat, dr. Arnold Tiniap didampingi Asisten Teritorial Kodam XVIII Kasuari, Kolonel Inf. Hengky Yuda Setiawan dan Kepala Kesehatan Kodam (Kakesdam) Kolonel Ckm. Azhari, saat keterangan pers melalui zoom meeting, Sabtu (18/7).

Diterangkan oleh Arnold bahwa hari ini, ada penambahan pasien positif sebanyak 38 orang yaitu 37 orang dari Manokwari dan 1 orang dari teluk Wondama. Dimana dari 37 orang yang positif di Manokwari, 36 orangnya adalah anggota BKO Kodam VIII.Saat ini ke 36 anggota tersebut menurut Tiniap, sesuai instruksi Panglima TNI dan KSAD telah diisolasi di RSUD Papua Barat dan tidak diperkenankan bertugas sampai dinyatakan sembuh. 

Sementara itu, Aster Kodam XVIII, Kolonel Inf. Hengky Yuda Setiawan menjelaskan bahwa 36 orang tersebut merukapan BKO untuk Kodim persiapan di wilayah Tambrauw, Maybrat dan Kabupaten Sorong Selatan. Dimana 36 anggota tersebut bersama anggota BKO lainnya yang berjumlah 411 orang dikirim dari wilayah Kodam di seluruh Indonesia menggunakan pesawat udara.

Kedatangan 411 anggota BKO tersebut datang secara bertahap sejak 28 Juni hingga rombongan terakhir tiba tanggal 2 Juli 2020.Ditambahkan oleh Kakesdam, Kolonel Ckm. Azhari bahwa sebelum kedatangan ke Manokwari, 411 anggota tersebut sudah melakukan tahapan pemeriksaan kesehatan termasuk Covid 19 dan dinyatakan sehat serta negatif, sehingga diterbangkan ke Manokwari dari daerah asal.

"Saat tiba di Manokwari mereka ditempatkan disatu lokasi yaitu Balai DIklat Provinsi Papua Barat dan tidak berbaur dengan masyarakat. Saat tiba, langsung diambil alih oleh Kesdam dan dilakukan RIkes (Pemeriksaan kesehatan) termasuk tes Covid 19. Pada tanggal 15 Juli Kami melakukan PCR test dan diketahui hasilnya ada 36 orang yang positif,"terang Kakesdam.

Diakhir keterangannya, Aster Kodam mengatakan telah melaporkan hal tersebut kepada Mabesad dan telah mendapatkan perhatian dari KSAD. Dimana selain konsentrasi kepada pemulihan 36 anggota, bersama tim gugus tugas akan melakukan Tracking atau pelacakan dari mana ke 36 anggota BKO Kodam tersebut terkena virus Corona tersebut.Sementara itu, jumlah orang yang diperiksa Covid 19 di wilayah Papua Barat berjumlah 3.759 orang, dimana orang negatif berjumlah 3.420 orang atau 91 persen dan orang positif Covid 19 di Papua Barat berjumlah 339 orang atau 9 persen.*


BACA JUGA

Program Kasuari, Binmas Noken Kunjungi Lapak Warga

Rabu, 24 November 2021 | 17:10 WIB

Petani Bersama Binmas Noken Bersenergi Dalam Program Kasuari

Minggu, 17 Oktober 2021 | 09:47 WIB

Binmas Noken Yapen Dukung Ketahanan Pangan Sektor Perikanan Air Tawar

Jumat, 08 Oktober 2021 | 18:59 WIB

Program Kasuari, Satgas Binmas Polres Tolikara Gencar Laksanakan Kunjungan Kepada Kelompok Tani

Jumat, 24 September 2021 | 18:25 WIB

Binmas Noken Polres Merauke Lakukan Pendampingan Terhadap Kelompok Industri Sagu

Selasa, 17 Agustus 2021 | 14:25 WIB
TERKINI

Ribka Haluk Berikan Pujian Khofifah Parawansa yang Terima Penghargaan Satyalancana dari Presiden

2 Jam yang lalu

Menuju Papua Satu, Ini Catatan Sejarah Paulus Waterpauw

2 Jam yang lalu

Pj Ketua TP-PKK Puncak Jaya Hadiri Penutupan Rakorda se-Papua Tengah

2 Jam yang lalu

Momen RAFI 2024, Kabupaten Nduga Tertinggi Penggunaan Layanan Data Telkomsel

9 Jam yang lalu

Penyusunan RKPD dan Otsus Provinsi Papua 2025 Diharapkan Selaras dengan Visi Misi Kepala Daerah yang Baru

23 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com