MENU TUTUP

PWI Sorong Akan Laporkan Aktivitas Organisasi AWPI

Kamis, 13 Agustus 2020 | 07:18 WIB / Ola
PWI Sorong Akan Laporkan Aktivitas Organisasi AWPI Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sorong Raya, Lexi Sitanala/Ola

SORONG, wartaplus.com - Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sorong Raya, Lexi Sitanala mengaku telah berkordinasi dengan Ketua Umum PWI Pusat, Atal Depari terkait keberadaan Organisasi yang mengatasnamakan Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (AWPI) Papua Barat yang keberadaanya semakin meresahkan insan pers di wilayah Papua Barat khususnya di Sorong dan masyarakat.

"Saya telah koordinasi dengan Ketua Umum PWI, Ia menyatakan bahwa dewan pers akan segera menertibkan organisasi yang berbau pers yang saat ini membuat resah Insan jurnalis yang ada di wilayah Sorong, Papua Barat. Oleh karena itu, Saya ketua PWI Sorong Raya menegaskan kepada seluruh mitra kerja, swasta, BUMN, BUMD dan sebagainya untuk tidak melayani bantuan proposal dalam bentuk apapun selain organisasi resmi yang telah diakui dewan pers. Karena kami mendapatkan laporan ada beberapa mitra kerja, baik swasta maupun pemerintah yang telah memberikan sumbangan kepada organisasi yang sampai saat ini kita anggap ilegal dan kami mohon kepada semua stakeholder untuk tidak melayani atau memberikan bantuan kepada organisasi tersebut," tegas Lexi, 

Ia menambahkan bahwa pekerjaan wartawan adalah lex specialis, profesi jurnalis tidak bisa digabungkan dengan politisi, akademisi dan sebagainya. "Saya harap melalui pemberitaan ini semua stakeholder, kalangan masyarakat luas untuk tidak terpengaruh dengan organisasi yang mengatasnamakan pers. Bilamana ditemukan adanya pelanggaran yang dilakukan oleh oknum-oknum di luar organisasi yang resmi segera melapor ke PWI Sorong Raya, kami berkantor sementara di kantor Wali Kota Sorong," imbuh Lexi.

Ia juga mengoreksi terkait kabar bahwa ada pengakuan dari salah satu organisasi pers bahwa mereka berkantor di kantor Dewan Pers ternyata itu tidak benar dan dewan pers sudah membersihkan kantor dewan pers dari semua organisasi yang berbau pers.

"Dalam waktu dekat kami akan menyurat secara resmi ke PWI Pusat dan Dewan Pers terkait aktivitas mereka di Sorong. Ini sangat meresahkan dan mencoreng nama baik teman-teman Pers terutama anggota Saya di PWI yang susah payah menjadi wartawan hingga diakui kompetensinya melalui jalur yang prosedural. Saya berharap, mereka yang hendak menjadi wartawan, untuk benar-benar menempuh cara-cara yang profesional dan prosedural. Semua butuh proses, tidak semudah itu menjadi wartawan,"sesalnya.


BACA JUGA

Kadisnakertrans Papua Barat Tersangka Korupsi Dana Tambahan Penghasilan Pegawai

Sabtu, 02 Maret 2024 | 07:58 WIB

Partai Golkar Dirugikan, Christian Yan Warinussy Diminta Klarifikasi Pernyataan Yang Menyesatkan

Rabu, 21 Februari 2024 | 17:05 WIB
Semoga Pemilu Aman

Pertamakalinya Paulus Waterpauw Gunakan Hak Pilihnya

Rabu, 14 Februari 2024 | 12:35 WIB

Markas KST Manfred Fatem di Maybrat Digrebek, Dua Pemasok Logistik Ditangkap

Minggu, 28 Januari 2024 | 07:38 WIB

Kasus Origenes Ijie Belum Usai, Banding Jadi Keputusan Akhir, Heriyanto: Keputusan Janggal Dan Aneh

Jumat, 17 November 2023 | 19:29 WIB
TERKINI

Ribka Haluk Berikan Pujian Khofifah Parawansa yang Terima Penghargaan Satyalancana dari Presiden

14 Jam yang lalu

Menuju Papua Satu, Ini Catatan Sejarah Paulus Waterpauw

14 Jam yang lalu

Pj Ketua TP-PKK Puncak Jaya Hadiri Penutupan Rakorda se-Papua Tengah

14 Jam yang lalu

Momen RAFI 2024, Kabupaten Nduga Tertinggi Penggunaan Layanan Data Telkomsel

21 Jam yang lalu

Penyusunan RKPD dan Otsus Provinsi Papua 2025 Diharapkan Selaras dengan Visi Misi Kepala Daerah yang Baru

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com