MENU TUTUP

Gerakan Ekonomi Rumah Albumin Merauke, di Tengah Pandemi

Kamis, 17 September 2020 | 10:35 WIB / Andi Riri
Gerakan Ekonomi Rumah Albumin Merauke, di Tengah Pandemi Rumah albumin Merauke/dok.Humas Pertamina MOR VIII

MERAUKEwartaplus.com – Pandemi Covid-19 yang berkepanjangan tidak menggetarkan para penggiat ekonomi di wilayah Indonesia Timur khususnya Kabupaten Merauke, Papua. Salah satu bukti nyata gerakan Pertamina bersama masyarakat ring I Fuel Terminal Merauke adalah melalui program pemberdayaan Rumah Albumin, yang merupakan bagian dari Program Corporate Social Responsibility (CSR) Fuel Terminal Merauke di bidang Pemberdayaan Ekonomi. 

Pertamina bersama masyarakat setempat bahu-membahu, menjaga keberlangsungan potensi ekonomi lokal dengan memberdayakan kelompok usaha Harapan Baru yang berfokus pada pembuatan minyak albumin ikan gabus/ikan gastor. 

Kelompok Usaha Harapan Papua Baru beranggotakan 9 orang warga yang berdomisili di lingkungan Gudang Arang Kelurahan Kamahedoga, Kabupaten Merauke. 

Perhatian pada pengembangan produk usaha yang dihasilkan, merupakan sebuah upaya dalam pemanfaatan hasil sumber perikanan air tawar yang terdapat di Kabupaten Merauke. Potensi wilayah Kabupaten Merauke yang memiliki luas rawa mencapai 1.425.000 Ha dari total luas kabupaten 45.071 Km², dengan varietas jenis ikan air tawar yang bervariasi, dimana salah satunya ialah jenis gastor/gabus (Channa striata). 

“Awalnya kami berhasil mengidentifikasi potensi pengembangan SDM yang begitu besar, semangat para pelaku kelompok usaha ini untuk membesarkan dan memberikan dampak ekonomi bagi sekitar memudahkan inisiasi program antara Pertamina dan Kelompok Usaha.” ungkap Edi Mangun, Unit Manager Communication, Relations & CSR Marketing Operation Region VIII di Jayapura, Kamis (17/9).

Laris di Pasaran

Ia menjelaskan, pada 2020 merupakan tahun kedua Pertamina hadir dalam kegiatan usaha tersebut.  

"Pada dasarnya produk minyak albumin produksi Kelompok Harapan Papua Baru terbilang cukup laris di pasaran,"ungkap Edi

Bahkan, lanjut ia, berkat sinergi bersama seluruh Stakholders, Kelompok Usaha tersebut diberikan mandat secara langsung oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Merauke untuk dapat memproduksi dalam jumlah besar sebagai persiapan untuk buah tangan bagi kontingen daerah dalam ajang PON PAPUA 2020. 

Kegiatan usaha berbasis masyarakat (kolektif) ini bukan tanpa kendala, bahkan sebelum Pandemi hadir. Sulitnya ketersediaan bahan baku saat di musim penghujan dan keterbatasan sumber daya manusia dalam melakukan inovasi pemasaran produk serta manajerial aspek internal kelompok usaha menjadi perhatian tersendiri.    

Sebagai sebuah wujud peduli dalam pemberian dukungan pendampingan yang berkelanjutan, maka Pertamina berkomitmen untuk mengantarkan kelompok usaha ini agar lebih maju dan mandiri. 

Pada Tahun 2020, Pertamina bersama Kelompok Usaha telah bertekad untuk mengejar tiga (3) Indikator Pencapaian Keberhasilan yakni penguatan kelembagaan kelompok serta pemasaran produk, pengurusan izin ke tingkat BPOM dan MUI Kabupaten Merauke, dan dukungan pengembangan kolam penampungan ikan dan kolam penampungan air limbah produksi. 

“Geliat ekonomi harus terus dikejar terutama di daerah-daerah yang didominasi oleh ekonomi konsumsi domestik, selain itu tentu adaptasi kebiasaan baru protokol kesehatan juga harus diperhatikan. Tidak hanya hal-hal teknis, Kami juga berupaya melakukan transfer budaya disiplin Anti Covid melalui kelompok usaha masyarakat ini," tutup Edi.**


BACA JUGA

Mencuri BBM, Bapak dan Anak di Merauke Terpaksa Meringkuk Dibalik Jeruji Besi

Selasa, 23 April 2024 | 06:01 WIB

Layanan Broadband Telkomsel dan IndiHome di Wilayah Merauke Hingga ke Yahukimo Kembali Normal

Minggu, 11 Februari 2024 | 18:40 WIB

Penyalur BBM Satu Harga Capai 461

Jumat, 01 September 2023 | 09:17 WIB

Pertamina Tambah 10 Titik Penyaluran BBM Satu Harga di Tanah Papua

Kamis, 24 Agustus 2023 | 17:30 WIB

Kebakaran di Kampung Wanam Merauke Turut Hanguskan Pos Polair dan Koramil

Senin, 26 Juni 2023 | 08:54 WIB
TERKINI

Satu Anggota OPM Penyerang Posramil Kisor Maybrat Menyerahkan Diri

38 Menit yang lalu

Ribka Haluk Berikan Pujian Khofifah Parawansa yang Terima Penghargaan Satyalancana dari Presiden

15 Jam yang lalu

Menuju Papua Satu, Ini Catatan Sejarah Paulus Waterpauw

15 Jam yang lalu

Pj Ketua TP-PKK Puncak Jaya Hadiri Penutupan Rakorda se-Papua Tengah

15 Jam yang lalu

Momen RAFI 2024, Kabupaten Nduga Tertinggi Penggunaan Layanan Data Telkomsel

22 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com