MENU TUTUP

Penyaluran BLT Dana Desa Tahap II, Zona II Puncak Jaya Berjalan Lancar

Senin, 30 November 2020 | 18:14 WIB / Andi Riri
Penyaluran BLT Dana Desa Tahap II, Zona II Puncak Jaya Berjalan Lancar Penyaluran BLT Dana Desa tahap ke II Zona II untuk 7 Distrik di Puncak Jaya/dok.Humas Puncak Jaya

MULIAwartaplus.com – Penyaluran BLT (Bantuan Langsung Tunai) Dana Desa tahap ke II Zona II untuk 7 Distrik di Puncak Jaya berjalan aman dan lancar, berlangsung di kantor Distrik Ilu, Sabtu (28/11) lalu

Tujuh Distrik itu meliputi Distrik Ilu, Yamoneri, Waegi, Taganombak, Nioga, Nume dan Gubume dengan total kampung berjumlah sebanyak 106 kampung.

Acara penyaluran BLT disaksikan langsung Kepala Dinas Kesbangpol Keni Wonda, S.Sos, M.KP, dan sejumlahh pimpinan OPD serta diawasi langsung oleh Inspektorat Daerah dan perwakilan TNI Polri. 

Kegiatan berlangsung dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, dimana yang diperbolehkan memasuki kawasan Kantor Distrik Ilu hanyalah Kepala Distrik, Aparat Desa dan Petugas Keamanan.

Kepala Dinas Kesbangpol, Keni Wonda memberikan apresiasi kepada pihak Bank Papua dan pihak keamanan yang turut membantu terlaksananya penyaluran BLT Dana Desa untuk zona II ini.

“Kami harap para kepala desa bisa mengatur dana BLT tersebut dengan baik agar bisa tersalurkan ke masyarakat dan masyarakat kami juga bisa merasakan pembangunan di Desa masing masing,” ungkap Keni. 

Perwakilan aparat keamanan, Ipda Safrudin menuturkan, para Kepala Desa harus menggunakan Dana tersebut sesuai peruntukannya.

"Karena kami dari aparat keamanan akan terus memantau penggunaan dana tersebut. Jika nantinya ada aparat desa yang dengan sengaja menyalahgunakan dana tersebut maka akan kami tindak secara hukum,” tegasnya.

Sementara itu, Sekretaris DPMK Isman didampingi Kabid Pengawasan, Pengendalian Program Pembangunan Kampung, Noap Baminggen, S.Sos menjelaskan, penyaluran bantuan langsung tunai/Dana Desa dan Alokasi Dana Desa sebesar 40% untuk 7 Distrik 106 Desa telah berjalan dengan baik. 

"Kami dari Dinas PMK bersama dari Inpsektorat Daerah turut langsung mengawasi Pencairan dana tersebut," ucapnya

Usai pencairan dana tersebut, selaku Koordinator Pembayaran Dana Desa Bank Papua Cabang Mulia, Hadikin menyampaikan terima kasih Pemerintah Provinsi Papua dan Pemerintah Daerah Kabupaten Puncak Jaya yang telah mempercayakan pembayaran BLT Dana Desa ini kepada PT. Bank Pembangunan Daerah Papua.

Salah seorang masyarakat yang ikut menyaksikan mengaku senang dengan mekanisme penyaluran tersebut, menurutnya BLT kali ini sangat bermanfaat untuk dipergunakan memenuhi keperluan sehari - hari.

Terpantau pembayaran BLT Dana Desa dari 106 Desa ini masih ada pembayaran kepada 6 Desa yang ditangguhkan akibat ketidakhadiran Kepala Desa. (Adv) 


BACA JUGA

Puncak Jaya Kondusif Pasca Saling SerangĀ  Pendukung Caleg Partai Gerindra dan NasDem

Jumat, 01 Maret 2024 | 14:31 WIB

Plh Sekda Puncak Jaya Minta TPID Rutin Pantau Harga Sembako

Senin, 29 Januari 2024 | 12:26 WIB

Pj Bupati Puncak Jaya Resmikan Gedung Perpustakaan Daerah dan 90 Proyek Pembangunan

Senin, 22 Januari 2024 | 17:57 WIB

Letakkan Batu Pertama Kantor Gereja Immanuel Yalinggua, Pj Sekda Yubelina Sampaikan Ini

Jumat, 19 Januari 2024 | 21:14 WIB

APBD TA 2024 Kabupaten Puncak Jaya Resmi Ditetapkan, Totalnya Rp1,722 Triliun

Jumat, 19 Januari 2024 | 07:32 WIB
TERKINI

Sabtu Halal Bihalal Jurnalis se Jayapura, Vanwi Subiyat: Jadi Ajang Temu Paling Romantis

18 Jam yang lalu

Freeport Indonesia Bina Pengusaha Muda Papua melalui Papuan Bridge Program

18 Jam yang lalu

Kembalikan Uang Pemudik Rp100 Juta, Aiptu Supriyanto Dihadiahi Sekolah Perwira dari Kapolda Lampung

21 Jam yang lalu

Tempat Produksi Miras CT di Wamena Jayawijaya Digerebek Polisi

21 Jam yang lalu

Jaga Sitkamtibmas dari Aksi KKB, Personel Damai Cartenz Rutin Gelar Patroli di Wilayah Kiwirok

21 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com