MENU TUTUP

Polda Papua Gelar Penyusunan Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2020

Selasa, 19 Januari 2021 | 18:04 WIB / Andi Riri
Polda Papua Gelar Penyusunan Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2020 Polda Papua menggelar kegiatan Penyusunan Laporan Keuangan tahun anggaran 2020, berlangsung di Aula Rastra Samara, Selasa (19/01) pagi/dok.Humas Polda Papua

JAYAPURAwartaplus.com – Polda Papua menggelar kegiatan Penyusunan Laporan Keuangan tahun anggaran 2020, berlangsung  di Aula Rastra Samara, Selasa (19/01) pagi

Kegiatan dibuka Irwasda Polda Papua, yang didampingi sejumlah pejabat utama Polda Papua, Kepala KPPN Jayapura, Nur Hidayat, Kanwil DJPB Aulia Ichsan, para Kasie Keu Polres Jajaran dan Satker Polda Papua.

Dalam sambutannya, Irwasda Alfred menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan, yang salah satu tujuannya adalah untuk menyusun laporan Keuangan yang transparan dan akuntabel.

"Salah satu kegiatannya yaitu dengan melakukan rekonsiliasi atau pencocokan dan penelitian terhadap data pada Simak-BMN (Sistem Informasi Manajemen dan Akuntansi Barang Milik Negara) dengan Saiba (Sistem Akuntansi Instansi Berbasis Akrual)," papar Alfred

Selain itu juga bertujuan untuk melakukan verifikasi terhadap pertanggungjawaban laporan keuangan, sehingga tersaji sesuai prinsip rational acauntable yaitu wajar dan dapat dipertanggungjawabkan. 

Kegiataan mengusung tema ”Melalui Penyusunan dan Penyajian Laporan Keuangan yang Transparan dan Akuntabel Kita Pertahankan Opini WTP”.

"Sebagaimana kita maklumi bahwa keberadaan dan peranan fungsi keuangan pada institusi Kepolisian sangat strategis, karena merupakan salah satu indikator penting terhadap penilaian Kinerja Kepolisian secara keseluruhan," ujar Alfred. 

Raih WTP

Prestasi bidang keuangan secara nasional cukup membanggakan dimana Polri adalah salah satu Lembaga pemerintah yang telah memperoleh penilaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dan memperoleh Pin Emas atas laporan keuangan 6 (enam) tahun berturut-turut.

Oleh karena itu, kendala-kendala di atas harus dijadikan bahan renungan untuk mencari  solusinya  di anggaran 2021 dan tahun-tahun selanjutnya.

Berkait dengan penyusunan laporan Keuangan T.A 2020, Alfred menekankan, laksanakan kegiatan ini dengan sungguh-sungguh. 

Lakukan koordinasi dan kerjasama yang sinergis antara operator saiba selaku pengemban fungsi keuangan dan operator simak bmn. 

"Selaku pengemban fungsi logistik, kendala yang sering dijumpai dalam pelaksanaan rekonsiliasi dan penyusunan laporan keuangan adalah karena antara Operator Saiba dan Simak BMN kurang koordinasi, tidak dilakukannya rekon internal satker secara rutin," tekannya.

Irwasda Papua, Kombes Pol Alfred Papare

Evaluasi Kasatker

Kapada para kasatker selaku KPA (Kuasa Pengguna Anggaran) agar melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan program dan kegiatan serta realisasi anggaran tahun 2020. 

Tindak lanjuti temuan Wasrik Rutin dari Itwasda Polda Papua maupun temuan Wasrik Itwasum Polri dan lakukan pembenahan terhadap kelemahan-kelemahan dalam pengelolaan keuangan negara khususnya dalam laporan pertanggungjawaban keuangan sehingga dapat tersaji secara wajar, rasional dan dapat dipertanggungjawabkan secara formil maupun materil.

Dalam pengelolaan keuangan dan logistik, lakukan komunikasi dan koordinasi dengan pembina fungsi perencanaan, fungsi keuangan dan logistik serta fungsi pengawasan baik internal maupun eksternal

Terakhir, perhatikan aspek kesejahteraan dan karier Para Kaur/Kasie Keu, Para Operator Saiba dan Operator Simak BMN serta personel-personel pengelola anggaran lainnya.

"Berikan reward bagi yang berprestasi sesuai bidangnya, hal ini untuk memberikan motivasi dalam peningkatan kinerja bidang keuangan dan Simak BMN," pesan Irwasda

Kabid Keu Polda Papua dalam kesempatanya mengatakan, berharap dengan adanya kegiatan ini Para Kasi Keu memahami apa yang menjadi Tupoksi kita agar apa yang kita raih pada hari ini bisa kita pertahankan.**


BACA JUGA

Bertemu Polisi New Zealand, Kapolda Papua: Ada Pihak Manfaatkan Isu Penyanderaan Kapten Philips

Senin, 26 Februari 2024 | 19:05 WIB

Sebanyak 1.297 TPS di Tanah Papua Belum Mencoblos, Terbanyak Daerah yang Gunakan Sistem Noken

Kamis, 15 Februari 2024 | 07:43 WIB

Konflik Warga di Kampung Karya Bumi Nimboran, Kedua Pihak Sepakat Damai

Minggu, 07 Januari 2024 | 05:47 WIB

Kapolda Papua Pimpin Sertijab Empat Pejabat Utama dan Dua Kapolres

Kamis, 04 Januari 2024 | 18:33 WIB

Kapolda Papua: Pendekatan Kesejahteraan Tetap Dikedepankan dalam Penanganan KKB di 2024

Senin, 01 Januari 2024 | 08:04 WIB
TERKINI

Ribka Haluk Berikan Pujian Khofifah Parawansa yang Terima Penghargaan Satyalancana dari Presiden

5 Jam yang lalu

Menuju Papua Satu, Ini Catatan Sejarah Paulus Waterpauw

5 Jam yang lalu

Pj Ketua TP-PKK Puncak Jaya Hadiri Penutupan Rakorda se-Papua Tengah

5 Jam yang lalu

Momen RAFI 2024, Kabupaten Nduga Tertinggi Penggunaan Layanan Data Telkomsel

12 Jam yang lalu

Penyusunan RKPD dan Otsus Provinsi Papua 2025 Diharapkan Selaras dengan Visi Misi Kepala Daerah yang Baru

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com