MENU TUTUP

Gangguan Tembakan dari KKB, Bandara Ilaga Kembali Ditutup

Senin, 07 Juni 2021 | 17:40 WIB / Andy
Gangguan Tembakan dari KKB, Bandara Ilaga Kembali Ditutup Suasana di Bandara Ilaga, Kabupaten Puncak/Istimewa

JAYAPURA,wartaplus.com - Pasca ditutup sejak Sabtu lalu hari ini aktivitas di Bandara Aminggaru Ilaga kembali dibuka untuk melayani penerbangan. Namun penerbangan masih dibatasi dan hanya melayani penerbangan emergency.

Pembatasan ini dilakukan karena masih adanya sejumlah fasilitas seperti menara Air Traffic Control dan ruang tunggu bandara yang rusak akibat dibakar Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pada Kamis lalu.

" Tadi pagi sudah dibuka kembali, tapi masih dibatasi dan hanya melayani penerbangan yang bersifat emergency," kata Kepala Bandara Ilaga, Herman Sujito ketika dikonfirmasi pada Senin (7/6/21) siang.

Meski sempat dibuka, namun Bandara Ilaga akhirnya kembali ditutup karena adanya gangguan tembakan dari Kelompok Kriminal Bersenjata di ujung bandara.

"Sudah dibuka dan ada dua penerbangan yang masuk, tapi kemudian ditutup kembali karena ada lagi gangguan tembakan yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata di ujung Bandara Ilaga tadi pagi," jelas Herman.

Herman bahkan belum bisa memastikan apakah Bandara Ilaga akan dibuka besok. " Belum bisa dipastikan karena masih ada gangguan tembakan, kalau besok sudah tidak ada gangguan pasti pesawat juga sudah bisa masuk," imbuhnya.

Sementara itu, Kapolres Puncak, I Nyoman Puniaengatakan, aparat gabungan TNI-Polri terus dikerahkan untuk melakukan pengejaran dan penegakan hukum terhadap kelompok kriminal bersenjata.

" Kita TNI-Polri sampai hari ini terus melakukan pengejaran dan penegakan hukum terhadap kelompok ini. Kita tidak ingin mereka melakukan kekacaian di Ilaga dan seluruh Kabupaten Puncak ini," tegasnya.

Selain pengejaran, kapolres juga menyebut bahwa  aparat gabungan TNI-Polri juga disiagakan untuk menjaga sejumlah fasilitas umum dan kantor pemerintah di dalam Kota Ilaga yang menjadi sasaran dari Kelompok Kriminal Bersenjata.

" Pengalaman di dalam Kota Ilaga juga diperketat, anggota kita terus melakukan patroli dan menjamin keamanan warga disini," tutupnya.

Sebelumnya, sejumlah fasilitas di Bandara Ilaga, seperti tower bandara, ruang tunggu, dan sejumlah rumah milik Dinas Perhubungan Puncak dibakar oleh Kelompok Kriminal Bersenjata pada Kamis malam.  

 


BACA JUGA

Dicoret Dari Daftar Penyuplai Ikan di PON XX, Pemda Puncak Jaya Kecewa

Rabu, 23 Juni 2021 | 19:10 WIB

Dilaporkan Kepala Kampung ke KPK, Ini Tanggapan Bupati Puncak Jaya

Senin, 21 Juni 2021 | 14:26 WIB

Ketua DPRD Tolikara Bantah Transfer Dana untuk Beli Senjata Kelompok Teroris Papua

Sabtu, 19 Juni 2021 | 09:33 WIB

Sebby Sambom Diingatkan Jangan Tebar Teror ke Warga

Jumat, 18 Juni 2021 | 11:01 WIB

4 Senjata Api Milik Kelompok Kriminal Bersenjata Wilayah Mamta Diserahkan ke Polisi

Kamis, 17 Juni 2021 | 19:46 WIB
TERKINI

Kapolri, Jaksa Agung, Menkominfo Tandatangani SKB Pedoman Implementasi UU ITE

7 Jam yang lalu

Polres Biak Rutin Patroli Dialogis, Jalin Komunikasi Humanis dengan Warga

16 Jam yang lalu

Komnas HAM RI Tinjau Ruang Tahanan Polresta Jayapura Kota

16 Jam yang lalu

Dicoret Dari Daftar Penyuplai Ikan di PON XX, Pemda Puncak Jaya Kecewa

18 Jam yang lalu

Kapolda Papua Pimpin Upacara Tradisi Pencucian Pataka Rastra Samara

18 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com