MENU TUTUP

Sebanyak 217 Bus Operasional PON dan Peparnas Papua Telah Dipasangi GPS

Selasa, 27 Juli 2021 | 07:34 WIB / Andi Riri
Sebanyak 217 Bus Operasional PON dan Peparnas Papua Telah Dipasangi GPS Kadiskominfo Papua, Jeri A Yudianto bersama Kadis Perhubungan, Reky D Ambrauw saat meninjau bus yang dipasangi GPS oleh Kemenhub di Jakarta/Istimewa

JAYAPURAwartaplus.com – Sebanyak 217 dari 428 bus operasional PON XX dan Peparnas XVI Papua 2021, mulai dipasangi GPS atau Global Positioning System. Pemasangan GPS dilakukan oleh Kemenhub RI di Jakarta, Senin (26/7/2021) kemarin. 

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Papua Jeri A. Yudianto mengatakan, saat ini pihak Kemenhub RI tinggal menunggu 211 bus sisa, untuk dilakukan pemasangan GPS dengan target rampung sebelum 21 Agustus 2021 mendatang. 

“Dengan demikian bila sesuai rencana, diharapkan pada awal September mendatang, seluruh bus operasional PON sudah bakal di empat klaster penyelanggaraan PON XX,” kata Jeri saat dikonfirmasi via telepon, Selasa (27/7/2021) pagi.

Sehari sebelumnya bersama Kadis Perhubungan Papua, ungkap Jeri, juga telah dilakukan pertemuan dengan Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub RI didampingi Sesditjen Perhubungan Darat Kemenhub RI, di Jakarta, turut membahas perekrutan sopir (dari Papua) untuk 217 unit micro buss dari Kemenhub RI.

Serta telah melakukan pengecekan langsung kesiapan aksebilitas bus untuk dukungan bagi atlet penyandang disabilitas (Peparnas XVI). 

“Khusus teknis perekrutan sopir dari Papua itu nanti ditanyakan langsung kepada Kepala Dinas Perhubungan Papua,” tukasny.

Sementara itu, proses pengerjaan GPS yang meliputi instalasi dan testing  diperkirakan membutuhkan waktu maksimal 7 hari kerja, untuk 217 bus yang dihibahkan. 

Keberadaan GPS diharapkan mampu memaksimalkan layanan tranportasi darat bagi atlet dan ofisial, lewat sistem aplikasi, saat berlangsungnya PON XX dan Peparnas XVI.

Sementara itu, sebanyak 428 bus operasional PON dan Peparnas Papua akan dibagi langsung ke empat klaster dari Jakarta, lewat jalur laut.

Dimana untuk klaster Kota dan Kabupaten Jayapura mendapatkan alokasi 298 unit bus. Sedangkan klaster Mimika dan Merauke masing-masing 92 dan 38 unit bus. **

 

 

 


BACA JUGA

Menggugah Perusahaan Jadi Sponsor

Peparnas XVI Jadi Ajang Pembuktian 1000-an Atlet Disabilitas di Bumi Papua

Minggu, 17 Oktober 2021 | 17:15 WIB

Berhasil Pertahankan Juara Umum di PON XX Papua, Ridwan Kamil Beberkan Tipsnya

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 17:45 WIB

Cicipi Buah Pinang, Ridwan Kamil Ungkap Simbol Persaudaraan Masyarakat Papua

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 17:32 WIB

Wapres: Sejarah Akan Mencatat Papua Sukses Selenggarakan PON XX

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 06:49 WIB

Dukungan Masyarakat Indonesia Lewat Tagar EnesisDukungPONXXPAPUA

Jumat, 15 Oktober 2021 | 17:37 WIB
TERKINI

Raih Sertifikat CHSE,  Frontone Budget Hotel Abepura Jadi Yang Terbaik

7 Jam yang lalu

Otsus Bukan Gagal Tapi Eksekutor Tidak Mumpuni, Komjen Paulus Waterpauw: Penyelenggara Pemerintahan Perlu Dibenahi

8 Jam yang lalu

Empat Hal yang Mempengaruhi Terjadinya Kemiskinan Ekstrem di Puncak Jaya

9 Jam yang lalu

Tiga Tahun Berturut, Puncak Jaya Berhasil Pertahankan WTP

11 Jam yang lalu

Prahara Di Tambang Freeport

21 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com