MENU TUTUP

Peringati Hari Bhakti PUPR ke-76, BWS Papua Tanam Pohon di Kampung Yokiwa

Kamis, 09 Desember 2021 | 15:08 WIB / Andi Riri
Peringati Hari Bhakti PUPR ke-76, BWS Papua Tanam Pohon di Kampung Yokiwa Asisten II Sekda Kabupaten Jayapura, Joko Sunaryo secara simbolis melakukan penanaman pohon didampingi Kepala BWS Papua, Nimbrot Rumaropen (kanan) di Kampung Yokiwa, Kamis (09/12)/Andi Riri

SENTANIwartaplus.com - Dalam rangka memperingati hari Bhakti PUPR ke-76 yang jatuh setiap tanggal 3 Desember, Balai Wilayah Sungai  (BWS) Provinsi Papua kembali melakukan aksi tanam pohon di sekitaran Danau Sentani, Kabupaten Jayapura, pada Kamis (09/12).

Kali ini, BWS Papua menyasar kawasan kampung Yokiwa, Distrik Sentani Timur. Disana, sebanyak 5.000an bibit pohon buah buahan seperti matoa, klengkeng, rambutan, nangka, mangga, dibagikan ke masyarakat untuk ditanam.

Sebanyak 40 bibit lainnya ditanam secara simbolis oleh Bupati Kabupaten Jayapura yang diwakili oleh Asisten II Setda, Joko Sunaryo dan Asisten I, Abdurrahman Basri, Kepala BWS Papua, Nimbrot Rumaropen ST.MT bersama jajaran, Paguyuban BWS, perwakilan TNI Polri, para tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh agama serta komunitas pemuda Kampung Yokiwa.

Kepala BWS Papua, Nimbrot Rumaropen mengatakan, aksi penanaman pohon merupakan agenda tahunan yang digelar Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR, melalui kegiatan Program Gerakan Kemitraan Penyelamatan Air.

"DAS (Daerah Aliran Sungai) Sentani merupakan salah satu DAS Prioritas sesuai dengan Perpres tahun 2021 tentang penyelamatan danau danau prioritas di Indonesia termasuk danau Sentani yang perlu diselamatkan," ujar Nimbrot dalam sambutannya

Menurut ia, penanaman pohon adalah salah satu upaya penyelamatan yang dilakukan pihaknya, selain kegiatan non fisik.

"Sebagai informasi tahun lalu, kami juga sudah menanam pohon di beberapa tempat di sekitaran danau Sentani dan tahun ini kami laksanakan di Kampung Yokiwa," sebutnya.

Nimbrot menambahkan sesuai arahan Menteri PUPR, maka pohon yang ditanam harus bermanfaat bagi masyarakat seperti tanaman buah buahan

"Jadi kita bersama sama dengan masyarakat menanam pohon, sesuai apa yang diinginkan oleh masyarakat, itu yang kita tanam," terang Nimbrot.

Dia berharap, masyarakat Kampung Yokiwa harus punya rasa memiliki serta ikut memelihara supaya pohon yang ditanam benar benar dirasakan manfaatnya terutama untuk meningkatkan perekonomian keluarga.

Selain ditanam di lahan kosong, bibit yang disediakan juga dibagikan secara langsung kepada masyarakat untuk ditanam di pekarangan rumahnya, sekolah maupun tempat ibadah.

"Mudah mudahan pohon yang ditanam bisa bermanfaat bagi masyarakat kampung Yokiwa," harap Nimbrot.

Asisten II Setda Kabupaten Jayapura, Joko Sunaryo kepada BWS Papua yang sudah beberapa kali melakukan penanaman pohon di wilayah sekitaran danau Sentani

"Kegiatan ini bagian dari penyelamatan lingkungan. dimana sesuai dengan amanat Presiden bagaimana menghijaukan bumi," ucapnya.

Ia berharap masyarakat kampung Yokiwa bisa menjaga dengan baik apa yang sudah ditanam.

"Terima kasih kepada Kepala Kampung dan masyarakat yang sudah sediakan tempat untuk penanaman pohon. Tolong ini dijaga dengan baik, sehingga bisa memberikan manfaat terutama dalam meningkatkan perekonomian keluarga,"pinta Joko.**


BACA JUGA

Peringati Hari Air Dunia ke-32, Ini Tiga Kegiatan yang Digelar BWS Papua

Sabtu, 02 Maret 2024 | 11:16 WIB

Antisipasi Banjir, BWS Papua Kembali Gelar Aksi Bersih Sungai Acai dan Penanaman Pohon

Jumat, 01 Desember 2023 | 11:54 WIB

TKPSDA WS Mamberamo Tami Apauvar Gelar Sosialisasi dan Sidang Pleno Pertama

Rabu, 29 November 2023 | 11:47 WIB

Peringati Hari Sungai Nasional, BWS Papua Gelar Susur dan Bersih Sungai Acai

Kamis, 27 Juli 2023 | 12:41 WIB

Presiden Jokowi Tegaskan Hubungan Kerjasama Ekonomi Indonesia dan PNG Berjalan Baik

Kamis, 06 Juli 2023 | 20:46 WIB
TERKINI

Momen Hari Kartini, TP-PKK Puncak Jaya Perkenalkan Kerajinan Tangan Khas Daerah

4 Jam yang lalu

Mendagri Perpanjang Masa Jabatan Penjabat Sekda Papua, Derek Hegemur

7 Jam yang lalu

Peralihan Uang Kartal ke Uang Digital, Penyebab Turunnya Realisasi SERAMBI 2024 di Papua

11 Jam yang lalu

Pemprov Papua Dukung Audit Rinci LKPD 2023, Kepala OPD Diminta Siapkan Data

1 Hari yang lalu

Respon Cepat Pemprov Papua Tengah dan PJN Nabire Atasi Longsor di Jalan Trans Paniai

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com