MENU TUTUP

Tren Belanja Online Tokopedia di Indonesia Bagian Timur Meningkat Jelang Akhir Tahun

Selasa, 28 Desember 2021 | 11:18 WIB / Andi Riri
Tren Belanja Online Tokopedia di Indonesia Bagian Timur Meningkat Jelang Akhir Tahun Tokopedia/Istimewa

JAKARTAwartaplus.com - Belanja online terus menjadi pilihan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan mereka. Tokopedia pun umumkan sejumlah temuan menarik tentang perilaku belanja online masyarakat, khususnya di Indonesia bagian timur, jelang akhir tahun 2021. 

External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya dalam siaran persnya yangg diterima wartaplus.com, Senin (27/12), mengungkapkan, adanya peningkatan jumlah penjual hampir 1,5x lipat, khususnya di wilayah Indonesia bagian timur, selama menjelang akhir tahun 2021 dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Peningkatan ini, tutur Chandra, didorong oleh berbagai inisiatif yang telah diluncurkan oleh Tokopedia.

"Salah satunya inisiatif Hyperlocal beserta serangkaian turunan programnya yang terus meningkatkan antusiasme masyarakat untuk belanja online yang juga mendorong bertambahnya jumlah penjual di Tokopedia," tuturnya.

Inisiatif Hyperlocal disesuaikan dengan kebutuhan setiap daerah dan bertujuan mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat supaya masyarakat bisa berbelanja dengan lebih efisien, serta memberikan kesempatan yang sama kepada UMKM di seluruh penjuru Indonesia untuk bertumbuh.

Di sisi lain, lanjut Chandra, jumlah transaksi di Tokopedia juga mengalami peningkatan. "Tokopedia mencatat adanya  peningkatan transaksi hampir 2x lipat, khususnya di wilayah Indonesia bagian timur, selama menjelang akhir tahun 2021 dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya, sebutnya.

Khusus di wilayah Indonesia bagian timur, kategori Kesehatan dan Perawatan Diri, Fashion, Makanan dan Minuman, serta Elektronik menjadi beberapa kategori yang paling laris di Tokopedia, menjelang akhir tahun 2021.

Pemilik Belanja Termurah, Marice, adalah contoh UMKM asal Papua yang merasakan manfaat dari berjualan online di Tokopedia. 

“Semenjak kuartal II 2021, jumlah transaksi saya meningkat 3x lipat dibandingkan sebelumnya. Melalui Tokopedia, saya juga bisa menjangkau seluruh Indonesia bahkan mencapai Aceh,” ungkap Marice. 

Tokopedia ke depannya akan terus berkomitmen #SelaluAdaSelaluBIsa dalam membantu masyarakat beradaptasi menghadapi perkembangan era melalui teknologi. 

"Kami akan terus berusaha untuk berkolaborasi dengan para mitra strategis demi menciptakan inovasi terbaik,” tutup Chandra.**


BACA JUGA

Transaksi Terus Meningkat, Mitra Tokopedia Kini Fokus Tawarkan Produk Digital

Selasa, 18 April 2023 | 06:44 WIB

Pilihan Hobi Baru di Tahun Baru, Tingkatkan Mood Positif ala Tokopedia

Kamis, 19 Januari 2023 | 20:44 WIB

Tokopedia Jadi Mitra E-Commerce Resmi PON XX Papua 2021

Minggu, 03 Oktober 2021 | 08:13 WIB
TERKINI

Siapapun Anak Papua Bisa Mencalonkan Diri Sebagai Cagub Papua

1 Hari yang lalu

Sabtu Halal Bihalal Jurnalis se Jayapura, Vanwi Subiyat: Jadi Ajang Temu Paling Romantis

1 Hari yang lalu

Freeport Indonesia Bina Pengusaha Muda Papua melalui Papuan Bridge Program

1 Hari yang lalu

Kembalikan Uang Pemudik Rp100 Juta, Aiptu Supriyanto Dihadiahi Sekolah Perwira dari Kapolda Lampung

2 Hari yang lalu

Tempat Produksi Miras CT di Wamena Jayawijaya Digerebek Polisi

2 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com