MENU TUTUP

Bertemu Dubes Rusia, Gubernur Papua Nitip Pesan Untuk Presiden Putin

Senin, 28 Maret 2022 | 19:01 WIB / Andi Riri
Bertemu Dubes Rusia, Gubernur Papua Nitip Pesan Untuk Presiden Putin Gubernur Papua Lukas Enembe saat bertemu Duta Besar Federasi Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobyeva, Senin (28/03) siang di Jakarta/dok:Istimewa

JAKARTAwartaplus.com - Gubernur Papua, Lukas Enembe melakukan pertemuan dengan Duta Besar Federasi Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobyeva, Senin (28/03) siang di Jakarta.

Dalam pertemuan itu, Gubernur didampingi Samuel Tabuni selaku CEO Papua Language Institute, Alex Kapisa Kepala Badan Penghubung Daerah Provinsi Papua di Jakarta dan Juru Bicara Gubernur Papua, Muhammad Rifai Darus

Pertemuan tersebut banyak menyajikan diskusi menarik, utamanya seputar pendidikan dan beasiswa.

Gubernur Lukas Enembe melalui Juru Bicaranya Rifai Darus menyampaikan ucapan terima kasih atas penerimaan yang hangat selama ini dari Federasi Rusia kepada seluruh mahasiswa asal Papua yang berkesempatan menempuh pendidikan tinggi di Rusia. 

"Gubernur sangat kagum atas program beasiswa dari Pemerintah Rusia melalui Pusat Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan Rusia yang secara konsisten diberikan kepada anak-anak Indonesia dan termasuk didalamnya ada beberapa putra-putri Asli Papua," tutur Rifai dalam rilisnya yang diterima wartaplus.com, Senin malam.

Gubernur Lukas Enembe juga menitipkan kepada Duta Besar Lyudmila Vorobyeva untuk disampaikan kepada Pemerintah Federasi Rusia agar senantiasa menjaga dan memberikan rasa aman kepada seluruh putra-putri Asli Papua yang kini menempuh pendidikan tinggi di Rusia, baik mereka yang mendapatkan beasiswa dari Pemerintah Rusia maupun beasiswa dari Pemerintah Provinsi Papua.

Dalam pertemuan tersebut, Duta Besar Lyudmila Vorobyeva yang didampingi Victoria selaku Direktur Pusat Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan Rusia menyampaikan wacananya terkait penambahan slot beasiswa khusus dari Pemerintah Rusia untuk putra-putri Asli Papua. 

"Hal ini tentu disambut baik oleh Gubernur Lukas Enembe karena pendidikan adalah pondasi penting bagi Tanah Papua untuk dapat bertumbuh dan bergerak maju," kata Rifai.

Lanjut ia, Gubernur Lukas Enembe juga mengundang Victoria selaku Direktur Pusat Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan Rusia ke Papua untuk dapat meresmikan Pusat Kebudayaan Rusia di salah satu perguruan tinggi di Provinsi Papua. 

"Dalam hal ini, Gubernur berpendapat bahwa Pemerintah Rusia tidak hanya menerima putra-putri Asli Papua untuk menempuh pendidikan di Rusia saja tetapi juga terjadi transfer knowledge dari para pengajar (baik dosen/guru) terbaik asal Rusia kepada mahasiswa-mahasiswi yang ada di Papua," ungkap Rifai.

Pada pertemuan tersebut, Gubernur Lukas Enembe juga menyampaikan keinginannya agar Presiden Rusia Vladimir Putin yang direncanakan akan hadir pada KTT G20 di Bali akhir tahun nanti diharapkan pula untuk dapat mengunjungi Tanah Papua. 

"Gubernur Papua ingin berdiskusi menyoal rencana pembangunan Bandara Antariksa di Biak, Gubernur berpendapat bahwa beliau ingin mendapat insight dari Pemerintah Rusia yang memiliki Kosmodrom tertua di dunia dan masih aktif hingga saat ini," pungkas Rifai.**

 

 


BACA JUGA

Istri dan Anak Gubernur Papua Lukas Enembe Penuhi Panggilan KPK

Rabu, 18 Januari 2023 | 19:38 WIB

Kapolda Papua Ajak Masyarakat Hargai Penegakan Hukum Lukas Enembe oleh KPK

Rabu, 11 Januari 2023 | 18:30 WIB

Pasca Penangkapan Lukas Enembe, Kapolresta Jayapura Imbau Warga Jaga Situasi Aman dan Kondusif

Selasa, 10 Januari 2023 | 13:27 WIB

Jelang Akhir Masa Jabatan, Lukas Enembe Resmikan 9 Gedung Pemerintahan Provinsi Papua

Jumat, 30 Desember 2022 | 18:28 WIB

Pemeriksaan Lukas Enembe Berjalan Lancar, Ketua KPK Sampaikan Terima Kasih Kepada Keluarga

Kamis, 03 November 2022 | 18:10 WIB
TERKINI
Ketua Peradi Kota Jayapura, Petrus Paulus Ell

Peradi Kota Jayapura Akan Memberikan Bantuan Hukum Secara Gratis Kepada Masyarakat

3 Jam yang lalu

DPD PDIP Papua akan Gelar Hajatan Besar 8 - 9 Februari di GOR Cenderawasih Jayapura

9 Jam yang lalu

Dua Korban Perahu Karam di Sungai Mamberamo Ditemukan Meninggal Dunia

16 Jam yang lalu

Seorang Pemilik Bengkel Terluka Parah Dibacok OTK di Intan Jaya

19 Jam yang lalu

Dipilih Secara Aklamasi, Gubernur Waterpauw Pimpin Asosiasi Kepala Daerah se Tanah Papua

20 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com