MENU TUTUP

Satgas TNI Yonif 126/KC Temukan Ladang Ganja Seluas 400 Meter di Perbatasan RI-PNG

Kamis, 19 Mei 2022 | 14:37 WIB / Andy
Satgas TNI Yonif 126/KC Temukan Ladang Ganja Seluas 400 Meter di Perbatasan RI-PNG Personil Satgas Pamtas Yonif 126/Kala Cakti menemukan lading ganja di wilayah perbatasan/ Istimewa

JAYAPURA, wartaplus.com - Personil Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Yonif 126/ Kala Cakti berhasil menemukan ladang ganja seluas 400 meter persegi di Kampung Waris, Distrik Waris, Kabupaten Keerom,  Papua.

Komandan Satgas Yonif 126/ Kala Cakti, Letkol Inf Dwi Widodo dalam keterangan persnya, Kamis (19/05) menjelaskan, pengungkapan ladang ganja ini dilakukan setelah personil Satgas Pamtas Yonif 126/CK melakukan razia di jalan trans Jayapura-Wamena pada pekan lalu.

Dalam razia tersebut, personel Satgas Pamtas Yonif 126/ Kala Cakti menemukan salah satu pengendara yang membawa ganja tujuan Kota Jayapura, sehingga diamankan di pos Yonif 126/CK.

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan, pelaku mengaku ganja yang dibawa merupakan hasil panen di salah satu kebun milik warga yang berada ditengah hutan yang berbatasan dengan negara Papua New Guinea.

“ Penemuan ladang ganja ini merupakan hasil dari pengembangan dari hasil sweeping kendaraan yang dilakukan oleh jajaran Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 126/KC di Pos Kalimao beberapa waktu lalu. Dari sweeping yang dilaksanakan itu, kami mengamankan seorang masyarakat yang membawa narkotika jenis ganja siap pakai sebanyak 5 bungkus,” jelas Dansatgas.

Berbekal informasi tersebut, personil Satgas Yonif 126/Kala Cakti melakukan penyelidikan dan berhasil menemukan ladang ganja yang berada ditengah perkebunan warga dengan luas mencapai 400 meter dengan ketinggian pohon ganja mencapai 3-5 meter.

“Ratusan pohon ganja ini diduga sengaja ditanam oleh warga setempat dan sudah bebrapa kali dipanen. Seluruh pohon ganja yang ditemukan lalu disita dengan dicabut dan dibawa ke pos Satgas Pamtas Waris untuk diserahkan ke polisi,” bebernya.

Pasca temuan tersebut, personil Satgas Yonif 126/Kala Cakti memperketat pengamanan degan melakukan razia rutin di beberapa titik jalan trans Jayapura-Wamena untuk mencegah peredaran narkotika jenis ganja.**

 


BACA JUGA

Prajurit Kesehatan Satgas Yonif 126/KC Tutup Usia, Pengantaran Jenazahnya Dipimpin Kasrem 172/PWY

Sabtu, 25 Juni 2022 | 08:04 WIB

Satgas TNI 756/WMS Ciduk Dua Pemuda Membawa 5 Kg Ganja di Perbatasan RI - PNG

Minggu, 29 Mei 2022 | 20:08 WIB

Jalin Sinergitas Kapolres Keerom Kunjungi Sejumlah Pos Pamtas TNI di Wilayahnya

Rabu, 11 Agustus 2021 | 19:05 WIB

Patroli Gabungan di Kampung Perbatasan PNG, Petugas Tegur Warga Pembuat Miras Lokal

Selasa, 27 Juli 2021 | 18:25 WIB
TERKINI

2.500 Peserta Hadiri Camporee Pathfinder I se Tanah Papua

25 Menit yang lalu

Pengacara Kondang Pieter Ell Kembali Bermain Film

48 Menit yang lalu
Generasi Muda Harus Banyak Melakukan Hal Positif

Kominfo Mengajak Pemuda Papua Sebarkan Produktivitas Lewat Konten Digital

3 Jam yang lalu

Minyak Goreng Curah Kemasan Permudah Distribusi dan Jaga HET

8 Jam yang lalu

Kemenag Lebak Pastikan Jamaah Calon Haji Sehat dan Siap Wukuf

8 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com