MENU TUTUP

Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2022, Sasar 6 Titik di Wilayah 3T Papua

Selasa, 21 Juni 2022 | 11:03 WIB / Andi Riri
Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2022, Sasar 6 Titik di Wilayah 3T Papua Acara pelepasan Ekspedisi Rupiah Berdaulat di Pelabuhan Kota Jayapura, Senin (20/06)/dok:istimewa

JAYAPURA, wartaplus.com - Bank Indonesia bekerjasama dengan TNI Angkatan Laut kembali  menggelar kegiatan Kas Keliling di Wilayah 3 T (Terdepan, Terluar dan Terpencil). 

Di tahun ini, BI dan TNI AL akan memperluas jangkauan layanan kas keliling dengan program yang lebih terpadu dengan mengusung tema “Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2022”, dimana akan dilaksanakan kegiatan kaskel (kas keliling) 3T sebanyak 16 kali di 16 Provinsi dengan target 81 pulau yang dikunjungi.

Di Provinsi Papua, kegiatan kaskel akan menyasar 6 titik di wilayah 3T antara lain; P. Liki – Distrik Teba Warembori – P. Bepondi – P. Numfoor – Waropen – dan P. Yapen (Serui), dengan menggunakan Kapal Perang KRI Posepa - 870. Ekspedisi akan berlangsung selama satu minggu (20 hingga 26 juni 2022) dengan melibatkan 15 orang Pejuang Rupiah dari sejumlah Kantor pewakilan bank Indonesia di Indonesia

Acara pelepasan Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2022 Provinsi Papua berlangsung di Pelabuhan Kota Jayapura, Senin (20/06) dan dilepas secara resmi oleh Kepala BI Provinsi Papua, Juli Budi Winantya yang didampingi Danlantamal X Jayapura, Brigjen (Mar) Feryanto Marpaung.

Dalam sambutannya, Kepala BI Papua, Juli Budi Winantya menyatakan sejak 2012 sampai dengan 2021, Bank Indonesia dan TNI Angkatan Laut telah melaksanakan 76 kali kegiatan Kas Keliling 3T di 399 pulau. 

"Kegiatan ini bertujuan untuk membantu penyediaan uang layak edar di pulau-pulau terluar yang sulit terjangkau dengan transportasi umum," ujar Juli.

Sosialisasi Cinta Bangga Paham Rupiah

Selain kegiatan pengedaran uang, kata Juli, pada ERB (Ekspedisi Rupiah Berdaulat) juga dilakukan kegiatan sosialisasi atau edukasi Cinta, Bangga dan Paham Rupiah serta Program Sosial Bank Indonesia bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat dengan penyaluran bantuan disektor pendidikan, kesehatan, lingkungan, sosial budaya, dan juga pemberdayaan ekonomi.

Juli menjelaskan, pelaksanaan amanat UU No.7 tahun 2021untuk mengedarkan uang Rupiah ke seluruh penjuru NKRI bukanlah tugas yang mudah,  karena Indonesia memiliki jumlah penduduk terbesar ke-4 di dunia yang tersebar di 17.000 pulau dan wilayah yang sangat luas dengan luas perairannya yang mencakup 70% dari luas wilayah NKRI. 

Selain itu juga terdapat sejumlah tantangan lainnya dalam mengedarkan uang Rupiah di NKRI seperti kondisi geografis kepulauan RI yang berbatasan dengan 11 negara tetangga, ditambah belum meratanya pembangunan infrastruktur. Lalu keberagaman tingkat pendidikan masyarakat yang mempengaruhi perilaku masyarakat dalam merawat uang Rupiah.

Untuk itu, Bank Indonesia dari waktu ke waktu terus melakukan perluasan jangkauan layanan peredaran uang rupiah ke seluruh wilayah NKRI. Selain memiliki jaringan 46 kantor perwakilan yang  tersebar di seluruh Indonesia, Bank Indonesia juga bekerja sama dengan Perbankan dan Tentara Nasional Indonesia, untuk dapat menjangkau seluruh wilayah NKRI termasuk pulau-pulau terluar, dan daerah perbatasan sehingga Rupiah dapat hadir seluruh penjuru negeri. 

"Kehadiran Rupiah diseluruh pelosok negeri merupakan wujud kontribusi kami dalam menjaga Kedaulatan Negara, karena Rupiah adalah simbol kedaulatan negara," kata Juli.

Di akhir sambutannya, Juli menyampaikan terima kasih dan apresiasi khususnya kepada TNI AL, Lantamal X Jayapura, termasuk juga Pemerintah Daerah, perbankan dan pihak-pihak terkait lainnya yang telah dan terus mendukung Bank Indonesia dalam pelaksanaan pendistribusian uang yang berkualitas khususnya ke seluruh wilayah 3T di NKRI dalam rangka menegakkan dan menjaga kedaulatan bangsa dan negara tercinta.

 

 


BACA JUGA

Resmi Jabat Kepala Perwakilan BI Papua, Faturachman Siap Lanjutkan Tugas dan Raih Prestasi

Jumat, 19 Januari 2024 | 20:56 WIB

Pertumbuhan Ekonomi di Papua 2024 Diperkirakan Capai 5,25 Hingga 6,25 Persen

Rabu, 17 Januari 2024 | 18:53 WIB

Sosialisasi Penggunaan Non Tunai di Papua Berhasil, Terbukti dengan Transaksi QRIS Tumbuh Signifikan

Kamis, 14 Desember 2023 | 15:28 WIB

Momen Nataru, BI Papua Siapkan Uang Tunai Rp4,7 Triliun, Imbau Masyarakat Belanja Non Tunai

Sabtu, 09 Desember 2023 | 17:46 WIB

Laju Inflasi 2023 Papua Melandai Berkat Sinergitas Program TPID dengan Berbagai Pihak

Rabu, 06 Desember 2023 | 17:02 WIB
TERKINI

Seorang Anggota Polres Yahukimo Ditemukan Tewas dengan Kondisi Mengenaskan

3 Jam yang lalu

Spesialis Jambret di Kota Jayapura Berhasil Dibekuk Polisi

4 Jam yang lalu

Korupsi Dana Bansos Rp18,2 Milliar, Sekda Keerom Ditetapkan Tersangka

4 Jam yang lalu

Satu Personil Polres Yahukimo Tewas Diserang OTK, Tiga Orang Diamankan

4 Jam yang lalu

Babinsa Pos Ramil Fawi Bersama Warga Gotong Royong Membersihkan Gereja

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com