MENU TUTUP

Penyelundupan Sabu Bernilai Ratusan Juta ke Wamena Jayawijaya Digagalkan Polisi

Senin, 01 Agustus 2022 | 17:56 WIB / Andi Riri
Penyelundupan Sabu Bernilai Ratusan Juta ke Wamena Jayawijaya Digagalkan Polisi Kapolresta Jayapura Kombes Pol Victor Mackbon menghadirkan tigas tersanka kasus sabu sabu dalam jummpa pers di Mapolresta, Senin (01/08) pagi/dok:Humas Resta

JAYAPURA, wartaplus.com – Tim Opsnal Sat Narkoba Polresta Jayapura Kota berhasil mengamankan satu paket narkotika jenis sabu seberat lebih dari 100 gram, yang diselundupkan ke Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua.

Paket sabu yang dikirim menggunakan jasa pengiriman barang tersebut ditaksir bernilai ratusan juta rupiah tersebut. Selain menyitak paket sabu, polisi juga menangkap tiga orang yang diduga sebagai pengedar barang haram tersebut.

Ketiga pelaku masing masing berinisial H (39), R (36) dan RS (37) yang diketahui berstatus sebagai ASN di Kabupaten Yalimo. RS juga merupakan pemilik dari sabu sabu tersebut. Ketiganya ditangkap di lokasi berbeda di Kota Wamena, pada Rabu pekan lalu.

Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol Dr. Victor D. Mackbon, S.H., S.IK., M.H., M.Si dalam keterangan pers di Mapolresta Jayapura Kota, Senin (01/08) pagi menyebut, sabu sabut tersebut dikirim dari kota Makassar, Sulawesi Selatan. Kuat dugaan akan diedarkan di wilayah Papua Pegunungan.

"Pengungkapan kasus tersebut berawal dari informasi yang diterima anggota di lapangan, bahwa akan melintas di Kota Jayapura Narkotika jenis Sabu, ketika tiba di salah satu jasa pengiriman yang ada di Kota Jayapura, dan didapati barang tersebut dikemas di dalam satu set speaker aktif," beber Kapolresta. 

"Tim pun meminta layanan jasa tersebut untuk meneruskan pengiriman hingga ke pemiliknya (RS,red) yang diketahui beralamatkan di Wamena Kabupaten Jayawijaya," lanjut Kapolresta yang dalam keterangan pers didampingi Wakapolresta AKBP Supraptono, S.Sos., M.Si dan Kasat Resnarkoba Iptu Alamsyah Ali, S.H., M.H 

Selanjutnya tim berangkat ke Wamena untuk mengetahui pemilik paket tersebut, hingga paket sabut tersebut diambil oleh seorang saksi DPA yang disuruh tanpa mengetahui isi dari pake.

"Setelah dikembangkan didapati pemiliknya adalah RS (37), H (39) dan R (36) yang dibekuk ditempat terpisah di kota Wamena lalu dibawa ke Jayapura,” jelas Kapolresta.

Saat ini, lanjut ia, ketiga pelaku yang sudah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan sedang menjalani pemeriksaan intensif oleh penyidik.

Kapolresta menambahkan, atas perbuatannya ketiga pelaku dijerat pasal  114 AYAT (2) dan pasal 112 ayat (2) UU nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman penjara maksimal Seumur Hidup dan atau 20 tahun.**

 


BACA JUGA

Spesialis Jambret di Kota Jayapura Berhasil Dibekuk Polisi

Selasa, 16 April 2024 | 19:37 WIB

Polisi Bekuk Kawanan Pelaku Curas yang Sering Beraksi di KM.12 Holtekamp Jayapura

Kamis, 04 April 2024 | 20:02 WIB

Demo Anti Militerisme di Jayapura Diwarnai Aksi Pelemparan Batu, Tiga Polisi Terluka

Rabu, 03 April 2024 | 07:52 WIB

Rencana Aksi Unras Terkait Video Kekerasan Oknum TNI, Ini Penegasan Kapolresta Jayapura

Senin, 01 April 2024 | 18:24 WIB

Tergiur Uang Besar, Pria Asal PNG Nekat Barter Ganja dengan Senpi

Sabtu, 30 Maret 2024 | 11:15 WIB
TERKINI

Ribka Haluk Berikan Pujian Khofifah Parawansa yang Terima Penghargaan Satyalancana dari Presiden

5 Jam yang lalu

Menuju Papua Satu, Ini Catatan Sejarah Paulus Waterpauw

5 Jam yang lalu

Pj Ketua TP-PKK Puncak Jaya Hadiri Penutupan Rakorda se-Papua Tengah

5 Jam yang lalu

Momen RAFI 2024, Kabupaten Nduga Tertinggi Penggunaan Layanan Data Telkomsel

12 Jam yang lalu

Penyusunan RKPD dan Otsus Provinsi Papua 2025 Diharapkan Selaras dengan Visi Misi Kepala Daerah yang Baru

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com