MENU TUTUP

Ketika Jenderal TNI Ini Melakukan Hal tak Biasa Ditengah Aksi Demo 'Save LE' di Jayapura

Rabu, 21 September 2022 | 06:27 WIB / Andi Riri
Ketika Jenderal TNI Ini Melakukan Hal tak Biasa Ditengah Aksi Demo 'Save LE' di Jayapura Danrem 172/PWY Brigjen TNI JO Sembiring membagikan pinang kepada massa pendemo di taman Imbi, Kota Jayapura, Selasa (20/09)/dok:Penrem172

JAYAPURA, wartaplus.com – Ribuan massa yang tergabung dalam Koalisi Rakyat Papua (KRP) turun ke jalan menggelar aksi unjuk rasa menuntut keadilan terhadap Gubernur Papua, Lukas Enembe, yang dinilai telah mengalami intimidasi dan kriminalisasi usai ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan gratifikasi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Aksi unjuk rasa bertajuk "Save LE" berlangsung di sejumlah titik di Jayapura, ibukota Provinsi Papua, Selasa  (20/09). Salah satunya, di taman Imbi yang menjadi pusat aksi demo.

Pemandangan tak biasa terlihat di tengah aksi orasi dan teriakan massa yang menuntut pembebasan tuduhan terhadap Lukas Enembe.

Tampak seorang petinggi TNI AD berpangkat Jenderal Bintang 1 berbaur di tengah kerumunan massa, sembari membagikan buah pinang dan juga minuman gratis.

Petinggi TNI AD itu adalah Komandan Korem 172/PWY, Brigjen TNI JO Sembiring yang turun langsung untuk memantau jalannya aksi demo.

Sebelumnya, Danrem JO menyapa mama mama penjual pinang yang berjualan di sekitar lokasi demo. Tak hanya menyapa, ia juga memborong semua jualan buah pinang yang diibaratkan seperti permen khas Papua karena dikunyah bersama dengan kapur dan sirih. 

Danrem JO kepada wartawan usai  demo mengatakan bahwa aksi demo yang dilakukan berjalan dengan aman dan kondusif. 

“Saya sebut demo ini demo happy. Tadi sambil memonitor jalannya aksi demo, saya melihat mama-mama Papua yang berjualan di emperan-emperan toko yang tutup karena adanya demo ini. Jadi kita borong semua dagangan mereka, lalu kita bagi-bagikan kepada para pendemo,” ujar Danrem yang didampingi Kasrem Kolonel Inf Bayu Sudarmanto dan sejumlah pejabat Korem.

Apa yang dilakukannya itu, aku Danrem, sebagai bentuk kepedulian kepada Mama-mama Papua yang terus bersemangat berjualan dalam memenuhi kebutuhannya sehari-hari. 

“Kita sebut saja ini adalah rezeki bagi mama-mama Papua. Dagangannya habis dan bisa pulang cepat,” sebutnya.

Menurut Danrem, pinang yang diberikan juga merupakan sarana komunikasi dengan para pendemo. 

“Di papua ini, pinang kita sebut sebagai permennya orang Papua, lebih dari itu pinang juga berfungsi sebagai pencair komunikasi,” ungkapnya.

Lebih jauh terkait dengan aksi demo hari ini, Danrem menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak sehingga aksi massa hari ini dapat berjalan dengan aman dan lancar.

“Sore ini seluruh aktivitas kota sudah berjalan dengan normal dan tidak ada yang rusuh, ini semua berkat kerjasama daripada rekan-rekan kita yang telah melakukan aksi dan juga sinergi dari pihak Kepolisian dengan TNI termasuk TNI AU dan TNI AL," tuturnya. 

"Mudah-mudahan aksi hari ini bisa menjadi cerminan bagi aksi-aksi massa berikutnya yang bisa menjaga situasi tetap kondusif,” harapnya.

Sementara itu salah satu pedagang mama Papua, Belandina, menyampaikan terima kasih kepada Danrem yang telah memborong seluruh dagangannya.

“Puji tuhan, kami mama-mama Papua yang berjualan di sini senang sekali, dagangan kami semuanya habis di beli bapak Danrem. Terima kasih kepada bapak Danrem dan anggotanya. Tuhan memberkati,” ucapnya berterima kasih.**

 

 

 


BACA JUGA

Benyamin Sebut Pernyataan Moeldoko Soal Pengerahan Pasukan TNI Bisa Memperkeruh Situasi Papua

Sabtu, 01 Oktober 2022 | 06:44 WIB

Keluarga Lukas Enembe Bersikukuh Pemeriksaan KPK Dilakukan di Kediaman Pribadi, Jika Tidak...

Jumat, 30 September 2022 | 19:20 WIB

Kuasa Hukum Gubernur Papua Beberkan Pertemuan Kliennya dan Komnas HAM

Kamis, 29 September 2022 | 11:22 WIB

Absen Pemeriksaan Kedua KPK, Kuasa Hukum Sebut Kondisi Kesehatan Gubernur Papua Memburuk

Senin, 26 September 2022 | 16:11 WIB

Sejumlah Tokoh Masyarakat Papua Kecam Tindakan Korupsi Lukas Enembe

Senin, 26 September 2022 | 12:01 WIB
TERKINI

Pekerjaan Jalan Moskona Timur Barat Pasca Pembantaian KKB Tetap Dilanjutkan 

21 Jam yang lalu
Kepala Dinas PUPR PB, Yohanis Momot:

4 Jenazah Pembantaian KKB di Teluk Bintuni Dikirim Pulang Kampung

21 Jam yang lalu

Partai Pelita Papua Ultimatum DPP

23 Jam yang lalu
Video Pernyataan TPNPB OPm

Pembakaran Kantor Distrik Kebo Paniai Diusut Polisi, TPNPB OPM  Bertanggungjawab

1 Hari yang lalu

Rocktober Manjakan Pencinta Musik

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com