MENU TUTUP

Prajurit Korem 172/PWY Terima Pembekalan Terkait Hak Asasi Manusia

Rabu, 23 November 2022 | 18:41 WIB / Andi Riri
Prajurit Korem 172/PWY Terima Pembekalan Terkait Hak Asasi Manusia Kasrem 172/PWY Kolonel Inf Bayu Sudarmanto bersama Direktur PK-HAM Papua, Mathius Murib dalam acara pembakalan wawasan HAM/dok:Penrem172

JAYAPURA, wartaplus.com – Sebanyak 150 personel Korem 172/PWY menerima pembekalan tentang wawasan Hak Asasi Manusia yang diberikan oleh Direktur Perhimpunan Advokasi Kebijakan Hak Asasi Manusia (PAK-HAM) Papua, Mathius Murib, bertempat di Aula Makorem 172/PWY, Rabu (23/11).

Dalam kesempatannya, Kepala Staf Korem (Kasrem) 172/PWY Kolonel Inf Bayu Sudarmanto menyampaikan bahwa kegiatan ini diberikan tidak hanya bagi prajurit Makorem 172/PWY, namun hadir juga dari perwakilan prajurit dari setiap satuan jajaran serta Prajurit Penugasan di wilayah Kolakops 172/PWY.

"Kegiatan ini yaitu untuk memberikan pemahaman kepada setiap prajurit  tentang pentingnya arti Hak Asasi Manusia khususnya bagi prajurit yang bertugas di lapangan," ujar Kasrem.

“Jadi kami mengundang Bapak Mathius Murib sebagai salah satu tokoh HAM Papua yang sudah lama berkecimpung di dunia HAM untuk memberikan penjelasan secara detail tentang apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan oleh prajurit sehingga mereka dapat melaksanakan tugas secara proporsional dan profesional,” sambung ia.

Sementara itu, Direktur PAK-HAM Papua, Mathius Murib menuturkan bahwa penguatan akan pemahaman dan wawasan Hak Asasi Manusia kepada setiap prajurit TNI harus dilakukan secara terus menerus agar TNI kedepannya semakin baik.

“Kami dengan senang hati memberikan pemahaman tentang prinsip dan standar HAM untuk dapat diketahui dan dipahami dengan baik sehingga pelanggaran HAM dapat dicegah. Kedepan kita berharap TNI juga ikut mensosialisasikan pentingnya HAM sebab tanggung jawab perlindungan, kemajuan HAM merupakan tanggung jawab kita semua termasuk TNI. Karena itu sosialisasi ini dilakukan agar kita dapat bersama-sama menjaga dan memajukan HAM sekaligus sebagai upaya menjaga Papua itu tanah damai,”ungkap Mathius Murib. 

Ia mengaku sangat senang dan berterima kasih kepada Korem 172/PWY yang telah memberikan kesempatan kepada dirinyauntuk memberikan sosialisasi tentang HAM hari ini. 

"Saya juga senang prajurit yang hadir dalam kegiatan ini sangat antusias dengan mengajukan pertanyaan yang kritis dan penting menurut saya untuk mereka sendiri sehingga bisa lebih paham apa itu HAM,” akunya.**


BACA JUGA

Memperingati HUT Korem 172/PWY ke-59, Digelar Aksi Donor Darah

Minggu, 13 November 2022 | 07:48 WIB

Ibadah Bersama Jemaat GPDP Maranata Arso, Danrem JO Serahkan Tali Asih dari Pangdam Cenderawasih

Minggu, 30 Oktober 2022 | 19:24 WIB

Seribuan Pemuda Mengikrarkan Diri Siap Menjaga Stabilitas Keamanan dan Mendukung Pembangunan di Papua

Sabtu, 29 Oktober 2022 | 19:25 WIB

Korem 172/PWY Gelar Nobar dan Penyerahan Hadiah Pemenang Video Kreatif di XXI Jayapura

Jumat, 28 Oktober 2022 | 17:08 WIB
TERKINI

Jelang Hut OPM 1 Desember, Dandim Jayawijaya: Jangan Ada Bendera Berkibar Selain Merah Putih

9 Jam yang lalu

Jelang 1 Desember, KKB Lakukan Penyerangan Satu Personel Brimob Gugur dan Dua Terluka

9 Jam yang lalu

Wujud Kepedulian TNI Terhadap Rakyat, Posramil Kanggime Bantu Warga Bangun Honai

9 Jam yang lalu

Sinergitas TNI Polri dan Pemkab Pegubin Wujudkan Keinginan Warga Kiwirok Kembali ke Kampung Halamannya

13 Jam yang lalu

Resmikan Kantor Klasis Gurage, Bupati Yuni Tekankan Ini ke Masyarakat

15 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com